Crystal, lahir dari rekayasa embrio untuk menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan

Tuesday, January 1, 20130 comments

Crystal, African Black-Footed cat yang lahir dari rekayasa embrio
Crystal, nama kucing yang ada pada gambar di atas, mungkin terlihat seperti kucing biasa. Namun pada kenyataannya, dia adalah pemegang kunci penting dari kelangsungan hidup spesiesnya yang sudah terancam punah yaitu African Black-Footed cat (Kucing Afrika berkaki hitam).
Kucing ini lahir melalui proses pembuahan yang tidak biasa. Dia lahir dari penanaman embrio Kucing Afrika berkaki hitam ke dalam rahim seekor kucing domestik. Lima buah embrio IVF ditanamkan dalam rahim seekor kucing domestik dan melahirkan Crystal di Audubon Centre for Research of Endangered Species di New Orleans, Amerika Serikat. African Black-Footed cat sendiri merupakan spesies kucing Afrika paling kecil dan yang paling langka. Mereka digolongkan sebagai hewan yang rentan dan terancam habitatnya.
Crystal memang lahir pada 6 Februari 2012, tetapi dia berasal dari sperma yang dibekukan sejak tahun 2003. Dan pada tahun 2005 sperma tersebut dicairkan dan dikawinkan dengan sel telur untuk memproduksi 11 embrio. Baru 7 tahun kemudian, tepatnya 2 Desember 2011, 5 dari embrio tersebut ditanamkan ke dalam rahim seekor kucing domestik yang bernama Amelie. 67 hari kemudian seekor kucing betina lahir dan diberi nama Crystal.
"Seperti halnya teknologi unggulan dibidang lainnya, ilmu reproduksi ini digunakan untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah sejak Audubon Centre for Research of Endangered Species dibuka tahun 1996." ungkap Ron Forman, Presiden dari Audubon Nature Institute.

Referensi : dailymail
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger