Apa itu Nystagmus pada kucing???

Sunday, January 20, 20130 comments

Spangles, kucing yang bermata juling
Nystagmus atau strabismus merujuk pada kondisi mata juling atau bola mata bergetar. Dimana arah bola mata tak normal (satu ke kiri satunya ke kanan atau ke mengarah tengah semua) atau bola mata bergerak tak terkendali seperti bergetar.
Kondisi Nystagmus pada kucing dapat terjadi pada dua mata sekaligus ataupun hanya pada salah satu bola mata saja. Salah satu penyebabnya adalah luka atau penyakit pada bagian mata yang mencederai sistem vestibular. Kerusakan pada syaraf mata atau adanya penyakit yang menyerang bagian dalam telinga dapat membuat mata jadi tidak seimbang, sehingga terjadilah mata juling atau mata bergetar.
Untuk mendetaksi apakah kucing anda mengalami nystagmus atau tidak, cara cukup gampang. Anda tinggal melihat bola mata si kucing. Lihat apakah bola matanya juling atau tidak. Lihat pula pergerakan bola matanya, umpama waktu melirik ke kiri agak lampat tetapi tiba-tiba balik ke kanan dengan cepat, kemungkinan besar kucing anda mengalami nystagmus.
Ras kucing domestik yang memiliki kecenderungan besar untuk terserang kelainan ini adalah kucing ras Siamese, kucing Himalayan, dan flame-point Persian. Khusus bagi kucing Siamese, kondisi mata juling disebut juga dengan nama medial atau convergent strabismus.
Lalu apa yang harus anda lakukan jika kucing anda menderita nystagmus??? Jika kucing anda juling karena bawaan sejak lahir, maka anda tidak perlu melakukan apa-apa, karena itu tidak mempengaruhi penglihatannya. Biarlah itu menjadi kelebihannya. Lihat saja Spangles, justru karena mata julingnya, dia menjadi kucing yang sangat terkenal di internet. Namun jika kondisi tersebut terjadi karena pernah cedera atau karena penyakit, maka mungkin dokter hewan anda akan memberikan pengobatan anti-inflammatory.
Yang dapat anda lakukan agar kucing anda tidak memiliki kondisi mata juling adalah, selektif dalam memilih anak kucing yang akan anda adopsi. Karena jika kondisi tersebut adalah penyakit turunan, maka kemungkinan besar akan menurun juga pada kucing generasi berikutnya.

Referensi  : healthypetu
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger