Tips Merawat Kucing Persia

Sunday, January 6, 20138comments

gambar kucing persia abu-abu
Merawat kucing Persia itu gampang-gampang susah. Terutama untuk masalah bulunya. Karena bulunya panjang dan lebat, kita jadi harus sering-sering memandikannya. Mungkin kita bisa melarang si kucing jalan-jalan di luar rumah agar bulu kucing tidak kotor. Namun saya rasa itu sudah cukup untuk disebut sebagai "merampas hak kebebasan seekor hewan". ^_^
Nah, oleh karena itu kami berusaha untuk meramu tips merawat kucing persia yang berdasar dari info-info yang didapat dari internet dan juga pengalaman saya sendiri yang dulu juga pernah memelihara kucing persia. Berikut ini adalah cara merawat kucing Persia yang berhasil kami susun :
  • Yang paling dasar adalah, rajin-rajin menyisir bulu si kucing. Bulu kucing persia sangat lebat dan panjang, serta kemampuan membersihkan bulunya sendiri juga pasti ada batasnya. So, setidaknya sekali sehari anda harus menyikat bulu kucing cantik ini.
  • Meski tiap hari disisir, setidaknya 2 minggu sekali kucing persia anda harus dimandikan, jika kucing anda selalu berada di dalam rumah. Namun jika kucing anda suka beraktifitas di luar rumah, mungkin anda perlu lebih sering memandikannya, Sekali seminggu lah paling tidak.
  • Dulu saya pikir hanya kucing persia saya saja yang "belekan", ternyata kebanyakan kucing persia memang punya masalah dengan matanya. So, jika melihat mata kucing sering mengeluarkan kotoran (terutama pada pagi hari) sebaiknya anda segera membersihkannya dengan tisu mata yang sesuai, karena jika tidak segera dibersihkan, kotoran mata yang jatuh ke area hidung dan mengering akan mengganggu sistem pernafasan si kucing pesek ini.
  • Meskipun kebanyakan kucing memang menyukai kebersihan, tetapi sepertinya kucing persia lah yang paling mengharapkan kebersihan. Anda harus rajin-rajin membersihkan kandangnya. Setidaknya setiap hari anda harus membersihkan kotak pasirnya (baca tips membersihkan kotak pasir) dan mencuci kandangnya seminggu sekali. Sebaiknya anda meletakkan kandang si kucing di kamar tersendiri yang sinar matahari pagi atau sore dapat masuk, sehingga si kucing dapat sesekali berjemur.
  • Untuk makanannya, cukup beri kucing ini cat food saja. Konon kalau memberinya daging atau ikan justru akan mengganggu pertumbuhan bulunya. Selain itu, jangan sampai kucing kesayangan anda tersebut makan kecoa. Karena kucing persia saya mati setelah makan kecoa.
  • Dan yang paling penting adalah jangan lupa melakukan vaksinasi kepada si kucing setelah si kucing berumur 3 bulan. Ikuti saja saran dokter tentang vaksinasi apa saja yang perlu dilakukan. Kalau dulu saya disarankan untuk melakukan vaksinasi sebanyak 3 kali dalam tahun pertama.
Memang terdengar sangat merepotkan memelihara kucing persia itu. Namun dengan perawatan yang tepat si kucing akan dapat hidup dengan lebih sehat dan panjang umur serta penampilannya akan selalu terlihat menawan. Mungkin anda juga tertarik untuk mengunjungi Galeri Foto Kucing Persia atau mengenal lebih mendalam mengenai karakteristik kucing Persia.
Sekian Tips merawat kucing Persia yang berhasil kami himpun. Jika ada kekurangan atau hal-hal yang tidak sesuai mohon tambahannya, karena pengalaman tiap orang pasti berbeda-beda. Namun semoga saja Tips merawat kucing Persia dari kami dapat membantu anda. 
Share this article :

+ comments + 8 comments

March 13, 2013 at 9:48 AM

bro kucing persia gw suka ga bisa diem klo di bersihin matanya, dan gw udah bersihin matanya tp bulunya masih cokelat kucing persia gw warnanya abu2 dan putih itu gimna ya biar bulunya yg terkena air matanya biar warnya cokelatnya ilang dan bersih kelihatanya thx b4

March 20, 2013 at 8:18 PM

kalo gue dulu ngebersihin kotoran matanya pake tisu dan air anget...
emang susah diem kalo megangnya kurang nyaman bagi si kucing...
Persi memang banyak nangis, apalagi yang masih anakan, tapi biasanya noda bekas air mata akan pudar sendiri kalo bulu matanya udah kering, keliatan cokelatnya cuma klo sedang basah abis di lap aja...

April 8, 2013 at 10:16 AM

apakah ada shampo khusus yang harus digunakan untuk merawat kucing persia

April 9, 2013 at 12:48 AM

kalo shampoo khusus kucing emang ada Sob... banyak kok di Petshop...

April 11, 2013 at 5:37 AM

gue punya kucing persia 8 nih, ada yang berniat mau beli nggak?

May 17, 2013 at 10:35 PM

kucing persia saya ga makan2 udh 1 minggu,... minta tips nya dong gan, biar kucing saya nafsu makan

July 14, 2013 at 3:49 AM

Kalau saya pakai shampoo "I'm organic" gan buatan lokal indonesia. Sudah saya coba dan memang hasilnya bagus.
Tp saya kasih bocoran nih. Persia sebaiknya jangan sering dimandiin. Apalagi kelitnya tergerus shampoo trs. Bisa2 bulunya gampang rontok. Kalo dilihat kotor saja baru dimandiin. Saya punya 2kucing, 1 yg ruTin dimandiin. Dan 1nya jarang bgt, dan terbukti Kucing saya yg cuma 3bulan sekali saya mandiin justru bulunya bagus dan ga rontokan, beda dengan kucing 1nya yg rutin saya mandiin.

February 27, 2014 at 9:37 PM

Kak kucing persia aku kalo dikasih makan Royal Canin ko muntah ya ? Itu kenapa ya ? Russ

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger