Jenis kucing liar langka yang hidup di Indonesia

Wednesday, January 9, 20133comments

Jenis kucing liar langka yang hidup di Indonesia
Jenis kucing liar yang hidup di wilayah Indonesia cukup banyak jumlahnya. Mulai dari jenis kucing besar seperti Harimau Sumatera, Harimau Jawa, dll hingga jenis kucing kecil seperti Blacan, semua hidup dengan populasi yang mengkhawatirkan di Indonesia.
Adalah tugas kita seharusnya yang telah mewarisi tanah dengan beranegaragam satwa di atasnya ini untuk merawat dan menjaganya. Dan karena tak kenal maka tak sayang, maka saya akan mencoba mengenalkan jenis-jenis kucing liar langka yang hidup di wilayah Indonesia. Jenis-jenis kucing berikut ini adalah jenis-jenis kucing berukuran kecil hingga medium. Sehingga Harimau tidak saya masukkan.

Kucing Hutan/Blacan
gambar kucing blacan
Kucing ini memiliki berbagai nama yang berbeda di setiap wilayah di Indonesia seperti meong congkok, macan akar, macan rembah dll. Populasi kucing ini kian menurun akibat dari menyempitnya habitat dan makanan, serta karena ditangkap oleh manusia. Yah, kucing ini memang salah satu kucing liar yang memungkinkan untuk dipelihara, makanya banyak dijual di pasar gelap. Sebelumnya saya juga pernah memelihara kucing blacan. Namun setelah diberitakan di TV kalau kucing ini termasuk hewan yang dilindungi, saat ini saya sudah tidak memeliharanya lagi. Selngkapnya anda bisa membaca di artikel Mengenal Kucing Blacan

Kucing Emas
gambar kucing emas
Dikenal juga dengan nama Asiatic Golden Cat atau penduduk Sumatera penyebutnya macan kijang. Karena masih ada yang percaya kalau kucing ini memiliki kekuatan magis, makanya populasinya semakin menurun akibat diburu untuk diambil bagian-bagian tubuhnya seperti cakar, gigi, kulit dll. Selama pola pikir kita masih purba semacam itu, jenis kucing liar langka yang hidup di Pulau Sumatera ini akan semakin terancam populasinya. Selengkapnya baca di Kucing Emas, jenis kucing yang penuh mitos.

Kucing Batu
gambar kucing batu
Merupakan jenis kucing arborel yang lebih benyak menghabiskan waktu hidupnya di atas pohon. Dalam bahasa Inggris kucing ini dikenal dengan nama Marbled Cat. Saat ini kucing batu sudah dimasukkan dalam kategori rentan punah di Indonesia. Sehingga mereka sudah dilindungi Undang Undang dan dilarang diperjualbelikan. Selengkapnya baca di Mengenal kucing Batu.

Kucing Merah
gambar kucing merah langka
Seperti namanya, bulu kucing ini memang terlihat kemerahan. Di dunia kucing ini lebih dikenal dengan nama Bornean Bay Cat, karena memang hanya hidup di Pulau Borneo (Kalimantan). Belum ada data pasti mengenai jumlah populasi jenis kucing langka ini. Namun yang pasti IUCN sudah mengkategorikannya sebagai binatang yang hampir punah. Selengkapnya baca di Mengenal Kucing Merah.

Flat-headed cat
gambar Flat-headed cat
Merupakan jenis kucing liar bertubuh kecil yang tersebar di daerah Thailand, Malaysia, Kalimantan, dan Sumatera. Sejak tahun 2008 kucing liar ini digolongkan sebagai hewan yang terancam punah oleh IUCN. Diperkirakan pada tahuhn 2008, jumlah kucing ini hanya ada sekitar 2.500 ekor. Selengkapnya baca di Mengenal Flat-headed cat.

Kucing Bakau
gambar kucing bakau
Kucing ini adalah kucing yang pandai menyelam. Berbeda dengan kebanyakan kucing yang takut dengan air, kucing ini justru akan berenang dan menyelam untuk mendapatkan mangsanya seperti ikan dan katak. Jenis kucing ini dilindungi oleh Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999. Selengkapnya baca di Mengenal Kucing Bakau.

Demikianlah kiranya beberapa jenis kucing liar langka yang hidup di wilayah Indonesia. Akan lebih bijaksana bagi kita jika mengaguminya tanpa harus ingin memilikinya. Biarkan mereka hidup di habitat mereka, dan biarkan mereka tumbuh selayaknya. ^_^
Share this article :

+ comments + 3 comments

January 9, 2013 at 5:42 PM

blog yg bagus!

March 31, 2015 at 12:24 PM

aq sk bngt ma kucing.kl blh aq ingn mengadopsi kucing hutan..

July 24, 2017 at 5:47 AM

Di daerah menes pandeglang khususnya di daerah gua msh banyak kucing hutan maca akar

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger