Hukum Islam tentang air liur dan tubuh kucing

Wednesday, January 16, 20132comments

Hukum Islam tentang air liur dan tubuh kucing
Hukum Islam tentang air liur dan tubuh kucing menurut sebagian besar ulama adalah "tidak najis". Hanya Abu Hanifah yang sedikit mempermasalahkan hal ini. Sedangkan ulama yang lainnya dengan tegas mengatakan kalau liur kucing itu "tidak najis". Berikut ini adalah beberapa riwayat yang membahas tentang hukum liur dan tubuh kucing menurut agama Islam :
“Kucing itu tidak najis. Kucing adalah binatang yang sering berkeliaran di tengah-tengah kalian.” (HR. Ahmad, Nasai, Abu Daud, Turmudzi, dan dishahihkan al-Albani).
Riwayat yang paling jelas menerangkan kalau liur kucing itu tidak najis adalah riwayat dari istri Nabi yaitu Aisyah. Dalam sebuah kejadian yang diriwayatkan oleh Abu Daud, beliau mengatakan bahwa :
“Saya melihat Rasulullah berwudhu dengan air sisa minum kucing.” (HR. Abu Daud dan dishahihkan al-Albani).
Sementara itu dalam Asy-Syarh al-Kabir, 1:312, dipaparkan bahwa liur dari kucing serta binatang lain yang ukurannya lebih kecil darinya seperti tikus, musang, bahkan binatang melata, hukumnya adalah "suci". Mereka juga menegaskan kalau mereka tidak mengetahui kebenaran akan ada atau tidaknya perselisihan dalam Mahzab Hambali dalam menegaskan hukum tersebut.
Ditegaskan bahwa mayoritas ulama entah itu dari kalangan Sahabat, Tabiin, atau ulama setelahnya setuju jika air sisa minuman kucing itu "suci", sehingga boleh digunakan untuk minum, wudhu, dan hukumnya tidak makhruh. Hanya Abu Hanifah saja yang berpendapat bahwa berwudhu dengan menggunakan air yang bekas diminum oleh kucing hukumnya "Makhruh", meskipun demikian wudhu-nya tersebut masih dianggap "syah".

Demikianlah uraian yang disampaikan oleh Ustadz Ammi Nur Baits yang merupakan Alumni Madinah International University, Jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh yang kami kutip dari situs konsultasisyariah.com. Alangkah baiknya jika anda langsung mengunjungi situs tersebut saja biar lebih jelas. Takutnya saya nanti telah salah me-rewrite tulisan beliau sehingga ada kalimat yang artinya kurang pas. Baca juga Hukum Islam tentang Mengebiri Kucing. Semoga bermanfaat. ^_^
Share this article :

+ comments + 2 comments

July 10, 2013 at 2:15 AM

asalamualaikum tolong ya coment ku dijawab,benar tidak kalau kita menggelus2 kucing tensi darah yg sebelumnya tinggi menjadi rendah?plis dijawab,asalamualaikum

July 10, 2013 at 3:58 PM

Wa'alaikummussalam Warohmatullohi Wabarokatuh, menurut penelitian
memelihara kucing memang dapat menurunkan kadar stress dan menenangkan
penderita darh tinggi. Kucing yang tidur di pangkuan kita dapat
memberikan rasa aman dan nyaman tidak hanya bagi si kucing sendiri,
tetapi pada manusianya jga. Mungkin hal ini karena secara insting kita
merasa menjadi seorang yang lebih kuat yang melindungi si kucing.
Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini
http://kucinggue.blogspot.com/2012/12/fakta-unik-tentang-kucing-peliharaan.html
Semoga bermanfaat... ^_^

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger