Kapan waktu terbaik menyapih anak kucing dari induknya???

Wednesday, January 16, 201310comments

Kapan waktu terbaik menyapih anak kucing dari induknya?
Waktu terbaik menyapih anak kucing dari induknya adalah ketika anak kucing sudah berumur 12 minggu. Penelitian menunjukkan setelah usia anak kucing menginjak 12 minggu, maka sistem pencernaan kucing tidak lagi bisa mencerna susu. Oleh karena itu sudah hukum alam jika kucing akan disapih oleh induknya dan diberi makanan yang lain.
Untuk menyapih ini, mungkin si induk kucing akan membutuhkan bantuan anda. So, pisahkan induk dan anaknya di ruang terpisah agar si kucing tidak "menyerudug" untuk menyusu lagi. Perlu anda ketahui juga bahwa air susu sang induk kucing baru akan berhenti mengalir setelah 10 hari dia menyapih anak-anaknya. So, jangan anda pikir karena ASI si kucing masih mengalir terus anda biarkan si anak kucing terus menyusu.
Mungkin pada awalnya hal ini akan terasa berat bagi si anak kucing. Namun nanti lama-lama juga mereka akan terbiasa untuk tidak menyusu lagi. Apalagi hukum alam sudah mengharuskan anak-anak kucing untuk tidak menyusu pada induknya lagi ketika sudah berusia 12 minggu dengan membuat sistem pencernaan si anak kucing tidak lagi mampu mencerna dengan baik air susu induknya.
Selama masa menyusui, si induk kucing butuh asupan nutrisi yang baik dan cukup banyak. Hal ini dikarenakan si induk membutuhkan energi yang lebih banyak, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk memproduksi susu bagi anak-anaknya.
Anda bisa memberi makanan si induk kucing dengan makanan anak kucing. Pada umumnya makanan untuk anak kucing memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan seimbang. So, makanan ini tidak hanya baik untuk anak kucing tetapi juga baik untuk si induk kucing yang tengah menyusui.
Memang ada sih, makanan kucing yang khusus untuk kucing induk. Namun harganya tentu berbeda dengan makanan kucing biasa. So, menurut saya yang paling mudah dan murah adalah memberi makan si induk kucing dengan makanan anak kucing.
Selain itu, anda juga bisa memberinya suplemen dan vitamin tambahan untuk si induk kucing. Namun menurut saya lebih baik jika anda tidak memberikan suplemen dan vitamin apapun, kecuali jika anda sudah berkonsultasi dengan dokter hewan anda. Saya takut nanti vitamin yang secara sembarangan anda berikan kepada si induk kucing akan mempengaruhi kualitas susu yang dihasilkannya.

Referensi : blurtit
Share this article :

+ comments + 10 comments

January 24, 2015 at 6:09 AM

mau tanya,gimana kalo induk kucing sudah malas menyusui anaknya padahal usia anaknya belum menginjak 12 minggu?solusinya gmna?

May 10, 2015 at 9:01 AM

Halo,
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
Anda telah ditolak oleh
bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana ke individu
membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email: emmanueljustina536@gmail.com

March 10, 2016 at 6:09 PM

Kalau saya malah beda. Sudah 4bln lebih (16minggu lebih) siinduk masih ga mau berenti menyusui anaknya. Dan sianaknya juga masih seruduk induknya kalau datang. Terpaksa sudah 2 hari disapih dg mengkandangkan anak2nya.
Terimakasih infonya, berarti hrs 10 hari ya baru berenti susu induknya? Tapi kasian juga induknya mengeong2 kaya menghiba2 gitu pengen dekat anaknya. Dan susu induknya jadi gelayutan 😹

March 10, 2016 at 6:09 PM

Kalau saya malah beda. Sudah 4bln lebih (16minggu lebih) siinduk masih ga mau berenti menyusui anaknya. Dan sianaknya juga masih seruduk induknya kalau datang. Terpaksa sudah 2 hari disapih dg mengkandangkan anak2nya.
Terimakasih infonya, berarti hrs 10 hari ya baru berenti susu induknya? Tapi kasian juga induknya mengeong2 kaya menghiba2 gitu pengen dekat anaknya. Dan susu induknya jadi gelayutan 😹

January 29, 2017 at 4:27 AM

gadaikan aja kucingmu mas bro

May 29, 2017 at 11:32 PM

Ada yg bisa beri solusi ?
Kucingku 2.5 bulan lalu lahir 3 ekor, sayang mati semua karena ngak bisa menyusu sendiri dgn induknya. Hari pertama mati seekor, hari ke 2 mati lagi 1 ekor , hari berikutnya hari ke 3 mati lagi yg terakhir. Seminggu kemudian kucing itu kawin lagi dan tadi malam 29 mei 2017 jam 21:00 melahirkan lagi 2 ekor, pertayaan saya bagaimana agar kematian anak2nya ngak terulang kembali. Trimks...

June 12, 2017 at 5:49 PM

Diperhatikan aja, jangan sampai anak2nya ada yang tidak menyusu. Kurang lebih sampai minggu ketiga, anak2 kucing harus dapat susu. Selanjutnya bergantung sm hukum alam, krn anaknya banyak jadi ada yg ngga kebagian susu. Jadi sebagai pemilik, harus mengawasi untuk kitten yg nyusunya lebih lama biasanya disingkirkan dulu, kitten yg nyusunya sebentar didekatkan ke puting susu induk. Baru setelah kenyang, kitten yg disingkirkan itu kembali didekatkan ke induk.

June 12, 2017 at 5:51 PM

Tapi karena kittennya cuma 2, masnya memperhatikan intensitas induknya menyusui aja. Kalo induknya malas nyusui, harus dipaksa.

July 19, 2017 at 12:19 PM

Hallo, aku mau minta solusinya nih.
Aku punya dua kucing betina yang sudah melahirkan, igel dan oyeng. Igel anaknya ada 5 dan Oyeng anaknya ada 6. Nah, si Igel ini selalu nyulik anak si Oyeng dan Oyeng pun sama sekali gak ada perlawanan, dia merasa itu bukan ancaman. Skrg anak yg dipegang Oyeng ada 3, makin lama makin abis itu. Gimana ya ini? Igel masih terlalu malas untuk menyusui anak2nya tapi kalo anaknya dipindahin ketempat yg lebih bisa aku awasin, dia malah mindahin ke tempat awalnya, yaitu kolong laci.

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger