Mengenal Kucing Chinchilla

Thursday, January 31, 20130 comments

Gambar Kucing Chinchilla
Kucing Chinchilla merupakan variasi lain dari kucing Persia. Bisa dibilang sebenarnya kucing Chinchilla ini adalah Kucing Persia juga. Hanya saja di beberapa negara, kucing Chinchilla dianggap sebagai ras tersendiri karena ke-khas-an warna bulunya. Sehingga, berbicara tentang kucing Chinchilla tidak akan bisa lepas dari membicarakan kucing Persia.
Kucing Persia berbulu silver di Amerika Serikat pernah diusahakan untuk diakui sebagai ras tersendiri dengan nama Sterling. Namun upaya tersebut tidak berhasil, dan kucing persia berbulu silver dan emas dicatat secara lebih spesifik oleh CFA sebagai Kucing Persia Chinchilla Silver, Shaded Silvers, Chinchilla Goldens, atau Shaded Goldens. Sementara itu, usaha sejenis yang dilakukan di Afrika Selatan sepertinya lebih membuahkan hasil. Southern African Cat Council (SACC) setuju untuk mengakui kucing Chinchilla berbulu panjang sebagai ras tersendiri karena hidungnya cenderung sedikit lebih mancung dibandingkan dengan kucing Persia.
Penampilan kucing Chinchilla bisa dibilang sama persis dengan kucing Persia. Hanya saja warna bulunya yang dikhususkan, dan kucing ini memiliki hidung yang lebih mancung (sebenarnya pada mulanya kucing persia memang ada yang memiliki hidung yang mancung atau disebut dengan istilah doll-face). Sedangkan Persia cenderung memiliki hidung yang pesek (peke-face atau di Indonesia dikenal dengan nama Peaknose). Di Inggris Chinchilla sudah dianggap sebagai ras tersendiri. Dan kucing Persia yang berhidung mancung ini dihargai lebih mahal dibandingkan dengan kucing persia pesek.
Kucing Chinchilla sendiri pertama kali muncul sekitar 100 tahun yang lalu pada ajang British cat show, yaitu berwarna Silver Lambkin yang merupakan hasil dari persilangan kucing Persia berwarna black smoke dengan kucing Persia berwarna tabby silver.
Kucing Chinchilla memiliki bulu panjang yang halus di seluruh tubuhnya, surai yang mengembang di lehernya, bulu lapisan bawah yang lembut, dan bulu ekor yang mengembang. Berat tubuh kucing Chinchilla cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan kucing persia. Biasanya berat badan kucing Chinchilla sekitar 2 sampai 4,5 kg.
Temperamen kucing Chinchilla sama dengan kucing Persia. Mereka cenderung tenang dan kalem. Namun sepertinya kucing jenis ini cenderung sedikit lebih aktif dan lebih cerdas dibandingkan dengan variasi kucing persia yang lain. Kelebihan lainnya dibanding kucing Persia biasa adalah, kucing ras ini cenderung lebih sehat. Mereka tidak terlalu sensitif terhadap udara dingin. Sehingga mereka dapat diajak jalan-jalan meski sedang musim dingin.
Namun karena sifat kucing Chinchilla yang manis dan kalem ini, kucing Chinchilla menjadi kurang begitu pas jika disampingkan dengan anak kecil atau anjing piaraan. Takutnya nanti si kucing akan tanpa sengaja teraniaya.
Referensi : thepetwiki dan wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger