Mengenal Kucing Australian Mist, kucing yang paling suka tidur di pangkuan

Saturday, January 5, 20130 comments

Mengenal Kucing Australian Mist, kucing yang paling suka tidur di pangkuan
Kucing Australian Mist merupakan ras kucing yang dikembangkan oleh Dr. Truda Straede sejak tahun 1976 di Australia. Dulunya kucing ini lebih dikenal dengan nama Spotted Mist. Kucing ini ras baru ini merupakan hasil persilangan dari Kucing Burmese, Abyssinian, dan beberapa kucing berbulu pendek lainnya.
Tujuan dari pengembangbiakan ini adalah untuk menghasilkan sebuah ras kucing dengan corak bulu tutul, dan lahirlah kucing Australian Mist ini. Nama kucing ini diubah dari Spotted Mist menjadi Australian Mist sejak 1998, ketika beberapa kucing yang bercorak "marble" bukan tutul (spotted) juga dimasukkan sebagai bagian dari kucing ras ini.
Kucing ini merupakan kucing berukuran medium dan berbulu pendek. Terdapat 3 tingkatan pola bulu pada kucing jenis ini yaitu ; ground colour (warna dasar), paler than pattern (lebih pucat dari pattern);  dan pattern (lebih cerah dari warna dasar).
Kucing Australian Mist disebut sebagai hewan piaraan yang sempurna untuk anak-anak segala usia karena mereka cenderung sangat toleran terhadap sentuhan, serta tidak suka mencakar. Kucing ini juga cenderung lebih suka berada di dalam rumah saat malam hari. Sehingga sangat cocok dipelihara oleh oraang-orang yang tinggal di wilayah Australia yang terkena jam malam kucing untuk melindungi satwa asli Australia.
Hoby mereka tiduran dipangkuan orang di dekatnya, meski tanpa diminta, membuat mereka menjadi binatang yang berkesan penuh kasih sayang. Mereka juga dapat menjadi teman yang baik bagi hewan-hewan peliharaan lain, termasuk beberapa jenis anjing. Dan kucing Australian Mist yang benar-benar bagus akan dengan cepat menjadi bagian dari keluarga besar anda.
Karena ras kucing ini masih tergolong baru, kebanyakan peternakan kucing Australian Mist berada di Australia, dan sebagian kecil sudah ada di Inggris. Meskipun demikian, pemelihara kucing ras ini juga sudah menyebar ke Amerika dan beberapa negara lainnya. Mungkin juga Indonesia.
Peternak kucing Inggris pertama yang membiakkan kucing Australian Mist bernama Mary Stuart. Dia membeli 2 ekor kucing Australian Mist yang tengah hamil pada februari 2007. Kemudian pada bulan Agustus di tahun yang sama diimpor juga seekor pejantan dan seekor betina lagi. Dan 2 tahun kemudian jumlahnya tercatat ada setidaknya 100 ekor kucing Australian Mist di Inggris.
Ras kucing ini mendapatkan status "championship" atau boleh ikut dalam kontes, di Inggris sejak Oktober 2011 oleh Governing Council of the Cat Fancy (GCCF). Sedangkan di Australia sendiri konon kucing Australian Mist sudah merayakan 20 tahun status "championship" pada tahun 2006
Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger