Mengapa induk kucing membunuh anaknya sendiri???

Sunday, January 20, 201339comments

Mengapa induk kucing membunuh anaknya sendiri
Induk kucing membunuh anaknya sendiri adalah kejadian yang sangat langka sekali, karena pada dasarnya insting induk kucing adalah melindungi anaknya. Namun pada beberapa kasus hal ini tetap bisa saja terjadi. Ada beberapa alasan mengapa induk kucing sampai tega membunuh anaknya. Berikut ini adalah beberapa alasan yang berhasil kami temukan :

Beberapa kucing mungkin hamil terlalu dini ketika naluri keibuannya belum matang sepenuhnya. Dalam kasus ini induk kucing membunuh anaknya karena kebingungan, karena suara si anak kucing justru membangkitkan naluri berburunya. Kemungkinan lainnya adalah karena faktor kebiasaan dan keturunan. Dalam artian, anak kucing tersebut mewarisi gen dari induknya, dimana dalam keluarga tersebut jika anak kucing berhasil melarikan diri dari induknya, di masa depan anak kucing tersebut akan kembali dan justru membunuh induknya. Dalam kasus ini, motif membunuh terjadi karena "adat istiadat" mereka, yaitu membunuh atau dibunuh.

Si induk kucing mungkin memiliki naluri yang sangat kuat untuk menebak apakah anak kucingnya tersebut memiliki tubuh yang dapat bertahan hingga tumbuh dewasa atau tidak. Jika menurutnya, si anak kucing memiliki tubuh yang lemah dan kemungkinan bertahan hidupnya sangat kecil, maka dia akan membunuhnya karena tidak ingin buang-buang air susu untuk anakan yang tidak punya harapan hidup. Bahkan terkadang ada yang memakan anaknya sendiri untuk memulihkan tenaganya dan berharap kelak dapat melahirkan anak dengan kondisi yang lebih sehat.

Terkadang anak kucing mati sendiri setelah beberapa menit dilahirkan. Dalam kasus ini si induk kucing mungkin akan memakan bangkai anaknya tersebut dengan alasan agar tidak memancing datangnya predator yang mungkin mengancam anaknya yang lain. Atau bisa juga demi mensterilkan tempat tinggalnya, agar bangkai anak kucingnya yang mati tersebut tidak menularkan penyakit kepada anak-anaknya yang lain.

Seperti yang kita tahu, induk kucing yang baru melahirkan biasanya akan berpindah-pindah tempat tinggal untuk menjauhkan anak-anaknya dari predator. Namun jika dia sudah berpindah beberapa kali dan berpikir tidak ada lagi tempat yang aman untuk mereka, mungkin si induk kucing akan membunuh anaknya karena dia tahu kesempatan mereka untuk bertahan hidup sangat mustahil. Atau yang lebih sering terjadi adalah si anak kucing tanpa sengaja terbunuh saat si induk kucing membawanya pindah rumah. So, untuk berjaga-jaga tentang kemungkinan tersebut, sebaiknya anda membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Agar induk kucing tidak membawa anaknya pindah-pindah rumah.


Beberapa induk kucing merasa stress karena malahirkan pada musim yang salah. Sehingga induk kucing membunuh anaknya dan berharap dapat melahirkan lagi pada musim yang benar. Hal ini sering terjadi pada kucing-kucing jalanan yang tinggal di negara-negara yang mengalami musim dingin. Anak kucing yang lahir di musim dingin memiliki harapan hidup yang sangat kecil, sehingga induknya berpikir akan lebih baik untuk membunuhnya saja.

Alasan lainnya adalah, pada saat anak kucing baru saja lahir, anakan tersebut sudah disentuh oleh orang asing. Sehingga si induk tak lagi mengenali bau anaknya tersebut yang sudah tercampur dengan bau orang asing yang menyentuhnya. Oleh karena itu sering terjadi si anak kucing mati terinjak atau tidak terawat karena induk mereka mengira dia bukan anaknya. 

Demikianlah alasan-alasan yang paling sering terjadi sebagai penyebab induk kucing membunuh anaknya. Namun kejadiaan tersebut tergolong sangat langka sekali. Terutama pada kucing-kucing peliharaan. Kucing-kucing peliharaan cenderung yakin kalau orang-orang yang berada di rumah adalah orang-orang baik yang akan membantunya merawat anak-anaknya.

Referensi : 9livesnation
Share this article :

+ comments + 39 comments

March 15, 2013 at 6:05 PM

Salah satu dari kucing2ku ngebunuh anaknya lho..
Dia sudah melahirkan 2 kali. Kelahiran pertama mati semua karena si induk nggak mau menyusui dan kami sekeluarga menganggap itu karena si induk masih belia.
Kelahiran kedua ini yg agak bikin pertanyaan. Dia melahirkan siang hari di kandang (anaknya 3) yg 2 aman menyusu di induknya, sedangkan yg satu kepalanya hancur dan habis. Besoknya anak yg satunya mati juga terhimpit badan si induk, jadi anak kucingnya tinggal satu.
Nah, pagi ini mbak2 yg kerja di rumah menemukan another headless kitten dari kandang si induk.
Kami jadi bertanya2, kenapa si induk tega membunuh anaknya? Padahal kalau dari umur sudah cukup matang, cuaca juga lg panas, nggak dingin. Kucing2ku yg lain juga nggak pernah ada kasus begini.
Apa kucingku yang satu ini kanibal? Abisnya yg ilang kepalanya ada 2 lho ._.
Kami berpikiran mau operasi dia, biar rahimnya diangkat dan nggak melahirkan lg. Tp masih bingung.. :(

March 20, 2013 at 8:12 PM

Serem banget ceritanya mbak, apa bener satu pun alasan yang kami tulis di atas tidak ada yang terjadi pada kucing Mbak? Kalau memang demikian, itu sungguh kejadian yang sangat langka, kemungkinan kucing embak punya masalah mental...
Memang sebaiknya di kebiri saja mbak kalo gitu kejadiannya, soalnya kalo dibiarkan melahirkan terus anaknya kita ambil dan kita rawat terpisah dari induknya juga sangat sulit...

April 9, 2013 at 8:45 AM

Sepertinya sih masih bisa disebabkan alasan yang pertama, mungkin kucing saya belum siap melahirkan.
Kalau dari usia dia sudah dewasa (hampir 2 tahun), tapi kalau dari mentalnya yang nggak tahu ya.. mungkin dia belum siap melahirkan dan bingung harus gimana.
Tapi saya belum berani operasi si pus, kasian :(
Ngomong-ngomong terima kasih banyak atas ulasannya. Blog ini sangat membantu sekali :)

April 24, 2013 at 5:22 AM

Maaf mbak anggun mau nanya,kucing2 mbak anggun yg dibunuh 3 warna bukan ? (hitam, oranye , putih) atau biasa disebut calico. Klo emg bener belang 3, ada alesan knpa si induk membunuh anak2nya.

April 18, 2014 at 2:31 AM

gak ada yang bener,,,,,,

July 7, 2015 at 7:53 PM

Susah sekali memeliara anak kucing di rumah, kalau di rumah banyak anak2 kecil yg sering gangguin anak kucing tersebut. Awalnya saya mempunyai 3 anak kucing, tp karna sering digangguin anak saya sampai kucingnya ga bs jalan induknya mulai memakan anaknya sendiri. Memang yang dimakannya yg paling kurus dan yg sakit-sakitan. Sekarang tinggal 1 ekor lg yg tersisa. Terpaksa ruang kerja sy jd kandang anak kucing saya agar lebih aman..

July 7, 2015 at 7:54 PM

Susah sekali memeliara anak kucing di rumah, kalau di rumah banyak anak2 kecil yg sering gangguin anak kucing tersebut. Awalnya saya mempunyai 3 anak kucing, tp karna sering digangguin anak saya sampai kucingnya ga bs jalan induknya mulai memakan anaknya sendiri. Memang yang dimakannya yg paling kurus dan yg sakit-sakitan. Sekarang tinggal 1 ekor lg yg tersisa. Terpaksa ruang kerja sy jd kandang anak kucing saya agar lebih aman..

July 7, 2015 at 7:54 PM

Susah sekali memeliara anak kucing di rumah, kalau di rumah banyak anak2 kecil yg sering gangguin anak kucing tersebut. Awalnya saya mempunyai 3 anak kucing, tp karna sering digangguin anak saya sampai kucingnya ga bs jalan induknya mulai memakan anaknya sendiri. Memang yang dimakannya yg paling kurus dan yg sakit-sakitan. Sekarang tinggal 1 ekor lg yg tersisa. Terpaksa ruang kerja sy jd kandang anak kucing saya agar lebih aman..

December 12, 2015 at 7:45 AM

1anak kucing sya bru aja mninggal,,pdhl udh brthn 10hr...udh gemuk...kplanya tertindih badan induknya...lgsg lemes...gag tega lihatnya...lgsg gag mau nyusu...induknya sering pergi2...n klo msuk kandang gag liat2 anaknya lgsg tdur...lucu pdhl...nangis deh...hiks..hiks...

March 4, 2016 at 2:39 AM

Aku belum pernah si ngurus dr bayi tp tadi malam tgl 3maret'16 tiba² ada induk kucing hamil masuk ketoko saya kaya yg nyari tempat gitu ndusel²,ahirnya aku inisiatif kebetulan banyak kardus kosong aku simpen dipinggir toko(diluar) trus aki masukin induk kucingnya,besok paginya aku cek ada anaknya 4 tp yg 1 mati,,pas aku nyari lahan buat ngubur,,balik lg anak kucingnya ilang,temen² ada yg bilang dimakan induknya cm aku si liat klw induknya keluar dr kardus itu jd aku beranggapan anaknya dibuang.ini tinggal 3 dan sebenernya gak tau ini kucing siapa tp terlanjur kasihan,,,insyaAllah aku rawat dengan memantau sj dl karna induknya masih ada, semoga sehat smuanya.

March 4, 2016 at 2:41 AM

Tapi percaya atau tidak mengurus hewan kesayangan nabi membawa berkah,,tokoku jd ramai yg beli :)

March 5, 2016 at 3:29 AM

Hari gini msh ada keyakinan ortodoks gitu, keyakinan tanpa dasar pengetahuan dan keimanan. Rasulullah gak pernah bilang apa2 tentang merawat kucing bisa membawa berkah. Dan kucing bukan binatang yg lebih spesial dari binatang lainnya. Derajatnya sama dgn hewan lainnya. Merawat binatang tentunya hal yg baik, dan rasulullah pernah bersabda bahwa kucing adalah perhiasan rumah tangga. Perhiasan. Bukan pembawa berkah. Nah, Allah tentunya menyukai hambaNya yg suka berbuat baik terhadap sesama ciptaanNya. Bila Allah sudah menyukai perbuatan hambaNya, maka menurunkan berkah bukan hal yg sulit sama sekali bagiNya.

March 5, 2016 at 3:37 AM

Antara alasan atau mitos. Jarang sekali orang yg bisa melihat kelahiran male calico atau belang tiga jantan. Kalaupun ada yg mengaku pernah melihat induk kucing memakan male calico, patut dipertanyakan krn tidak pernah disertai bukti yg kuat. Kita semua bisa mengaku pernah melihat, tapi tanpa bukti apapun cerita tersebut hanya jadi mitos.

April 14, 2016 at 12:22 AM

Q prnah plihra kucing trus dia nglahirin gtw knp kucing jantan mlah makanin ank2nya tp kjadian it dh lma jga dan gak tau it jantan bpk nya atw bukan soal nya it jntan kucing ttngga.

April 14, 2016 at 12:23 AM

Q prnah plihra kucing trus dia nglahirin gtw knp kucing jantan mlah makanin ank2nya tp kjadian it dh lma jga dan gak tau it jantan bpk nya atw bukan soal nya it jntan kucing ttngga.

June 23, 2016 at 10:47 PM

Kemarin saya ngeliat induk kucing makan anaknya. Agak sawan juga ngeliatnya. Pertama saya ngeliat kucing itu bawa2 anaknya, kemudian digeletakin di depan kamar mandi. Nah disitu udah ada ibu dan bapak kucing. Ketika diperhatiin, anak kucing gak bergerak-gerak. Karena saya takut kucing, jadi saya berinisiatif buat nunggu bapak saya buat nguburin anaknya itu. Ketika bapak saya datang, yang kesisa tinggal kepalanya.

August 24, 2016 at 5:02 AM

memang benar kalau kucing anakan belang 3 jantan 99% dibunuh induk (pejantan), karena kucing anakan belang 3 pejantan ketika dewasa biasanya kerjaanya berantem, kawin(walaupun mandul), dan menguasai daerah atau wilayah yang mencakup keberadaanya, dan yang pasti kucing belang 3 jantan itu kalau dalam ilmu ilmiah sebenarnya cacat genetik, terkecuali jika anakan kucing sering dibunuh induknya tanpa sebab kemungkinan besar memang itu kucing kanibal, secara logika juga memang ada manusia kanibal, apalagi binatang yang tidak punya pikiran hanya punya insting, jadi jangan salah kalau kalian memelihara hewan yang sifatnya kanibal, contohnya nyatanya saya juga memelihara lobster, kucing , ayam(masih sampai sekarang) lobster setahu saya memang akan memangsa temannya sendiri ketika temannya lemah atau sedang berganti kulit dan atau kekurangan makanan (berdasarkan pengalaman saya), ayam saya juga seperti itu ketika ada anakan ayam yang sakit/sekarat(melemah) yang lebih besar pasti akan mematukinya hingga dagingnya robek dan yang lainnya juga mengikuti ayam yang kanibal tersebut sampai mati dan memakannya, ada juga alasan terjadinya kanibalisme pada ayam saya jika tidak teratur memberi makan biasanya ayam akan bertindak stress dan berisik sering mematuki yang lebih kecil (akan tetapi fifat kanibal ayam saya tidak berlaku pada penjantan dewasa atau ayam jago) itu juga berdasarkan pengalaman saya, jadi yang tidak memelihara hewan dan tidak tahu tentang kehidupan hewan tersebut mending diem aja nyimak jangan ikut komentar sok tahu, itu aja cukup, sekian... #AsyDK

August 24, 2016 at 5:05 AM

memang benar kalau kucing anakan belang 3 jantan 99% dibunuh induk (pejantan), karena kucing anakan belang 3 pejantan ketika dewasa biasanya kerjaanya berantem, kawin(walaupun mandul), dan menguasai daerah atau wilayah yang mencakup keberadaanya, dan yang pasti kucing belang 3 jantan itu kalau dalam ilmu ilmiah sebenarnya cacat genetik, terkecuali jika anakan kucing sering dibunuh induknya tanpa sebab kemungkinan besar memang itu kucing kanibal, secara logika juga memang ada manusia kanibal, apalagi binatang yang tidak punya pikiran hanya punya insting, jadi jangan salah kalau kalian memelihara hewan yang sifatnya kanibal, contohnya nyatanya saya juga memelihara lobster, kucing , ayam(masih sampai sekarang) lobster setahu saya memang akan memangsa temannya sendiri ketika temannya lemah atau sedang berganti kulit dan atau kekurangan makanan (berdasarkan pengalaman saya), ayam saya juga seperti itu ketika ada anakan ayam yang sakit/sekarat(melemah) yang lebih besar pasti akan mematukinya hingga dagingnya robek dan yang lainnya juga mengikuti ayam yang kanibal tersebut sampai mati dan memakannya, ada juga alasan terjadinya kanibalisme pada ayam saya jika tidak teratur memberi makan biasanya ayam akan bertindak stress dan berisik sering mematuki yang lebih kecil (akan tetapi fifat kanibal ayam saya tidak berlaku pada penjantan dewasa atau ayam jago) itu juga berdasarkan pengalaman saya, jadi yang tidak memelihara hewan dan tidak tahu tentang kehidupan hewan tersebut mending diem aja nyimak jangan ikut komentar sok tahu, itu aja cukup, sekian... #AsyDK

September 11, 2016 at 5:27 AM

Saya mau tanya nih kak.

Kemarin saya menemukan anak kucing (sekitar 4-6 harian umurnya dari pandangan saya) yang lama mengeong-ngeong di plafon rumah terjatuh di koridor rumah saya. Mungkin ia ditinggalkan atau semacamnya. Sorenya saya rawat si kucing itu.

Saat malam saya mencoba untuk mencari kucing yang lebih dewasa. Saya pikir si kucing itu bisa mengasuh kucing kecil tersebut.

Saya membawa si anak kucing keluar, dan saya melihat kucing lain yang ciri-ciri nya pernah disebut adik saya sebagai ibunya. Si kucing kecil mengeong berulang kali dan memancing si Kucing dewasa untuk mendekat dan mengeong kecil (seperti kasihan) Saat saya taruh si kucing kecil di tanah, si kucing besar menggigit leher bawah si anak kucing. Saya kaget, dan berpikir bahwa si kucing besar akan membunuhnya. Saya gertak ia, Tapi terlanjur si Kucing besar membawanya kabur, yang digigit leher atas si kucing kecil hingga membuat ia mengerang kesakitan.

Pertanyaan saya, apakah kucing bersifat kanibalistik, atau itu bisa jadi induk dari kucing kecil itu?

Trims.

September 11, 2016 at 5:28 AM

Soalnya sebelumnya saat saya menemukan kucing kecil lain, saat saya kumpulkan dengan kucing besar, si kucing kecil tidak dipedulikan.

November 11, 2016 at 9:35 AM

Sy mau tanya

November 11, 2016 at 9:38 AM

Kenapa kucing q gak mau menyusui . . Pdhal uda brkali2 melahirkan . . Anak2 yg sblum ny d susui . . Tp kelahiran skrg malah d cuekin . . Usia si induk 5 tahun an. . Pdhal induk ny uda aq ksh makan minum

December 25, 2016 at 8:22 PM

barusan kmrn skitar tgl 18 des 2016 kucing liar melahirkan di teras rumah. Mngkn usia anak2 nya skrng skitar 10 harian, mata juga blom melek. Herannya kmrn malam 1 anaknya di makan hingga separo badannya. Bsok pagi di lanjut lagi makan tubuh bagian atas termasuk kepalanya. Jijik liatnya sampe hilang napsu makan aku.

Anonymous
January 31, 2017 at 1:46 PM

Ternyata kucing bisa melakukan hal tersebut ya

February 10, 2017 at 12:34 AM

mau tanya min,apakah dari sekian banyak anak kucing yang lahir bersamaan dari satu induk itu hasil dari sperma satu pejantan?. atau dari beberapa pejantan. kan tanpa kita ketahui betina nya kawin beberapa kali dengan beberapa pejantan. mohon pencerahannya

February 10, 2017 at 12:35 AM

mau tanya min,apakah dari sekian banyak anak kucing yang lahir bersamaan dari satu induk itu hasil dari sperma satu pejantan?. atau dari beberapa pejantan. kan tanpa kita ketahui betina nya kawin beberapa kali dengan beberapa pejantan. mohon pencerahannya

May 24, 2017 at 5:29 PM

Anak kucing saya ada 4 semuanya lucu saya tiap hari bersihin kandangnya... Sampai sampai ibunya nempel trs sama saya... Dan malam hari ada 1 kucing jantan adek saya ngomong itu ayahnya kemarin kucing itu kawin sama yang itu... Ternyata bener 2 kucing itu masuk kandang sambil meluk anaknya tapi besoknya semuanya mati induknya meong meong trs saya gk paham entah induknya yang bunuh atau yang jantan

October 15, 2017 at 6:53 AM

Kucing jantan belang 3. Ada yg bilang mitos, Tp Sy bilang itu nyata krn Sy pernah melihat kucing tersebut.

October 22, 2017 at 3:16 AM

Yg mitos tuh cerita elu semua

November 13, 2017 at 7:53 PM

Sy mau tanya, kucing sy di rmh habis melahirkan, sbelumnya juga pernah melahirkan, tapi mati semua dan kaya yg ga di susuin, nah yg seharang ini melahirkan 3, yg 2 mati gatau knpa, nah sisa yg satu ini tdi induknya ga ada, terus anak yg masih hidup itu nangis terus, meong meong gt, dan keliatan lemes, karna takut anaknya mati karna dehidrasi, sya ksh minum lewat spet yg buat obat kucing, sya ksh air putih, pas di liat lg udh lebih seger dari sebelum di kasih minum, udh ga terlalu lemes, terus pas induknya dateng, induknya kaya ngejilatin gt, pas induknya mau tdr, anaknya ketindih, yaudah sya benerin posisi tdr induknya, dan taruh anaknya ke arah puting ibunya supaya nyusu, tapi anaknya ga nyusu2, sya bingung ini kucing sya belum bisa merawat anaknya kah atau gmn, tapi ini sudh melahirkan yg ke 3 kalinya, dan yg sebelumnya mati semua, sya khawatir anaknya yg masih hidup ini akan mati juga karena tdk menyusui

December 7, 2017 at 9:24 PM

ak bingung..2 hr lalu si agri kucing ak melahirkan...tp ga bs ngurus bayinya..sampai bwt menyusuipun hrs ak arahkan...dn stelah 2 hr 1 per 1 ankny mati..krn terlalu kecil dn kekurangan susu..ak jg sdh berikan susu kucing untk membakcup asi si anakan..tp sulit memberikan susuny krn ak takut tersedak..sprt pd 2 anak kucingku yg skarang mati..dn yg membingungkan ak...td malam anak kucing ak ad yg s3karat dn seprtny pas kami tidur ank kucing ak mati..tp pas ak bangun ak cari anak kucing it..tp ga ada..ak cari kemana mana ttp ga ad..ak takut klo anakan yg mati it d pindahkan sama si agri..dan takut berbau..sampai skarang ak msih bingung..dan stelah ak baca artikel ini...apa mungkin si agri makan anakny sdiri..tanpa bekas apapun..bahkan darah sdikitpun ga ad bekasnya..pleasee kasih masukan k ak..skarang dr 6 bayi kucingku..hny trsisa 2 ank lg..ak ga mau sampai mati lg..bgmn carany..smentara mereka slalu berebut untuk nyusu sama indukny wlwpun banyak puting indukny..ak sudah arahkan salah 1 anakny ttp sj berebutanjg..ga bs ak arahkan...bgmn solusiny..dn kemana perginya ankan yg smalam sekarat...ap d pindahkan atw d makan si agri tanpa bekas..

March 28, 2018 at 6:28 AM

Saya nemu kucing di genteng 4 ekor, 2warna kuning 2 warna hitam, induk kucing juga warna hitam . Lalu saya usir hus hus karna di rumah jadi bau tai kucing. Nah bsknya ada suara mengeong lalu saya cek ternyata hanya ada anak kucing 2ekor yg kuning saja yang hitam dan induknya gak ada dan gak kembali lagi . Akhirnya saya bawa turun anak kucing yang di tinggalkan oleh induknya. Saya aneh apakah kucing betina hanya sayang pada anak kucing yang sewarna dengan induknya apa gimana. Kok ya bisa di tinggal yang gak sewarna sama induknya

March 28, 2018 at 6:28 AM

Saya nemu kucing di genteng 4 ekor, 2warna kuning 2 warna hitam, induk kucing juga warna hitam . Lalu saya usir hus hus karna di rumah jadi bau tai kucing. Nah bsknya ada suara mengeong lalu saya cek ternyata hanya ada anak kucing 2ekor yg kuning saja yang hitam dan induknya gak ada dan gak kembali lagi . Akhirnya saya bawa turun anak kucing yang di tinggalkan oleh induknya. Saya aneh apakah kucing betina hanya sayang pada anak kucing yang sewarna dengan induknya apa gimana. Kok ya bisa di tinggal yang gak sewarna sama induknya

May 24, 2018 at 6:51 AM

Permisi bang, mau tanya. Saya punya anak kucing 3. Ibunya jatuh anaknya di gudang. Malamnya, anak kucing warna hitam mati digigit kucing lain. Darahnya ceceran di lantai gudang. Anak yang mati tadi dibawa ibu untuk dimakan. Menurut mas/mbak, kalo saya naruh si kucing ke gudang lagi (sudah dibersihkan gudangnya), si kucing mau apa nggak ya tinggal di gudang lagi ?

August 13, 2018 at 6:03 AM

Baru dilahirkan bbrp jam aja.. anak kucingnya mati dibunuh induknya, memang dari tadi dia kyk gk suka sm anaknya yg 1 ini, dicemplungkannya ke air minumnya, trus gak dipedulikannya.. tapi 2 anaknya yg lain mau diurusnya. Dan ini utk pertama kalinya lulu melahirkan

February 23, 2019 at 11:10 PM

Kucing gue: kenapa kucing ku cuma mau ngurusin satu anaknya yang paling mirip sama induknya? padahal anaknya ada 4, yg 3 di biarin gitu aja sampe mati. Padahal kucingnya bagus banget, sedih deh.😢

December 21, 2020 at 4:19 PM

Sama kasusnya spt kucing saya anknya 8 dan mati semua,satu diantaranya mati tinggal kaki sblah sm kepala padhal usia ank kucing sudah 1bln lebih tragiss..sedih banget 😢😢

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger