Apakah kucing punya rasa Cinta???

Sunday, January 27, 201315comments

Foto Taylor Swift dan kucingnya
Ilmu pengetahuan memberitahu kita kalau hanya manusia saja yang memiliki emosi seperti rasa cinta. Sementara binatang hanya memiliki insting. Seekor kucing baik kepada kita karena dia butuh kita untuk memberinya makan dan tempat tinggal. Kita memberi kucing apa yang mereka butuhkan, dan membuat naluri si kucing menjadi bersikap baik kepada kita.
Apakah benar siklus pertemanan antara kucing dan manusia seperti itu??? Kalau anda setuju dengan argumentasi diatas, berarti anda memang belum pernah memelihara kucing. Pada kenyataannya "Cinta" adalah salah satu hal yang tidak bisa dibuktikan dengan teori ataupun rangkaian kata.
Memangnya apa sih arti "cinta" yang tertulis di kamus besar bahasa Indonesia??? Apakah itu perasaan??? Apakah itu emosi??? Mungkin definisi cinta yang akan anda temukan dalam kamus besar tersebut antara  lain 'cinta adalah kasih sayang' atau mungkin 'cinta adalah kesetiaan'. Nah apakah kata-kata dalam kamus tersebut sudah mendefinisikan makna 'cinta' yang anda rasakan???


Jika iya, berarti kucing juga punya rasa cinta karena dia memiliki kesetiaan. Jika iya, berarti kucing juga memiliki rasa cinta karena dia bisa membuat kita merasa mendapatkan kasih sayang saat membelai bulunya.

Dengan "cinta" kucing lebih terlihat manusiawi daripada anjing

Seekor kucing akan melakukan apapun yang menurut mereka menyenangkan termasuk menyayangi pemilik yang menyayanginya juga. Oleh karena itu, beberapa orang mengatakan kalau sebenarnya kucing itu sama sekali tidak merasa bahwa dirinya adalah hewan peliharaan. Mereka memposisikan diri sebagai seekor 'teman'. Sebagai salah satu bukti paling jelas adalah kucing belum tentu datang saat dipanggil majikannya.

Beberapa orang membandingkannya dengan anjing tentang sifatnya ini. Apa jawaban pecinta kucing???

Ketika seorang anak berteriak memanggil ibunya yang berada di dapur dengan nada biasa, si ibu belum tentu akan langsung datang. Mungkin ibu akan bilang "tunggu sebentar!" tetapi tetap tidak datang-datang juga. Kecuali jika si ibu tahu anaknya dalam bahaya. So, apakah dengan demikian si ibu tidak sayang dengan anaknya??? Tentu si ibu sangat sayang kepada anaknya, hanya saja dia tahu waktu dan kondisi.


Saat kucing meronta ketika dipeluk, apakah itu tidak berarti kalau kucing tidak senang dengan pemiliknya??? Jawaban pecinta kucing adalah :

Ketika seorang ibu memeluk anaknya karena sangat kangen setelah pulang kerja, kemudian beberapa waktu kemudian si anak memaksa melepaskan diri dari pelukan sang ibu, apakah itu membuktikan kalau si anak tidak sayang dengan ibunya??? Tentu si anak sayang dengan ibunya, hanya saja dia tahu porsi sayang yang dia butuhkan.


Apakah kucing punya keterikatan dengan manusia???

Meski terkadang tidak datang saat dipanggil. Bukan berarti kucing adalah binatang licik yang hanya datang saat dia butuh saja. Dalam beberapa kasus seperti ketika majikannya meninggal, si kucing langsung berubah temperamennya. Dia jadi tidak nafsu makan, lemah, atau bahkan sakit. Menurut beberapa orang, ini adalah fenomena kucing patah hati.
Dan yang paling jelas mengenai keterikatan kucing dan pemiliknya adalah kasus Psi-trailing yaitu ketika kucing melakukan perjalanan yang sangat jauh melalui tempat-tempat yang belum pernah dia lalui hanya untuk menemui pemiliknya. Seperti kisah Holly yang menempuh jarak 200 mil selama 2 bulan untuk menemui majikannya yang membuat banyak ilmuwan tercengang. Dan sampai saat artikel ini ditulis (Januari 2013) kisah Holly masih terus menjadi sorotan, meski sudah jelas terbukti bahwa microchips yang tertanam di tubuh kucing tersebut dengan jelas menunjukkan kalau dia memang Holly.

Apakah kucing itu setia dan tanpa pamrih???

Mungkin kata 'setia' tidak terdengar begitu 'kucing banget'. Yah, itu benar jika anda pernah menyakiti kucing anda. Si kucing tidak akan kembali kepada anda jika anda pernah menyakitinya. Anda sendiri tentu akan melakukan hal demikian jika ayah anda memukul anda dengan keras, anda pasti lebih memilih kabur ke tempat paman atau sodara.
Lalu soal tanpa pamrih bagaimana??? Pernah mendengar kisah seekor kucing yang melawan 4 anjing pit bull untuk menyelamatkan majikannya??? Si kucing tahu satu ekor anjing pitbull saja dapat membunuhnya, tetapi dia mengambil semua resiko dengan melawan 4 pitbull sekaligus agar majikannya bisa melarikan diri dari anjing-anjing ganas tersebut.

Beberapa pemilik kucing juga mengatakan kalau kucing mereka seperti mengetahui kondisi emosi mereka. Saat mereka sedang marah, si kucing bersikap lembut dan menenangkan. Saat si pemilik sedih, si kucing datang menjilat air mata mereka. Lalu menurut anda apakah kucing memiliki emosi atau rasa cinta???

Referensi : petcentric
Share this article :

+ comments + 15 comments

January 4, 2014 at 6:55 PM

Ternyata kucing bisa galau juga ya? :D

November 13, 2014 at 11:20 AM

Kucing ku meninggal karena dia enggak mau makan Dan sakit padahal baru aku tinggalin dia 1 bulan..... Mungkin dia stres biasa nya aku slalu manjain dia tidur bareng kemana mana dia slalu ikut.. Karena ada urusan ke luar negri terpaksa aku tinggalin sama kakak aku eeh tau tau katanya kucing ku sakit dan meninggal :(

February 10, 2015 at 4:38 AM

waktu aku SD, aku punya kucing, aku pelihara dari bayi.. tiap hari aku bermain2 dengannya, aku gendong2, aku ajak tidur.. setelah aku kelas 6 SD, aku tinggal di asrama, kutinggalkan kucingku.. waktu aku liburan pulang ke rumah, betapa terkejut dan sedihnya aku, kucingku sudah mati. kata orang rumah, sejak aku pergi kucing kesayanganku ga mau makan, mungkin kangen sama aku, trus kucingku sakit dan mati.. sampai sekarang masing sering ingat kucingku itu, yg selalu setia menemaniku hari-hariku..

February 10, 2015 at 4:39 AM

waktu aku SD, aku punya kucing, aku pelihara dari bayi.. tiap hari aku bermain2 dengannya, aku gendong2, aku ajak tidur.. setelah kelas 6 SD, aku tinggal di asrama, kutinggalkan kucingku.. waktu aku liburan pulang ke rumah, betapa terkejut dan sedihnya aku, kucingku sudah mati. kata orang rumah, sejak aku pergi kucing kesayanganku ga mau makan, mungkin kangen sama aku, trus kucingku sakit dan mati.. sampai sekarang masing sering ingat kucingku itu, yg selalu setia menemaniku hari-hariku..

February 16, 2015 at 5:01 AM

Gue punya kucing yang gue rawat saat umurnya baru 2 minggu :') dulu gue punya 14 kucing. nah pas gue pergi ada urusan selama 8 bulan kucing gue mati semua :'D

June 2, 2015 at 5:36 PM

Aq pux kucing udh lama, bgtu aq tgl ke luar kotal slma 2 minggu , n aq titip kan kucing q sm tetangga, bgtu aq plg kucing2q kliatan makin gmuk krna d ksih mkan sm ttga q, klo sma jrg aq ksi mkn. Bneran sumpah

October 28, 2015 at 4:20 AM

Kucing qu tidak mau di peluk selain dengan qu.. Itu krn apa? Apa karna dr kecil yg sering meluk dia aq.. Dan mngkin apa krn aq jarang mengenalkan dunia luar dr dia kecil?

March 14, 2016 at 7:11 PM

Sediiiiih :') terharu bacanya. Aku juga punya kucing putih kecil. Sayaaang banget sama dia. Tapi papahku gasuka kucing sampai kucing itu dibuang. Dia tetep tau jalan pulang:') aku kasih makan, dan aku umpetin di rumah tetangga kalo papaku mau pulang kerja. Ya walaupun ga begitu dapat perhatian lebih sebagaimana kalau kita mgerwat sendiri, tp seengganya punya tempat tinggal yang layak. Suatu hari dia pulang, dalam keadaan sakit. dan hari itu, hari terakhir bisa liat dia. Kebesokannya dia mati...

May 13, 2016 at 11:26 AM

Kucing itu punya cinta untuk kita, percayalah, karna 3 hari yg lalu kucingku panas dan dia ingin selalu mengeluskan kepalanya ketanganku(itu tidak pernah dilakukannya) dan dimalam saat dia akan meninggal dengan susah payah dia mengeong kepadaku dengan mata yg sedikit berair(aku berani sumpah) dan keesokkannya aku temukan dia sudah meninggal, semoga dia akan menjadi peliharaanku disurga nanti(i love you forever pocinku sayang)

June 15, 2016 at 3:53 AM

ku pun sama seperti @IndahEkawati.Waktu itu ada kucing kampung yg duduk di dpn pintu rumahku. Kebetulan aku menyukai kucing jenis apapun. Kucing kampung yang selama ini dianggap rendah oleh orang2pun masih sudi ku urus. Hatiku iba melihat kedatangannya, kemudian aku berusaha membuat/meyakinkan kucing itu agar ia percaya bahwa aku tidak akan menyakitinya. Ku elus bulunya yg tidak selebat anggora/persia namun aku tak peduli. Kuberi dia makan ala kadarnya karna kedatangan kcing itu tidak prnh kuduga. Seiring berjalannya hari ia dekat denganku selalu kuberi makan pagi siang sore dan malam.. Namun, salah seorang di rumahku keberatan jika kucing itu terus mendiami rumahku. Aku heran. Padahal kucing itu sangat manis, nurut, dan tidak nakal sama sekali. Namun, tetap saja tidak mengubah pemikiran omku. Ia memutuskan utk tetap membuangnya. Aku menangis memikirkan bagaimana jika ia ditendang saat menghampiri manusia yg sdg makan, bagaimana jika ia ditabrak saat sedang menyabrang:') lalu esoknya aku terkejut melihatnya tertidur diatas kursi teras rumahku. Sebeulnya aku yakin bahwa ia akan kembali lagi padaku dan YA, she's come back. Aku pun berusaha memeliharanya lagi dgn melakukan hal seperti saat pertama bertemu dgnnya. Aku juga berusaha meyakinkan omku dan papaku bahwa kucing itu tdk akan macam2 dn baik hati juga kucing yg penurut namun alhasil suatu hari ia tetap membuangnya bahkan ke tmpt yg lbh jauh katanya. Sungguh aku tidak bisa menahan air mataku. Aku menangis. Saat itu hari RABU 15 Pukul 17.00(5 sore). Aku berdoa dalam Sholatku agar Allah SWT melindungi, dan menjaganya selalu. Dan juga berharap kelak ada seseorang yg mampu memeliharanya dengan cara&kesanggupan yang lebih baik daripada aku. Love you my Mistique:')({{{}}}) I will miss you sooo much and I will never forget you anymore.

June 15, 2016 at 6:10 PM

Aamiin :') aku sedih bacanya. Semoga om & papamu dilembutkan hatinya. Tetep semangat berbuat baik :')

August 25, 2016 at 11:12 AM

Hari ini saya buang kucing (terpaksa) karna ayah (bukan ayahku) tidak berpihak dengan alasan yang tidak masuk akal.. sy cm berharap semua org seharusnya berfikir, semua yang hidup dan bersama dengan kita (manusia) didunia ini adalah ciptaan ALLAH yg harus kita jaga, manusia ataupun makhluk lainnya yg lemah harus kita pelihara dan kita muliakan, jangan ada tempat di dalam hati dan pikiran kalo kita menyebut diri kita lebih istimewa dari siapapun ataupun makhluk apapun karna kita tidak bisa menicptakan kehidupan karna tugas kita hanya memelihara kehidupan.. Dan tentang buang kucing ibu beserta 3 anak kucing yg sy alami hari ini adalah pengalaman yg paling mengecawakan yg tidak bisa diungkapkan dengan tulisan disini.. her name is nabila (cat) semoga dia diluar selalu dalam keadaan sehat dan anak2nya tumbuh bedar sehat juga.. inshaALLAH sy akan selalu mampir untuk memberi makan harian meskipun hanya 1 kali kesempatan perhari..

January 4, 2017 at 8:30 AM

Saya juga memiliki kucing lucu namanya aprileo saya rawat ketika dya umur 4bln..menurut saya dy adalah kucing paling tampan yg pernah saya lihat..sblm pindah rumah dya sangat penurut,pintar,ngerti dibilangin,bener2 seperti manusia..ketika pindah rumah dya sangat berubah total..dy suka main loncat pagar seperti kucing liar,ternyata..itu suatu petanda bahwa dya mau meninggalkan tuannya kucing itu hewan yg sangat baik..dya ga mau meninggal didepan tuannya..leo sakit karena ga mau makan..badannya lemah,saya berusaha kasih berbagai dopping dan memaksanya agar makan..biar ga lemes..bbrp kali ke dokter tdk pernah ketemu dokter�� Leooo....maafin aq �� Aku sayang leo ☹️ Yg tenang disana yaa sayang�� Allah lebih sayang sama leo��

March 17, 2017 at 10:21 AM

Saya juga punya kucing kampung nama ny Meaw, dulu aku rescue dia dari got depan rumah saat usia 1 bulan, dia tinggal ibuny entah kemana. Dia tinggal sama saya 1 th ga pernah kluar rumah,yaa kira2 baru bbrpa bulan ini aku bebasin kluar rumah, Sampai sekarang dia umur 1th 7 bln ya she is beautiful cat ever, ttp mnjadi my number one shwangky in the world (kita panggil shwangky karna dia gemuk efek steril dan kalo jalan pantat nya geal geol kanan kiri).. dia lucu suka main sm kita, ngajakin bercandaan dgn insting berburunya dia, petak umpet trz dia nge gap kita trz gigit kita jilatin kita sambil kaki nya nendang. Ehh iya, aneh nya dia itu jg syg bgt sm aku n laki ku si meaw udah mirip seperty anak sendiri. Saat dia jalan2 aku cuma panggil : " meaw meaw come on , meawssss come on" dia lgsg lari terbirit birit menghampiri aku. Hmm apalagi pas kita lg sakit pasty dia ikutan sakit ga mau jalan2 cm di rumah aja nungguin dgn muka yg sedih jg. Entah hanya perasaan ku atau emg itu benar dia lg sedih. Mgkin meaw tau kalau daddy n mommy nya syg bgt sm dia. Sebenarnya kita punya 3 kucing : Meaw (kampung) Reggie (kampung) Kimi (persia) .. hmm mereka ini semua sangat jealous , anyway aku happy bgt punya mreka. Mereka adalah penghibur di kala sedih dan mereka yg menyatukan antara aku dan laki ku saat bertengkar. Mreka seakan tau cara membuat kita tertawa. Hmm kdg juga dia liat ak marah mreka ikut diam liatin ak dgn muka sedih ( yah pdhl marah nya ga sm mreka 😁) . Guys kucing itu jg rejeki loh buat kita , setiap ak kluar biaya perawatan mreka di dokter saat sakit pasty di ganty sm Tuhan 3-4 x lipat dan rejeki selalu datang dari arah yg tidak di sangka2. Syangi kucing mu seperty kluarga , mereka sllu menolong kita di dunia dan akhirat..thank you 😁

July 6, 2017 at 1:20 AM

Aku ngeliat 2 kucing warna putih d pasar, aku ambil mereka berdua krn aku suka dr pertama liat.. Aku slalu main2 sm 2 kucing bersaudara itu lebih 4 bulan.. Pada suatu hari tiba2 salah satu kucingku sakit, sprtinya dy salah makan.. Keluar liur dr mulutx dan hidungx basah.. Selama 2 hari dy gg makan dan minum.. Dan akhirx dy mati.. Sedih banget.. Trus kucingku yg satux tingkahx berubah.. Yg dlx dy lincah tp setelah saudarax mati dy lemes, gg ada nafsu makan, dan kurang bergerak.. Kebanyakan tidur.. Tp aku berusaha waktu dy bangun aku coba pancing dy buat main2..
Berapa lama ya waktu yg d butuhkan agar kucingku yg masih hidup ini kembali seperti dl?? Dan apa salusix agar dy cpt lupa sm saudarax yg mati??

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger