Kutu kucing dan penanganannya secara alami

Wednesday, January 9, 201329comments

kutu kucing
Kutu kucing atau biasa orang sebut dengan tungau (sebenarnya tungau lebih tepat masuk keluarga laba-laba daripada keluarga kutu) adalah salah satu penyakit yang menyerang kucing yang cukup merepotkan. Perkembangbiakannya tergolong cukup cepat dan menyiksa bagi si kucing.
Kutu kucing dapat menyebabkan bulu rontok, penyakit kulit pada kucing, dan juga beberapa penyakit lain. Dan dulu, waktu saya mau mem-vaksin untuk pertama kali kucing persia saya, kata dokter saya disuruh menunggu seminggu lagi setelah si kucing dimandikan dengan shampoo anti kutu, karena kutu kucing nya masih banyak. 
So, menurut perkiraan saya sendiri, kucing yang banyak kutunya itu tidak boleh mendapatkan vaksinasi yang pertama. Kalau kucing tidak bisa segera divaksin artinya kucing rentan terkena berbagai penyakit. Sehingga mengatasi kutu kucing adalah langkah paling awal dari merawat kucing. Ya atau Tidak???
Sekali mandi kutu tuh dulu saya bayar 35 ribu rupiah. Itu pun tidak sekali mandi, kutu si kucing langsung punah. Masih ada mandi kutu yang kedua lagi. Lumayan menguras kantong kan??? Namun setelah browsing di internet, ternyata ada cara murah, alami dan cukup ampuh untuk menangani kutu kuicng. Yaitu dengan menggunakan minyak telon.
Terus terang saya belum mencobanya sendiri. Namun menurut sumber yang kami dapat, cara tersebut merupakan rekomendasi dari seorang dokter hewan senior yang bernama drh. Sutarman. Msc. So, saya pikir mungkin anda perlu mencobanya.
Menurut beliau, anda hanya perlu mengoleskan minyak telon ke tubuh si kucing (hindari bagian kepala) 2x seminggu untuk yang pertama kali. Setelah pengolesan yang kedua tersebut, anda hanya perlu melakukannya lagi sebulan sekali sebagai perawatan dan pencegahan kutu datang lagi.
Saat si kucing diolesi minyak telon, kucing akan terlihat tidak nyaman, kehangatan, lalu merasa kedinginan. Itu terjadi karena minyak telon tengah bereaksi terhadap kutu kuicng sehingga si kutu bakal kelimpungan dan membuat kucing merasa agak geli.
Setelah itu, ketika buang kotoran, kotoran kucing akan lembek, tidak keras seperti kucing sehat pada umumnya. Menurut penuturan sang dokter itu terjadi karena racun-racun dalam tubuh kucing ternetralisir oleh minyak telon. Sehingga dengan menggunakan minyak telon, ada 2 manfaat yang didapat. Pertama kutu kucing hilang, dan kedua racun dalam tubuh kucing keluar. Anda berminat mencobanya??? ^_^

Referensi : kucing cattery
Share this article :

+ comments + 29 comments

July 22, 2013 at 11:59 PM

Apa yakin itu cara yg aman

November 1, 2013 at 11:52 AM

kalau kucing jilat-jilat badannya, ada gak papa sisa minyak telonnya termakan sama kucingnya? kalau lagi hamil gimana, boleh dipraktekkin juga gak?

Anonymous
December 6, 2013 at 2:38 PM

sebaiknya jangan dilakukan pd kucing hamil atau kucing yg kurus tidak sehat karena rasa panas yg berlebihan oleb minyak telon bisa memperburuk kondisinya jika tidak kuat, sedangkan jika dijilat tidak apa2 masih aman karena konsentrasinya tidak berlebihan. Jika kucing lari meronta2 akibat terlanjur kepanasan yg berlebihan misal kena minyak tanah segera mandikan dg air sabun (bisa pakai sabun cuci baju atau detergen asal yg tidak mengandung soda api) utk menetralisirnya (hindari soda api karena bersifat panas)

January 3, 2014 at 9:10 PM

Kucing nya ga nyaman kehangatan atau kucing nya merasa panas? Soalnya saya gabisa melihat kucing saya sakit pasti langsung panik. Lalu minyak telon nya tdk boleh dipake in ke kepala? Gimana kalo dikepala belakang? Soalnya saya melihat kutu nya dibagian kepala.

January 7, 2014 at 2:16 AM

bulunya bakal rontok ga ya kalo saya pakaikan ke kucing sya? takutnya jadi rontok kalo saya mau coba praktekan

March 4, 2014 at 7:47 AM

Kalo dipraktekin ke kitten yg usianya dibawah 1 bulan boleh nggak ya?, bls pliiis :D

March 23, 2014 at 4:10 PM

coba tes ke kucing kampung dlu ...
barang x bnr yg dia bilang.....

April 25, 2014 at 2:53 AM

Minyak telon apa aja kan ?.. Setelah itu bagaimana kita bisa tau kutunya akan mati / hilang ??? apakah kutunya akan mabuk dan jatuh kelantai ???

August 27, 2014 at 1:27 AM

sedikit menambahkan :)

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing
Ada cara alami loh menghilangkan kutu kucing, tanpa hrs menggunakan obat kutu berbahan kimia (seperti : obat tetes, bedak, shampoo dan lain sebagainya). Yaitu dengan cara mengoleskan minyak telon atau minyak tawon ke bulu dan badan kucing kita. Bisa secara merata, atau cukup di daerah dimana kutu sering menghinggap (sekitar telinga, leher, ketiak, kaki dan sebagainya)

Penggunaan ini terbilang cukup aman, bahkan sangat aman, sekaligus jg bs membuang racun-racun tubuh yang ada dalam tubuh kucing kita. Cara ini digunakan berdasarkan saran dari drh. Sutarman. Msc.

drh. Sutarman.Msc merupakan dokter hewan senior yang kaya akan pengalaman. Jadi mudah bagi saya utk mempercayai apa yang ia sarankan. Bagaimana tidak? beliau pernah menjabat sebagai kepala dinas peternakan di Irian (skrg Papua), kepala kebun binatang Ragunan dan satu keluarga (dari bapak, sampai adik-adiknya) hampir dokter hewan semua. Jadi intinya sulit bagi saya untuk tidak mempercayainya, setelah melihat rentetan pengalaman kerja yang ia miliki.

Menurut drh. Sutarman, minyak telon adalah bahan penghilang hama yang paling alami dan aman bagi tumbuhan dan binatang. Dan resep ini telah digunakan sejak zaman Belanda masih menjajah, secara zaman dulu itu tidak ada obat-obatan penghilang hama yang berbau kimiawi.
Menurutnya, minyak kayu putih/ telon/ tawon kalau dihirup pernafasan kita, tidak akan membahayakan kesehatan kita (malah jadi sehat), berbeda dengan obat nyamuk semprot yang biasa kita gunakan. Dengan menggunakan minyak kayu putih/ telon/ tawon, kita pun bisa mengusir nyamuk, lalat, atau hama lainnya, tanpa harus membunuhnya... Jadi ng perlu nambah dosa pikir saya waktu itu

Mungkin, ada beberapa dari kucing kita yang cocok menggunakan obat penghilang kutu secara kimiawi, tapi tidak sedikit juga dari kucing kita yang tidak cocok dengan penggunaan obat kutu, yang sekarang marak beredar.

Berapa banyak dari kucing kita yang punya kasus keracunan bedak kutu? Berapa banyak dari kucing kita yang muntah-muntah setelah dimandikan dengan shampoo kutu? Berapa banyak dari kucing kita yang merasa alergi, gatal-gatal, atau mengarah ke penyakit yang akan diketahui setelah pemakaian jangka panjang, akibat ditetesi obat kutu di punuk-nya?

Mungkin tidak banyak... tapi tetap masih ada yang tidak cocok dengan penggunaan bahan kimiawi yang diberikan kepada kucing kita. Kalaupun cocok, saya mohon dengan sangat kepada kita untuk menanyakan diri kita masing-masing

Apakah penggunaan bahan kimiawi itu sama sekali tidak mempengaruhi kesehatannya dalam jangka waktu yang pendek dan panjang? Apakah kita sanggup, mengolesi bahan kimia yang akan dijilat oleh kucing kesayangan kita? Apakah kita sanggup, memasukkan benda asing ke dalam darah kucing kita dengan meneteskan sesuatu ke darah lewat punuknya?

Untuk pemakaian awal, 2 hari sekali selama 1 minggu. Setelah itu cukup 1 bulan sekali untuk perawatan.

Dampak yang ditimbulkan setelah pemakaian minyak telon atau tawon kepada kucing adalah, kucing merasa tidak nyaman dengan baunya, sedikit hangat lalu kedinginan. Namun itu semua hal yang wajar, karena manusia juga merasakan hal yang sama bila habis memakai minyak telon/ tawon. Setelah itu, keluarlah racun-racun dari dalam tubuh kucing kita, seperti buang air, dan pup sedikit lembek. Kutu-kutu pun lenyap seketika, sesaat kia mengoleskan minyak telon/ tawon ke tubuh kucing kita.

March 14, 2015 at 3:41 AM

Kalau buat kitten bisa gk ya?? Soalnya kittennya suhu badannya dingin, trus ada kutunya??

May 3, 2015 at 10:36 PM

Baby kitten bisa ga yah , kasian ketepa sm mommy'a

July 28, 2015 at 9:42 PM

lek tak coba ntr kucingku mati gmn?

November 18, 2015 at 11:22 PM

Sedang mencuba dan ada nampak penghasilahnnya.
Bagus tips ini, sekurang-kurangya menyelamatkan kucing dari tempias bahan kimia yang bahaya. (Biasanya ubat titis kutu kucing mempunya jumlah kimia yang tinggi).

December 18, 2015 at 5:47 AM

Kutu kucingnya ada di atap rumah . Gmana basminya ??

December 28, 2015 at 12:07 PM

Kebiasaan d rmh sya klo kucing abis d mandi in tts d kering in pake minyak telon sama bedakin trs d sisir in deh..
Brawal kucing ny masih anak, maksud ny pake minyak telon biar anget.. Kaya bayi manusia..

January 20, 2016 at 5:08 AM

Nice info. Mau aku coba deh

February 28, 2016 at 4:32 AM

sya udh coba pada anak kucing persia .pas ga lama agak gelisah.induknya jg sya ksih dikit di hidungnya biar pas bau in anak nya dia berubah..alhamdulillah gpp







February 28, 2016 at 4:33 AM

sya udh coba pada anak kucing persia .pas ga lama agak gelisah.induknya jg sya ksih dikit di hidungnya biar pas bau in anak nya dia berubah..alhamdulillah gpp







February 29, 2016 at 8:09 AM

Kucing saya kitten ini...cara ngsih minyak telonnya itu tipis2 aja atw kaya ngsh mandi gtu.mksd saya ngsh nya sampe basah gtu ya ?

February 29, 2016 at 8:02 PM

Kucing saya kitten ini...cara ngsih minyak telonnya itu tipis2 aja atw kaya ngsh mandi gtu.mksd saya ngsh nya sampe basah gtu ya ?

April 19, 2016 at 9:43 AM

thanks informasinya semua :)

July 5, 2016 at 1:01 AM

terima kasih atas sarannya

July 18, 2016 at 12:36 AM

drh. Sutarman
drh. , Master of Surgery (M.S.)
Veterinary Surgeon , 41 Years Experience

Drh. Sutarman is a Veterinary Surgeon in Menteng, Jakarta and has an experience of 41 years in this field. drh. Sutarman practices at PRAKTEK BERSAMA DOKTER HEWAN SUTARMAN Cs in Menteng, Jakarta. He completed drh. from Bogor Institute of Agriculture, Indonesia in 1977 and Master of Surgery (M.S.) from Indonesia University in 2005.

He is a member of Association of Indonesia Veterinary Madecine,(PDHI) Branch of DKI Jakarta. Some of the services provided by the doctor are: Home Visits, Veterinary Surgery, Vaccination, Pet Grooming and Veterinary Treatment etc.

July 30, 2016 at 5:55 AM

Jika pada kitten gimana ya? Ketular mommy nya. Ada yg pernah nyoba pakai mintak telon pda kitten? Gmna hasilnya

August 4, 2016 at 8:16 AM

Awal nya bingung liat kucing baru usia 36 hri ada kutu nya. Mau di mandiin,masih blum cukup usia nya. Searcng2 dan nyoba panduan dny. Alhmdullah, skrg udah gag kutuan,
Setelah di beri minyak telon,jgn lupa disisirin pke sisir kutu. Kalo merasa sudah cukup di sisir. Oleskan bedak ghonson dan di sisir kembali. Agar bulu kucing tetap terlihat indah 🗻

September 11, 2016 at 12:32 PM

saya berpikir kenapa ya hewan itu bisa pny kutu dan bagaimna cara untuk menghindari nya sedangkan kucing tidak sepintar manusia ???

togel singapura

October 2, 2016 at 10:49 AM

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

January 25, 2018 at 9:17 PM

Kalau untuk menghilangkan tungau Lynxacarus radovskyi yg menempel dibulu2 kucing gimana..
Apa bisa pakai minyak telon juga.
Ciri nya seperti garam atau merica yg ditabur kan
Warna hitam kecoklatan.
Itu banyak banget dibulu2 kucing saya.
Seperti telur2 kutu.
Tolong yaa kk info bagi yg tau gimana cara membasmi nya.
Makasih

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger