Berbagai penyakit kucing yang perlu anda ketahui

Thursday, January 10, 201327comments

beberapa jenis penyakit kucing
Penyakit kucing bisa dibilang sama dengan penyakit manusia. Penyakit kucing ada yang digolongan penyakit ringan ada juga yang digolongkan kedalam penyakit berat. Nah berikut ini kami akan coba perkenalkan beberapa jenis penyakit kucing dari yang tergolong ringan hingga berat yang bisa dibilang paling sering diderita oleh si kucing peliharaan :

Flu Kucing
Flu kucing dapat terjadi karena tertular kucing lain, faktor cuaca, kehujanan, dan karena kekebalan tubuhnya yang menurun. Gejalanya hampir sama dengan flu manusia yaitu pilek dan bersin-bersin. Memang tidak menyebabkan kematian pada kucing dewasa, tetapi bisa fatal jika menyerang anak kucing.
Pencegahannya, anda bisa segera mengeringkan bulu si kucing jika basah karena kehujanan atau karena bermain air. Jika anak kucing anda terkena flu, periksakan segera ke dokter hewan terdekat.

Penyakit kulit
Biasanya penyakit kulit pada kucing terjadi akibat gigitan kutu, adanya parasit, atau juga jamur. Memang terkesan sepele, tetapi akan membuatnya tidak enak dipegang dan dipandang. Si kucing juga pastinya akan menderita karena tidak mendapatkan belaian kasih sayang.
Pencegahannya tentu dengan rutin memandikannya dan menjaga kebersihan si kucing dan kandangnya.
Untuk pengobatannya, anda bisa mengoleskan lotion anti jamur, atau jika kutunya banyak, mandikan dia dengan shampoo anti kutu atau bisa juga memberinya bedak anti kutu. Namun untuk anak kucing yang berusia dibawah 3 bulan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter hewan anda.

Infeksi Telinga
Ciri-cirinya adalah keluar bau tidak sedap dari telinga si kucing atau juga daun telinganya terlihat bengkak atau lecet. Biasanya terjadi karena banyak kuman di dalam telinga si kucing.
So, langkah pencegahannya yang terbaik tentulah sering membersihkan telinga si kucing menggunakan cotton buds yang ujungnya dibasahi. kalau sudah terkena infeksi ya belikan obat tetes yang dijual di petshop.

Sakit tulang belakang
Bisa terjadi akibat dipukul orang atau jatuh dari ketinggian. Ciri-ciri yang mungkin bisa dideteksi adalah si kucing gemetaran ketika hendak berdiri dari tidurannya. Si kucing enggan dipegang punggungnya. Tidak ada luka di kaki, tetapi jalannya pincang. Dan sering kehilangan keseimbangan saat berjalan ataupun berdiri.
Pengobatannya, anda bisa mengoleskan balsem untuk keseleo yang mungkin biasa digunakan oleh manusia.

Feline Infectious Enteritis (FIE)
Terjadi akibat jumlah sel darah putih dalam tubuh si kucing menurun cukup banyak. Penyakit ini termasuk penyakit yang menular dan dapat menyebabkan kematian pada si kucing. Penyakit ini juga banyak menyerang anak-anak kucing.
Ciri-ciri kucing yang terkena FIE antara lain demam, diare, tidak nafsu makan, dan muntah-muntah. Cara terbaik untuk engobatinya adalah segera membawanya ke dokter hewan terdekat dan terpercaya.

Distemper
Penyakit ini disebut juga dengan Feline Panleukopenia yang disebabkan oleh virus yang merusak usus. Sebenarnya penyakit ini dapat menyerang semua binatang dan termasuk penyakit yang mematikan bagi binatang. Menurut study 25-90% kucing yang terkena distemper akan mengalami kematian. Lebih lengkapnya tentang penyakit ini, silakan baca Tentang Distemper pada kucing.

Psychogenic Abnormal Feeding Behaviour
Penyakit ini bukanlah penyakit fisik, melainkan penyakit mental yang dapat menyerang si kucing. Ciri-cirinya adalah si kucing memiliki obsesi yang berlebihan terhadap makanan. Biasanya kucing akan menjadi agresif jika ada makanan atau dia akan mengeong dengan keras jika sudah tiba waktunya makan. Selengkapnya anda bisa baca di Penyakit Mental pada kucing.

Sumber : berbagai sumber
Share this article :

+ comments + 27 comments

September 13, 2013 at 10:15 AM

mampir bro ke blog sederhana saya catloverscirebon.blogspot.com btw nice info :)

Anonymous
February 15, 2014 at 3:30 PM

saya punya kucing yamg dipelihara di rumah. kucing yang dipelihara saat ini adalah anak dari kucing liar yang dipelihara dan kawin dengan kucing anggora, namun sekarang sudah pergi entah kemana. si kucing hasil kawin tersebut kini sudah berumur enam tahun, kelakuannya hampir sama dengan kucing liar, jalan-jalan, berantem sama kucing lain, ngubek-ngubek sampah, cuma kalau lapar dan ngantuk dia selalu pulang ke rumah. suatu saat dia pulang ke rumah dalam keadaan bersin-bersin. Nah, bersin-bersinnya tuh udah hampir 2-3 tahunan ga sembuh-sembuh. itu penyebab dan penganggulangannya seperti apa ya? terima kasih

May 12, 2014 at 2:04 AM

mau tanya dong , kalo anak kucing rumah saya sering banget suka sakit mata , atau belekan gitu trus dia itu lama2 males makan , badannya kurus , matanya makin ketutup di tambah ga mau makan sama munta2 , kucingnya pernah kyk gitu ga ?

September 3, 2014 at 11:28 AM

saya pny kucing jantan,dy telingany di gigit,wktu mw kawin,skrg luka udh kering tp mengeluarkan bau gk sedap,,,,,ap it infeksi,dan cara mengobati yg tepat ap ya

March 3, 2015 at 11:13 PM

Saya mau tanya kenapa kucing sering gatal-gatal padahal makanan dan tempat makannya selalu saya cuci

March 3, 2015 at 11:14 PM

Saya mau tanya kenapa kucing sering gatal-gatal padahal makanan dan tempat makannya selalu saya cuci

March 12, 2015 at 10:25 AM

Saya mau tanya nih kucing saya masih rada kecil (gatau berapa bulan) kucing nya lemas, ga nafsu makan perut bawah basah dan mengeluarkan bau menyengat... Penyakit apa itu solusi nya gimana?

March 31, 2015 at 8:52 PM

selain ke dokter hewan, cara pengobatannya gimana ???

April 27, 2015 at 10:22 PM

Mungkin ada kutu dan jamur dibadan si empusnya mbak

July 6, 2015 at 4:28 PM

Mohon Bantuannya
kucing sy nafsu makannya kurang tapi dy suka cium cium makanannya tapi gak dimakan sampek sampek perutnya kurus...
td dy mencret .biasanya cerewet sekarang udh berkurng crewetnya
itu kenapa ya ?
Faktor usiakah? atau Faktor Habis Pergi dri Rumah ??
Atau apa ?

March 31, 2016 at 1:43 AM

Mau tanya dok..td kucing sy bersin trus kena ke muka sy..itu bahaya ga ya dok?

April 30, 2016 at 8:21 AM

Bantu jwb : Flu kucing tdk menular ke manusia sis

July 19, 2016 at 3:18 AM

harus di suapin ka.. kucing saya juga pernah gitu.. intinya kucing itu sangat manja.. minum pun harus di pegang gelas minum nya..

July 19, 2016 at 3:19 AM

harus di suapin ka.. kucing saya juga pernah gitu.. intinya kucing itu sangat manja.. minum pun harus di pegang gelas minum nya..

August 29, 2016 at 9:11 PM

Saya mau tnya,saya punya kucing umur 13hari.kmrin sehat sehat saja.tapi td pagi kaki kanan belakang bengkak.Badannya jadi lemes bgt.Masih mau nyusu.induknya g tau kmna. Hari sebelumnya anak kucing umur 2blm mati mendadak karna pincang, trus bengkak. Kenapa ya?jadi bingung ..sedih pula

March 2, 2017 at 9:13 PM

Saya punya kucing...umurnya baru satu bulan...tiba2 gak mau nyusul.. Badannya lemes & suhu badannya tinggi.. Kaki nya bergetar.. Itu kenapa ya? Cara mengobati ya gmn? Tolong d bantu ya..

April 10, 2017 at 1:26 AM

Saya mau tanya , kucing saya ko kakinya berkedut kedut terus yah itu tanda knp yah...? terus kucing sering d mandi n ada efeknya gk, hampir tiap hari saya mandi n dia

May 20, 2017 at 12:07 AM

Mau tanya kucing saya masi kecil, kok kalo dia tidur perutnya kaya gemeteran ya terus nafasnya g normal kaya kucing pada umumnya

June 21, 2017 at 1:58 AM

Aduh gaboleh tiap hari kak nanti sakit, paling cepet 2 atau 3 bulan sekali.

July 24, 2017 at 8:24 AM

Mautanyaa ini para cat lovers.. kucing saya udah dewasa tapi kenapa tidurnya kadang suka kaya gemetaran gitu..terus nafasnya juga cepat.. itu kenapa yaa? Saya khawatir..

July 24, 2017 at 8:24 AM

Iyaa samaa kucing aku juga gitu..tapi ini kucing dewasa kenapa gitu yaa..

January 6, 2018 at 8:45 PM

penyakit kutil kucing sepertinya perlu diketahui juga

https://rawatkucing.com

April 20, 2018 at 3:03 AM

Maaf ka mau nanya Kucing saya badanya gemerter gtu Dan ga nafsu makan kalo berdiri kakinya Kaya pincang kaya gabsa napak tapi cma kaki sebelah kanan nya kira kira itu knpa ya? Cara pengobatan nya gmna ya

May 4, 2018 at 5:01 PM

Bisa jd krna cacingan.klo cacingan kucing jd lemas.kdg mencret.kdg susah makan.dksh obat cacing mbak..trus buat kesehatan lambung beli lacto B

August 3, 2018 at 8:09 PM

Maaf ka. Mau tanya. Kucingku kakinya tiba2 pincang, lalu wakru diabjalan tiba2 ambruk. Ini kakinya yg pincang bergetar2. Itu kenapa ya?

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger