Mengenal Kucing Burmilla

Sunday, January 27, 20130 comments

Gambar Kucing Burmilla
Kucing Burmilla merupakan satu ras kucing yang terbentuk dari persilangan antara kucing Burmese dengan kucing Chincilla. Nama "Burmilla" sendiri merupakan gabungan dari kata 'Burmese' dan 'Chincilla'. 
Sebenarnya ada 2 jenis kucing Burmilla yaitu Burmilla berbulu panjang, dan Burmilla berbulu pendek. Namun dalam perkembangannya kata "kucing Burmilla" lebih menjurus pada versi yang berbulu pendek, karena beberapa asosiasi mengakui kucing Burmilla yang berbulu panjang sebagai satu ras sendiri yang dikenal dengan nama kucing Tiffanie atau Asian Semi-longhair.
Sebenarnya terbentuknya kucing ras Burmilla ini adalah sebuah ketidaksengajaan. Dimana diceritakan bahwa pada waktu itu, pada tahun 1981, Miranda Bickford-Smith membeli seekor kucing Chinchilla jantan sebagai hadiah ulang tahun suaminya. Tanpa sepengetahuan pemiliknya, kucing tersebut ternyata kawin dengan kucing Burmese milik tetangga Miranda dan melahirkan 4 ekor anakan kucing berbulu pendek yang berwarna black silver shade. Dan setelah itu, diputuskan untuk mengembangbiakkan kucing hasil "hubungan gelap" tersebut secara intensif.
Standar untuk kucing Burmilla sudah mulai diakui pada tahun 1984. Namun ras kucing ini baru diakui oleh FIFe di Inggris pada tahun 1990. Dan kucing ini baru diakui oleh dunia sebagai satu ras kucing yang memiliki gen yang stabil pada tahun 1997.
Kucing Burmilla merupakan jenis kucing berbadan medium. Berat badan kucing Burmilla dewasa sekitar 4 sampai 5 kg. Burmilla hadir dengan berbagai pola dan warna bulu seperti hitam, cokelat, biru, krem, lilac, platinum, dan merah. Bisa juga hadir dalam warna Tortie.
Yang unik dari kucing ini adalah, anakan yang dilahirkan oleh seekor kucing Burmilla berbulu pendek, kemungkinan ada yang berbulu panjang. Hal ini karena darah kucing Chinchilla yang berbulu panjang masih mengalir dalam tubuh ras kucing ini.
Temperamen kucing Burmilla cenderung aktif, senang bermain, tetapi tetap anggun. Secara garis besar bisa dibilang jika temperamen kucing ini merupakan gabungan dari kucing Chinchilla dan kucing Burmese.


Referensi : kucing.biz
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger