Apa itu Neutering dan Spaying???

Tuesday, January 29, 20131comments

Apa itu Neutering dan Spaying???
Neutering atau Spaying merupakan sebuah tindakan penghilangan organ reproduksi pada hewan. Dalam istilah kita lebih dikenal dengan nama "kebiri". Namun dalam bahasa Inggris "pengebirian" dipisahkan dalam 2 istilah yang berbeda yaitu neutering (untuk hewan jantan) dan spaying (untuk hewan betina).
Neutering merupakan pengangkatan testis pada hewan jantan. Pada kucing jantan biasanya dilakukan hal ini untuk menekan perilaku buruk si kucing seperti keagresifannya, dan kebiasaannya menandai wilayah, serta mencegah kecenderungannya bertarung dengan kucing lain. Selain tentunya untuk mencegah si kucing menghamili kucing betina. Untuk burung, terkadang hal ini dilakukan untuk meningkatkan nilai jualnya.
Spaying adalah operasi pengangkatan ovarium dan uterus atau salah satunya dari rahim hewan betina, agar hewan tersebut tidak dapat melahirkan lagi. Tujuannya tentu saja agar populasi hewan tersebut tidak berlebihan.
Hewan-hewan yang paling sering mendapatkan perlakukan ini adalah kucing dan anjing, karena keduanya merupakan hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Tujuan dari neutering atau spaying ini adalah untuk mencegah agar populasi hewan peliharaan tidak membludak serta untuk menghilangkan beberapa perilaku buruk yang biasanya ditimbulkan karena meningkatnya hormon testosteron (terutama pada pejantan).
Dalam beberapa kasus, pengebirian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual, seperti pengebirian pada burung. Sedangkan pengebirian pada hewan ternak seperti sapi dan dan kambing, tujuannya biasanya untuk meningkatkan kualitas dagingnya.
Proses pengebirian ini memang masih terdapat pro kontra. Beberapa pecinta binatang menganggap pengebirian (terutama pada kucing dan anjing) adalah sebuah bentuk monopoli dari sebuah bisnis, karena pemilik kucing/anjing diminta untuk mengebiri peliharaan mereka, sementara para breeder terus mengembangkan jenis kucing/anjing ras baru dan dijual dengan harga yang mahal. Dengan kata lain, "pengebirian" mereka anggap sebagai cara agar orang selalu membeli kucing/anjing baru jika anjing/kucing lama mereka mati dan tidak punya anak.
Namun tidak sedikit juga yang menyetujui praktek neutering/spaying ini. Dengan alasan, perilaku hewan piaraan mereka menjadi lebih stabil. Dan bagi anda yang beragama Islam, anda bisa membaca hukum mengebiri kucing menurut pandangan Islam.

Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 1 comments

November 21, 2013 at 6:18 PM

artikelnya bagus-bagus.. :D

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger