Hukum Islam tentang mengebiri kucing

Wednesday, January 16, 201337comments

Hukum Islam tentang mengebiri kucing
Hukum Islam tentang mengebiri kucing ternyata beragam. Namun sebagian besar ulama berpendapat, selama mengebiri kucing itu tujuannya baik maka boleh dilakukan. Sekarang masalahnya adalah yang dimaksud dengan tujuan yang baik itu yang seperti apa.
Menurut keterangan di Al-Kubro (al-Fatawa al-Hindiyah, 44:20), hukum mengebiri kucing adalah "boleh" jika dengan mengebiri si kucing dapat memberikan manfaat atau dapat mengindari mudharat.
Sementara itu menurut keterangan Fatawa Islamiyah, 4:448, mengebiri kucing dianggap "tidak masalah" jika populasi si kucing sudah terlalu banyak dan berpotensi mengganggu. Hal ini dianggap lebih baik dibandingkan harus membunuh si kucing setelah mereka terlahir dan hidup di dunia ini. Tentunya asalkan proses pengebirian ini tidak menyakiti si kucing. Namun jika jumlah kucing masih normal dan tidak mengganggu, alangkah lebih baik jika si kucing dibiarkan tetap dapat berkembangbiak.
Dan pandangan dari 4 mahzab besar mengenai hukum mengebiri binatang adalah sebagai berikut :
  • Syafiiyah berpendapat bahwa hukum mengebiri binatang yang halal dimakan saat binatang tersebut masih kecil adalah "boleh". Selama proses pengebirian tersebut tidak menyakiti si binatang. Selain itu dilarang.
  • Malikiyah berpendapat bahwa mengebiri hewan yang halal dimakan adalah "boleh" karena dapat meningkatkan kualitas dagingnya.
  • Hanafiyah berpendapat bahwa mengebiri binatang itu hukumnya "boleh" karena hal ini dapat memberikan manfaat bagi manusia maupun bagi binatang yang dikebiri tersebut.
  • Hambali berpendapat bahwa hukum mengebiri binatang seperti kuda adalah "Makhruh". namun mengebiri kambing hukumnya "Boleh" karena dapat meningkatkan kualitas dagingnya.
Nah berdasarkan sumber-sumber di atas, maka saya menyimpulkan bahwa hukum mengebiri kucing adalah terserah anda mau mengambil hukum yang mana. Saya cuma menyampaikan saja. Masalah mana yang anda pilih itu hak asasi anda. He... ^_^

Referensi : konsultasisyariah
Share this article :

+ comments + 37 comments

July 13, 2015 at 11:35 AM

Hny Allah yg tau brdosa or tdk ny manusia saat melakukan ssuatu,manusia hny ingin melakukan yg trbaik untuk ssama makhluk ciptaanNYA,,ampuni kami yg tdk mengetahui dr segala kekuasaan mu ya Rabb aamiin

February 3, 2016 at 7:36 AM

Loh loh,,,kok jadi boleh
Coba lihat lagi,yg boleh yg halal di makan,kucing tidak termasuk yg boleh dimakan,dan tidak pernah ada 1 hadits pun yg membolehkan makan kucing,bahkan contoh dari setelah imam 4 mazhab pun tidak ada yg mengutarakan makan kucing,bahkan jual beli nya pun haram,apalagi di makan,ingat itu.
Mengkebiri termasuk menghilang kan nikmat allah pada makhluk hidup,mungkin di perbolehkan dalam kondisi darurat seperti ada penyakit,tapi kalo cm takut kencing sembarangan atau berkembang biak maka itu tidak lah termasuk,sesuai dengan di Al qur'an,karena atas nikmat allah binatang itu di beri rezki,allah yg ngasi rejeki,kok kita pula yg mendzolimi?
Jika memang tak sanggup maka lepaskan binatang itu,biar mereka bisa mencari makanan sendiri

March 16, 2016 at 4:17 AM

Tidak ada dalil satupun,
Hanya nukil satu sana satu lainya. Wahai hamba Allah, berhujjahlah dengan dalil,karena apa yg anda tulis bisa menyesatkan orang lain.

March 16, 2016 at 4:18 AM

Tidak ada dalil satupun,
Hanya nukil satu sana satu lainya. Wahai hamba Allah, berhujjahlah dengan dalil,karena apa yg anda tulis bisa menyesatkan orang lain.

March 17, 2016 at 4:33 AM

Bener juga
Jadi boleh apa tidak? Ak takut kucingku gituan sama kucong prnyakitan, trus tertular kekucing trus tertular ke anakku. Jadi galau nih jadinya, pengen tahu boleh apa tidak, biar jelas.

April 17, 2016 at 7:59 PM

Bagaimana kalau kucing semakin banyak sedangkan di kiri dan kanannya sudah beton semua, tidak ada ruang alami, pepohonan dan binatang-binatang yang bisa dimakan. Alhasil kucing tidak dapat mencari makan sendiri tetapi hanya dari belas kasih manusia yangmana ada yang mau berbagi ada yang tidak bahkan boro-boro berbagi, mendekat saja sudah ditendang.

June 5, 2016 at 8:30 PM

masalah ini jadi pro kontra, menurut sy boleh saja untuk kebaikan sikucing dan manusia. sperti yg kita liat kucing banyak yg hidup kurus tak teurus dipemukiman manusia, mereka cari makan bukan dialam liar tp dr sisa makanan. juga belas kasih manusia. tp kucing yg sudah reproduksi sj atau sudah tua yg di kebiri, agar populasinya tak terganggu.

June 29, 2016 at 5:39 PM


Malikiyah berpendapat, boleh mengebiri binatang yang halal dimakan, tidak makruh sedikit pun. Karena ini akan meningkatkan kualitas dagingnya.

Syafi’iyah merinci antara yang halal dimakan dan selain yang halal dimakan. Mereka menegaskan, boleh mengebiri hewan yang halal dimakan ketika masih kecil, dan terlarang bagi yang lainnya. Mereka juga mempersyaratkan, tindakan mengebiri ini tidak boleh menyebabkan kematian.

Hambali berpendapat, boleh mengebiri kambing, karena bisa meningkatkan kualitas dagingnya. Ada yang mengatakan, makruh mengebiri binatang semacam kuda.

Imam Ahmad pernah mengatakan,

لا يعجبني للرجل أن يخصي شيئاً ، وإنما كره ذلك للنهي الوارد عن إيلام الحيوان

Aku tidak menyukai jika ada seseorang yang mengebiri binatang. Hal itu dibenci karena terdapat larangan tentang menyakiti binatang (al-Adab asy-Syar’iah, 3:263).

(Simak, al-Majmu’ karya an-Nawawi (6:155), al-Adab asy-Syar’iyah karya Ibnu Muflih (3:263)]

خصاء السنور إذا كان فيه نفع أو دفع ضرر لا بأس به، كذا في الكبرى

Mengebiri kucing, jika itu memberikan manfaat atau menghindari madharat, hukumnya boleh. Demikian keterangan di Al-Kubro (al-Fatawa al-Hindiyah, 44:20).

Imam Ibnu Utsaimin mengatakan,

إذا كانت القطط كثيرة مؤذية ، وكانت العمليَّة لا تؤذيها : فلا حرج ؛ لأن هذا أولى من قتلها بعد خلقها .. وأما إذا كانت قططاً معتادة ولا تؤذي : فلعلَّ في بقائها تتنامى خيراً

Jika populasi kucing terlalu banyak dan mengganggu, sementara tindakan mengebiri tidak sampai menyakitinya, tidak masalah mengebiri kkucing. Ini lebih baik dari pada membunuh setelah kucing itu hidup. Namun jika kucing itu tidak menggaggu, barangkali dibiarkan berkembang biak akan menyuburkan kebaikan. (Fatawa Islamiyah, 4:448).

Sumber : https://konsultasisyariah.com/15591-hukum-mengebiri-kucing.html


just share kawan :)
#Ilovecats

July 18, 2016 at 12:31 AM

Mengebiri kucing, jika itu memberikan manfaat atau menghindari madharat, hukumnya boleh. Demikian keterangan di Al-Kubro (al-Fatawa al-Hindiyah, 44:20).Hal diatas mnjelaskan ttg alasan mengebiri hewan maka kucing pun termasuk didalamnya. Ada alasan tertentu dgn melakukn kebiri pda kucing (tentunya hal ini tdk sama dgn hukum jual beli kucing) menzholimi jika Tidak diberi makan atau menyakiti tanpa alasan tertentu. Semua hal ada mksudnya.

August 18, 2016 at 12:16 PM

demi kesehatan si mpuss lebih baik di steril , karna kalo gak di steril kasian mpuss nya bisa kena penyakit tumor atau kanker , dan keuntungan lain kalo di steril itu bisa memperpanjang umur si mpuss 3-4 tahun...
kalo sayang sama mpuss nya dan gak pengen mpuss nya penyakitan mending di steril aja , lebih cepat lebih baik sebelum terlambat

August 20, 2016 at 7:52 AM

Saya tinggal di sulawesi utara.banyak kucing yang menjadi buruan orang2 yang tidak punya hati. Kucing selalu di jerat atau di panah untuk dimakan beberapa orang. Saya sendiri beberapa kali kehilangan kucing di rumah manakala mereka bermain di daerah sekitar rumah dan lepas dari pengawasan saya. Sebab itu saya putuskan untuk mengebiri agar tidak terlalu jauh keluar rumah. Beberapa kali saya dibuat sedih krn kehilangan kucing hanya untuk dimakan orang :'(. Niat saya baik tak ada niat apapun. Dan hanya Allah saja yg tahu setiap hati manusia. Terimakasih untuk infonya. Semoga Allah mengampuni saya jika niat saya yg untuk menyelamatkan kucing peliharaan ini memang salah jalannya

December 7, 2016 at 5:38 AM

Aq sebenernya gak tega mo ngebiri kucing perempuan ku.. akan tetapi pilihannya jg lebih menyedihkan klo saja kucing itu smpe berhubungan intim dgn kucing lain dan smpe beranak.. krna jngan smpe aq gak sempet merawat krna aq jg kerja.. lagian proses hamil pasti gak sekali dua kali.. drpda nanti mengganggu tetangga kos dan aq buang di pasar anak2nya sm si induk alternatif satu2nya adlah di kebiri.. maunya aq pakin KB tp aq konsultasi ke Dokter hewan katanya tkut kena kanker lah lama kelamaan beresiko. Aq jg gak mau mengahalangi hewan yg lg birahi.. biar si hewannya jg aman dan bebas utk melampiaskan birahinya tnpa pusing buang2in anak2nya..

March 29, 2017 at 2:51 AM

Aku ada kucing nih ya, nah, beranak.. Rencana sblm baca hukum steril d google sih Aku mau hibahin k org gratis tp dg syarat steril 2 ato 3 kucing kampung liar k dokter hewan.. Soalnya kasian kalo liat kucing beranak di pasar gak ada yg ngrawat, gag sedikit jg mati gt aja.. Boleh gak ya kalo gt?

May 1, 2017 at 4:39 AM

jangan di kb.. banyak yg kb justru kna kanker malah keluar biaya lebih banyak.. lbih baik di steril aja sbelum kecolongan kucingnya bunting.

July 1, 2017 at 4:07 AM

Alah skrg gini aja. Kita niatnya baik. Baik buat kucing juga. Saya piara kucing dpt dr jalanan. Kucing yg butuh makan. 12 ekor di rumah dan 6 betina. 6 betina lahir misalkan 3 ekor dan ada jantan betina. 3 x 6 = 18 ekor lg nambah. Apa ga banyak? Rejeki buat makan kucing alhamdulillah cukup tp dgn 18 ekor apa ga tekor saya. Dibuang ga tega dan mati dibuang lebih ga tega. Buat kamu kamu yg anti steril or kebiri mau ga adopsi kucing" dan ksh makan kucing jalanan yg dibuang" orang? Think smart bro.

January 8, 2018 at 8:07 PM

Betul

January 21, 2018 at 9:19 PM

Kalau kebiri kucing jantan dgn tujuan supaya tidak pipis/spray sembarangan dan supaya si kucing tidak keluyuran karena lingkungan sekitar rumah banyak yg tidak suka kucing, dan jika kucing jantan pipis sembarangan ditakutkan najis jika ada sisa pipis tidak terlihat yg kelewatan saat dibersihkan. Kalau seperti ini kasusnya bagaimana ya? Mohon info

January 29, 2018 at 7:26 PM

Kalau begitu saya mau titip 33 ekor kucing di Rumah saya mas, mau? Dulu sblm saya steril mencapai 50an loh... Skrg bertambah Krn saya ambil kucing sakit lg dr jalanan. Jgn bicara gak boleh gak boleh kl g bs kasih solusi. Kl semua di negeri ini mau adopt 2kucing aja per rumah in shaa Allah g akan ada byk kucing terlantar. Turki negara yg sangat taat beragama saja melakukan sterilisasi yg bahkan hewan terlantarnya di lindungi negara yg mana di setiap sisi jalan ada food dispenser dan water dispenser hingga kucing di jalanan bs ttp aman g kelaparan

February 28, 2018 at 2:29 AM

Emang yang ngasih umur panjang karena steril mbak. Bukankah yang mem berikan umur itu yang menciptakan kucing itu.. bisa kah umur makluk itu bertambah. Sedangkan sudah tercatat semua di lauhul Mahfudz.

March 5, 2018 at 7:54 AM

bingung juga soal ini...kalau urusan "kalau ga dipiara, gimana mereka cari makan" kok ya jadinya keTAUHIDan kita yg gesrekm Krn rizki setiap mahluk serta takdir/kematian tiap mahluk sudah Allah gariskan.
Jadi inget nabi sulaiman yg kekayaannya blm ada tandingan ,minta ijin kasih makan mahluk laut aja ga sanggup lebih dari sehari😔😓 apa kalau seluruh manusia jd penyayang kucing lantas mampu menjamin makan mereka....

Tapi, ya kasian juga sama kucing2 yg suka dibully, ditendang, disiram air panas ,dll ...krn keburu sayang sama binatang satu ini

*dilema....kudu istikharah sepertinya. krn cuma Allah yg bisa tuntun kita....
Steril atau ngga

jazakumullah khairan katsiraa

June 14, 2018 at 3:04 PM

Kalo jaman dulu kucing masih jarang bro, jd gak penting dikebiri, penyakitnya juga mungkin cuma pilek, kalo sekarang kucing udah banyak, jadi kalo kena hama bisa nyebar imbasnya ke yg lain, jadi sebaiknya kucing yg sudah lebih dari 1 tahun di steril aja biar gak free sex, kasian kan banyak kucing janda suruh ngurus anak yg banyak

August 1, 2018 at 3:18 AM

Q jg pnya kucing jantan neh masi dilema steril atau ga

August 18, 2018 at 1:58 AM

sesama blog kucing, ditunggu kunbalnya

Lima Sembilan Cattery

Kunucats

August 29, 2018 at 11:22 PM

https://lungcattery.wordpress.com/2015/02/13/kontroversi-neutering-steril-pada-kucing/

Yang masih anti steril monggo kunjungi link di atas dan jawab pertanyaan2 yg ada di situ. Masih bilang kasian kalo disteril? Saya komen di sini di tahun 2018, dan di tahun 2018 terhitung ada lebih dari 10 kasus animal abuse.

Ada salah satu akun cat rescuer yang mengatakan bahwa dalam sebulan kucing2 yang mereka steril tidak sebanding dengan populasi yang terlantar dan beranak pinak di luaran sana. Monggo dipikirkan lagi.

October 17, 2018 at 2:43 AM

mmgnya kalo kita kasian harus kita tampung?
pemikiran macam apa itu?
berarti org yg gak nampung gelandangan tandanya gak kasihan sama gelandangan dong? hehehe
begini ya,
kita rajin sedekah ke mereka aja sudah termasuk peduli.
peduli itu gak harus menampung.
ke kucing liar pun kita bisa peduli dgn cara bersedekah memberi makan.

November 3, 2018 at 4:06 AM

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/comment/view/176/0/51082

happydomino is also the best and trusted Online Domino Poker site in Indonesia which has been proven by reputation and gained the trust of International Online gambling. Both the review of reputable poker sites and the quality of the games we provide do not need to be doubted. By providing the best service and providing assistance that is not complicated and we will provide an explanation that is as easy as possible so that you can easily understand it. We also provide playing tips and tricks so you can easily win in the best online gambling agent games in Indonesia. happydomino is guaranteed to be the fair play 100% online gambling site. There are no Robots in pure games Member vs Member. Our site is also equipped with the most sophisticated security system that is always updated on online gambling issues.

poker online

Welcome to AsetQQ.com, the Best and Most Trusted Indonesian Online Poker Site. AsQQQ provides 6 games that can be played in 1 User Id only. Online Poker, DominoQQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Live Poker, Ceme Keliling Games, using Indonesian real money
poker online

November 28, 2018 at 5:22 PM

Sebenernya mas tau ga sih di kebiri itu apa ?? Di kebiri itu di hilangkan 'biji' nya untuk jantan, dihilangkan rahimnya untuk betina. FYI, kucing masih bisa kawin/merasakan nikmat yg Allah berikan, tetapi mereka tidak akan bisa menghasilkan keturunan. Kucing2 saya yg sudah di steril. Mereka masih suka kawin kok. Dan sifatnya jadi lebih tenang gak meong2 mlem2, gak pengen kabur2an, gak berantem, jarang sakit, panjang umur, lebih manja, makan lahap, berat badan bertambah. Terbukti steril/kebiri itu lebih banyak manfaatnya.

February 15, 2021 at 6:28 AM

bandar judi bola online dengan layanan 24 jam yang siap membantu anda jika mengalami kesulitan. kunjungi kami di http://149.28.153.153/

March 12, 2021 at 3:48 AM

deposit minim dan angka kemenangan tinggi. gabung dan menenang bersama kami di bandar slot joker123 resmi dan terpercaya http://139.180.184.251/

August 6, 2021 at 4:44 AM

Agen Togel Online paling gampang menang dan banyak cashback !!! cuma di castle toto

October 31, 2021 at 4:59 AM

masukan untuk anda adalah sangat bagus Pragmatic 88

November 16, 2021 at 4:42 AM

Servicekan motor kamu di Bengkel Motor bekasi dan Dapatkan hasil terbaik kunjungi juga website kami http://www.bengkelmotorbekasi.com

November 29, 2021 at 1:00 AM

bergbaunglah disitus mpo slot online..

http://139.162.43.253/

January 6, 2022 at 9:14 PM

mpo slot aman dan terupdate.

http://139.162.43.253/

January 9, 2022 at 2:14 AM

raih kesempatan besar disitus bandarqq..

http://45.77.174.216/

January 10, 2022 at 12:43 AM

hkpools menyediakan berbagai jenis permainan game online.

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger