Mengenal Kucing Burma / Kucing Burmese

Sunday, January 20, 20131comments

Mengenal Kucing Burma / Kucing Burmese
Kucing Burmese merujuk pada dua ras kucing yang terbagi dalam subgroup yang berbeda yaitu American Burmese dan British Burmese. Kebanyakan kucing Burmese modern merupakan keturunan dari seekor kucing betina yang bernama Wong Mau yang dibawa dari Burma (sekarang Myanmar) ke Amerika pada tahun 1930.
Kebanyakan Cat Registry tidak mengakui perpecahan kucing ras burmese ini. Kucing Burmese yang kebanyakan diakui oleh cat registry tersebut adalah merujuk pada kucing Burmese yang dikembangkan di Inggris dan disebut sebagai European Burmese.
Pada awalnya Kucing Burmese cuma ada satu warna yaitu cokelat gelap (sable), tetapi setelah mengalami pengembangbiakan secara intensif, saat ini terdapat berbagai variasi warna dari kucing Burmese ini. Namun, standar kucing Burmese di setiap asosiasi berbeda-beda.
Kucing ini merupakan jenis kucing berbadan kecil yang beratnya hanya sekitar 4-6 kg ketika dewasa. Jika perawatannya baik, kucing ini dapat hidup hingga usia 16 sampai 18 tahun. Temperamen kucing Burmese cenderung mudah bersosialisasi dan ramah terhadap manusia, sangat cerdas, dan terkenal banyak mengeong, meski tidak "sebawel" kucing Siam. 
Kucing ini memiliki sifat yang penuh kasih sayang, dan senang berada di dekat manusia. Mereka cenderung memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya dan cenderung tertarik dengan aktifitas manusia. Kucing ini tidak memiliki sifat independen seperti kebanyakan kucing ras lainnya. So, tidak baik meninggalkannya sendirian terlalu lama.
Meski jarang terdengar ada kasus kucing Burmese menyerang manusia, tetapi pada kenyataannya mereka adalah petarung yang cukup hebat. Mereka dapat bertarung untuk mempertahankan diri dari ancaman kucing lain, bahkan yang ukurannya lebih besar dari mereka, dengan cukup baik.
Kucing Burmese memiliki beberapa sifat dan karakteristik yang terlihat hampir menyerupai anjing, seperti senang bermain fetch (lempar tangkap), dan tidak rewel saat diajak bepergian menggunakan mobil. Kucing ini juga aman berada di dekat anak-anak serta dapat hidup berdampingan dengan anjing, serta termasuk jenis kucing yang senang berada di dalam ruangan.
Banyak kontroversi mengenai perbedaan standarisasi antara kucing American Burmese dengan kucing British Burmese. Jika anda ingin mengetahuinya lebih jauh, anda bisa membacanya di wikipedia. Yang jelas kucing Burmese tidaklah sama dengan kucing Birman. Meskipun sama-sama berasal dari Burma/Birma/Myanmar.


Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 1 comments

Anonymous
April 25, 2015 at 6:57 AM

Hello friend: I've been visiting your web and I found "great", with good newspaper articles.

I would like to share with you and your readers more information about the Burmese cat breed.

I hope you like my blog "Dogs and Cats".

Greetings from Spain

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger