Daftar kucing peliharaan yang bermotif macan tutul

Monday, January 7, 20133comments

Memelihara kucing bermotif macan tutul mungkin adalah salah satu cara paling ampuh untuk menampik paradigma yang dilontarkan oleh para pemelihara anjing yang menyebut bahwa pria pemelihara kucing adalah pria feminim. Dengan motif tutul yang berkesan "buas" seorang pria akan dengan bangga membawa "kucing buas" nya tersebut jalan-jalan.
Sebelumnya, motif tutul kebanyakan hanya dimiliki oleh beberapa jenis kucing liar seperti Serval dan macan tutul yang mungkin tidak akan ada yang berani untuk secara sembrono memeliharanya. Namun saat ini sudah banyak kucing hasil kawin silang yang membawa motif "buas" tersebut ke dalam rumah.
Dan berikut ini adalah daftar kucing peliharaan yang bermotif macan tutul. Mungkin tidak semua kucing dalam list berikut ini merupakan kucing hasil kawin silang, ataupun kucing yang boleh dipelihara. Namun kucing-kucing yang akan kami sajikan berikut ini paling tidak "tidak mustahil untuk dipelihara" :

Jenis kucing hybrid atau hasil kawin silang  yang bermotif macan tutul

Kucing Bengal
Gambar Kucing Bengal
Kucing eksotis ini merupakan hasil dari persilangan kucing American Shorthair dengan Asian leopard cat (ALC). Motif tutulnya diwarisi dari ALC dan ukuran tubuhnya yang besar serta sifat jinaknya diwarisi dari American Shorthair. Lebih jelasnya, silahkan baca artikel Mengenal kucing Bengal.

Kucing Savannah
Gambar Kucing Savannah
Kucing ini merupakan hasil dari persilang intensif dari gen kucing Serval Afrika, kucing Siam, Bengal, dan Egyptian Mau. Kucing ini disebut-sebut sebagai salah satu ras kucing peliharaan yang memiliki tubuh paling panjang. Silahkan baca artikel Mengenal kucing Savannah.

Kucing Australian Mist
Gambar Kucing Australian Mist
Merupakan kucing ras baru yang dihasilkan dari persilangan beberapa ras kucing berbulu pendek seperti kucing Burmese dan Abyssinian. Memang tidak semua kucing ras ini memiliki motif tutul yang mencolok. Namun seenggaknya mayoritas memiliki pola tutul. Untuk mengenal lebih dekat dengan ras kucing tutul asal Australia ini, silakan baca Mengenal Kucing Australian Mist.

Kucing Ganetta
Gambar Kucing Ganetta
Tidak seperti kebanyakan kucing bermotif tutul lainnya yang berbadan besar, kucing Ganetta justru memiliki ukuran tubuh yang sangat mungil. Kucing ini dikembangbiakkan dengan tujuan untuk menghasilkan seekor kucing yang memiliki penampilan mirip African genet. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Mengenal Kucing Ganetta

Kucing Ocicat
Gambar Kucing Ocicat
Penampilannya menyerupai kucing liar, tetapi sebenarnya di dalam darahnya sama sekali tidak mengalir darah kucing liar. Kucing ini merupakan hasil persilangan dariKucing Siam, Abyssinian, American Shorthair dan beberapa kucing domestik lainnya. Mendapatkan nama Ocicat karena penampilannya dianggap menyerupai Ocelot.

Kucing California Spangled
Gambar Kucing California Spangled
Sama seperti Ocicat, meskipun penampilan kucing ini terkesan liar, tetapi sebenarnya tidak mengalir sedikitpun darah kucing liar di dalam tubuh kucing ini. Kucing ini merupakan hasil persilangan dari Abyssinian, American Shorthair, British Shorthair, dan mungkin beberapa kucing ras lainnya. Konon kucing Bengal dan Ocicat dibiakkan karena terinspirasi dari kucing California Spangled ini.

Kucing Safari (Safari Cat)
Gambar Kucing Safari
Merupakan peranakan dari pengembangan dari kucing American Geoffroys. Beberapa menyebutnya sebagai versi kecil dari kucing Margay. Sebenarnya kucing Safari pertama lahir pada sekitar awal tahun 1970-an. Namun karena mengidap leukimia sehingga masih perlu dilakukan pembiakan yang lebih intensif lagi.

Kucing Serengeti
Gambar Kucing Serengeti
Ras kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing Bengal dengan kucing Oriental Shorthair. Konon kucing ini merupakan satu-satunya kucing hasil persilangan yang langsung diakui pada persilangan generasi pertama. Selengkapnya baca Mengenal Kucing Serengeti.

Kucing Ashera
Gambar Kucing Ashera
Masih menjadi perdebatan apakah kucing ini merupakan kesalahpahaman dalam penamaan atau memang sengaja dikenalkan dengan nama yang berbeda agar harganya melambung. Yang jelas kucing ini diklaim sebagai kucing Savannah. Selengkapnya baca Mengenal Kucing Ashera.

Jenis kucing domestik yang aslinya memang bermotif tutul

Kucing Egyptian Mau
Gambar Kucing Egyptian Mau
Motif tutulnya mungkin memang tidak seindah kucing Savannah ataupun kucing Bengal. Namun kucing ini merupakan kucing yang paling cepat dalam berlari. Sehingga sejak dahulu kala, kucing ini sudah dipelihara untuk digunakan dalam berburu oleh masyarakat Mesir Kuno. Selengkapnya baca Mengenal Kucing Egyptian Mau.

Kucing Bahrain Dilmun
Gambar Kucing Bahrain Dilmun
Ras kucing yang berasal dari Pulau Bahrain di Teluk Persia. Kucing ini termasuk kucing yang mudah beradaptasi. Meskipun dapat dipelihara, kucing ini termasuk terabaikan di tanah kelahirannya. Lebih lengkapnya anda bisa membaca di Mengenal Kucing Bahrain Dilmun.

Jenis kucing liar bermotif tutul yang mungkin untuk dipelihara (dilihat dari keagresifannya)

Kucing Blacan 
Gambar Kucing Blacan
Dalam bahasa Inggris kucing ini dikenal sebagai Asian Leopard Cat (ALC). Saat ini kucing liar berukuran kecil ini sudah termasuk binatang yang populasinya tinggal sedikit. So, meskipun memungkinkan untuk dipelihara, sebaiknya anda tidak memeliharanya, karena mungkin bisa disita oleh pemerintah. Selengkapnya anda bisa baca di Mengenal Kucing Blacan.

Sebenarnya masih banyak kucing liar bermotif tutul seperti kucing Batu dan Kucing Serval.. Namun saya rasa hanya Blacan yang memungkinkan untuk dipelihara.

Demikianlah daftar kucing bermotif macan tutul yang mungkin dapat anda pelihara. Kami sebut "mungkin" karena beberapa aspek seperti faktor harga, keagresifan, dan Undang Undang menjadi pertimbangan. So, kucing bermotif tutul mana yang ingin anda pelihara???
Share this article :

+ comments + 3 comments

Anonymous
March 24, 2014 at 5:29 AM

saya menyukai motif si kucing bengal, namanya kok kucing bengal ya? appakah kelakuannya juga bengal ? :-) . mungkin tidak juga ya, heheheh,,, pengin sekali memeliharanya jika kucing tersebut jinak

April 14, 2017 at 9:39 AM

Miaung

October 7, 2017 at 9:15 PM

Kucingku Persilangan bengal dan persia, apa namanya?

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger