Kucing putih itu tuli, mitos atau fakta???

Wednesday, January 9, 20134comments

gambar-kucing-putih
Kucing putih menurut sebagaian orang pastilah kucing tuli. Apakah benar demikian??? Sebenarnya itu adalah salah satu mitos kucing putih. Pada kenyataannya kebanyakan kucing yang berwarna putih memang membawa beberapa cacat genetik. Namun tidak semua kucing putih itu tuli, karena 95% kucing putih sebenarnya tidaklah putih total. Yang pasti adalah setiap kucing yang baru lahir itu pasti tuli.
Dalam masa pembuahan kucing di dalam rahim, sel tapetum lucidum (mempengaruhi warna mata), sel pigmen (mempengaruhi warna kulit), dan sel selaput telinga berkembang dari sel yang sama. So, ketiga jaringan tersebut (warna mata, warna bulu, dan jaringan pendengaran) memang berkaitan. Maka dari itu, jika salah satu sel, misalnya sel pigmen tidak berkembang dengan baik, kemungkinan besar 2 sel lainnya juga berkembang tidak baik.
Namun perlu anda camkan, bahwa kucing berbulu putih tidak selalu berarti kucing albino. Binatang albino itu biasanya memiliki mata berwarna pink. Sementara kucing putih tidaklah pasti demikian. Sehingga belum tentu kucing berbulu putih itu punya ketidak normalan pigmen yang berarti jaringan telinganya juga tidak normal.
Sel Tapetum yang tidak berkembang dengan baik akan membuat mata kucing berwarna biru. Biasanya yang berwarna mata biru pastilah mempunyai bulu berwarna putih. Dengan demikian kucing ini juga punya khans besar untuk menderita tuli. Terutama yang kedua matanya berwarna biru. 
Untuk kucing Odd-eye yang berbulu putih, kemungkinan besar telinga dibagian yang sama dengan matanya yang berwarna biru menderita tuli. Namun untuk kucing Odd-eye yang tidak berwarna putih polos, kecenderungan tersebut tidak terjadi.
Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
  • Hanya ada sekitar 5% kucing yang murni berbulu putih. 95% sisanya pastilah ada warna lainnya, meski sedikit.
  • 15-40% dari kucing putih murni tersebut mempunyai mata biru, entah itu salah satu atau dua-duanya.
  • 60-80% dari kucing putih yang memiliki dua mata biru adalah kucing tuli.
  • 30-40% kucing putih odd-eye (salah satu warna matanya biru) menderita tuli pada salah satu telinganya.
Jadi, pada intinya, hanya kucing putih yang memiliki dua mata berwarna birulah yang paling rentan membawa cacat tuli. Itupun hanya sekitar 60-80% saja. So, tidak semua kucing putih itu tuli. ^_^

Referensi : kucingkita
Share this article :

+ comments + 4 comments

January 7, 2016 at 5:50 PM

Terimakasih banyak informasinya...
Obat gondok pada ibu hamil
Obat Wasir Berdarah Pada Ibu Hamil

February 14, 2016 at 11:20 PM

SEGERA JUAL KUCING MURAH http://olx.co.id/iklan/jual-kucing-cat-ter-murah-IDfXR8f.html

February 14, 2016 at 11:21 PM

SEGERA JUAL KUCING MURAH http://olx.co.id/iklan/jual-kucing-cat-ter-murah-IDfXR8f.html 02150176030 03133001724 BOS RYAN

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger