Memelihara dan Merawat Kucing Anggora

Monday, January 7, 201310comments

gambar kucing anggora
Merawat kucing Anggora bisa dibilang hampir sama dengan merawat kucing-kucing ras lain yang berbulu semi-longhair dan longhair. Namun tentu saja akan sedikit berbeda denagn merawat kucing berbulu pendek ataupun kucing kampung.  Baca artikel Mengenal Kucing Anggora untuk mengetahui lebih banyak tentang kucing ini.
Cara merawat kucing anggora yang baik memang berbeda-beda menurut tiap individu yang emmelihara kucing cantik ini. Namun secara garis besar bisa dibilang relatif sama, yaitu tentang kebersihan si kucing dan kandang, mnu makanan, dan terakhir vaksinasi.
Berikut ini ada beberapa Tips merawat kucing Anggora yang semoga akan berguna bagi anda yang baru, akan atau sudah memelihara kucing anggora

Untuk makanan kucing anggora, akan lebih baik kalau dibiasakan sejak kecil untuk makan makanan kucing yang kering (dry food). Karena menurut beberapa pakar, makanan kaleng untuk kucing (wet food) tidaklah bagus untuk kesehatan jangka panjang si kucing. Selain itu, lebih baik untuk tidak mencoba memberikan makanan lain selain catfood seperti ikan, ayam, atau makanan hewani lainnya. Makanan tersebut cenderung akan mengganggu pertumbuhan bulu si kucing anggora.
Untuk porsinya, anda bisa memberinya makan 3x sehari dengan porsi 1 takaran full unutk porsi kucing dewasa. Atau anda bisa melihat sendiri takaran yang dianjurkan pada bungkus makanan kucing yang anda beli tersebut. 
Untuk minumnya, saya rasa kalau sudah dewasa beri saja air putih yang mateng sudah cukup. Kucing Anggora berumur 6 bulan sudah bisa dikategorikan kucing dewasa. Memberinya susu boleh, tetapi jangan sering-sering dan jangan susu untuk manusia. Belikan susu rotal canin.

Pastikan ukuran kandang kucing anggora sesuai dengan ukuran tubuhnya. Misal kucing anggora anda sudah seberat 4 kg, maka anda bisa menggunakan kandang berukuran 90 x 63 x 65 cm. Kandang yang baik adalah yang terbuat dari aluminium, sehingga tidak berkarat, dan jerujinya lebar agar sirkulasi udaranya bagus.
Bersihkan kotak pasir setiap hari (baca cara membersihkan kotak pasir) dan cuci kandang seminggu sekali, lalu semprot dengan desinfektan.

Untuk kesehatan kucing anggora, yang paling penting adalah setelah kucing berumur 3 bulan segera lakukan vaksinasi. Ikuti saja saran dokter untuk melakukan vaksinasi apa saja. Biasanya dokter akan mewajibkan 3 kali vaksinasi, sementara yang tahunan mereka sebut "tidak wajib".
Untuk menjaga kebersihannya, anda berlu memandikannya setidaknya 2 minggu sekali. Seminggu sekali juga lebih bagus. Dan agar bulunya tidak kusut, sisirlah sehari sekali.

Saya rasa demikian adalah poin penting dalam merawat kucing Anggora, jika ada yang mau menambahkan, silahkan tulis di komen. Kalau komen anda tidak asal-asalan, mungkin akan kami pertimbangkan untuk dimasukkan dalam artikel Cara merawat kucing Anggora ini. ^_^

Referensi : fauzionline dan pengalaman pribadi
Share this article :

+ comments + 10 comments

April 1, 2013 at 10:25 PM

Mohon perincian 1 ekor anggora tiap bulan ya min, harga kandang, makanan, vaksin, perincian, dll. Makasih.....

April 2, 2013 at 7:10 AM

Harga kandang alumunim ukuran sedang sekitar 150 ribu...
Untuk makanan, dulu saya beli yang dry food setengah kilo 15 ribu, merk-nya saya lupa...
Vaksin 35 ribu sekali vaksin, wajibnya cuma 3x seumur hidupnya si kucing...

April 8, 2013 at 9:18 PM

mohon bantuannya, kalo 1 kucing anggora 3 bulan utk perawatan bisa habis brapa duit dlm sebulan?

April 9, 2013 at 12:50 AM

Lumayan banyak kalo di awal pemeliharaan... Buat vaksin sekitar 100 rb-an, grooming 25rb an, belum lagi buat beli kandang, dan makanannya...

April 26, 2013 at 5:44 AM

Agan jual anak kucing gak? Ane mau beli cuma bingung belinya dimana ... Lokasi sekarang dimana gan?

April 26, 2013 at 3:22 PM

saya di Jogja, byk kok yg jual kucing di Tokobagus, di petshop2, di pasar hewan, cattery2... kalo menurut pengalaman, yg harganya lumayan murah tuh yg dijual di Tokobagus, apalagi kalo pas ada yg jual anak kucing karena kucingnya udah banyak... ^_^

June 3, 2013 at 5:09 PM

rumahku desa pollllllll gaada dokter hewan, terus kalo mau vaksin gmn e :(

August 26, 2014 at 8:14 PM

Saya baru beli kucing anggora umur 2 bln tapi seringkali maunya ngempeng ke induknya ( maksudnya nyusu ke induknya), solusinya gimana tuh...

January 24, 2016 at 10:01 PM

Saya komen taun 2013.. Alhamdulillah taun ini udah punya kucing anggora umur udah 6 bulan lucu banget dikasih saudara. Biaya awal tentu saja makanan 38k + 22k + 11k per merk 500gr (per minggu habis 500gr jadi ini 1,5kg habis dalam 1 bulanan sehari 2x pemberian, kucing saya makan 3x sehari kadang dya gak lapar ya utuh bisa untuk besoknya) itu saya mix supaya kucing saya bisa adaptasi dengan makanan merk apapun saat kondisi darurat sekaligus adaptasi dari makanan sebelumnya di rumah saudara. Merk nya dari yg paling mahal Proplan, Me-O, Universal. Dalam 5 bulan kedepan saya akan full Proplan. Kandang 325rb ukuran 60. Vaksin 140rb. Kedepan ada 2x lagi vaksin dengan nilai yg kurang lebih sama. Pasir 90rb per sak habis untuk 2 bulanan. Perlengkapan seperti tempat makan dan minum, 25rb per buah, bak pasir 10rb per buah, kalung 10rb, yah kira-kira 100rb karena saya beli lebih dan macam-macam untuk mendidik dya, terserah pada adopter kok untuk kebutuhan terakhir ini. Total harga keseluruhan untuk 1 bulan pertama 700rb kalau saya. Sudah termasuk kandang. Kandang untuk melatih kitten disiplin saat malam sudah tidur jam 8 di dalam kandang, lama-lama masuk sendiri kok.. Mainan kucing sudah termasuk di perlengkapan tambahan tadi karena anggora bisa bosan seharian kalau tidak main apalagi masih kitten/anakan. Semoga info dari saya ini membantu.

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger