Tips naik pesawat bersama si kucing

Sunday, January 6, 20136comments

Tips naik pesawat bersama si kucing
Kucing bukanlah binatang yang suka bepergian layaknya anjing. Setidaknya itu yang banyak orang katakan tentang kucing. Dan sepertinya itu memang benar. Anjing akan senang melongokkan kepalanya saat diajak naik mobil, sementara kucing akan ribut sendiri di jok belakang mobil.
Lalu, bagaimana jadinya kalau umpama anda akan berlibur ke Inggris selama berbulan-bulan tetapi tidak ingin menitipkan kucing kesayangan di tempat penitipan hewan??? Apalagi anda belum pernah naik pesawat bersama kucing kesayangan. Nah, berikut ini ada 7 Tips naik pesawat bersama si kucing yang semoga dapat membantu anda.

1. Dimasukkan ke ruang kargo atau kabin penumpang???
Kebanyakan orang mungkin lebih memilih memasukkan si kucing ke ruang kargo dengan alasan kenyamanan dan ruang yang lebih luas. Namun, tahukah anda, suhu di ruang kargo itu bisa sangat panas. Bahkan beberapa jenis anjing kecil sudah dilarang dimasukkan ke ruang kargo karena bisa mati kepanasan. Apa anda rela kucing anda menjadi percontohan kucing yang mati kepanasan di ruang kargo sebagai alasan pelarangan memasukkan kucing ke ruang karrgo??? So, akan lebih baik kalau si kucing dibelikan kursi di kabin penumpang. Memang dananya jadi dobel sih. Namun perlu anda ingat, kebanyakan maskapai pesawat hanya mengijinkan membawa satu hewan piaraan di kabin penumpang.

2. Anda harus memasukkannya ke dalam kandang jinjing (carriers)
Anda perlu membiasakan si kucing masuk ke dalam kandang tersebut beberapa hari, mungkin minggu, agar si kucing terbiasa. Anda bisa membiarakn kandang terbuka di rumah dan menaruh mainan di dalamnya. Sehingga si kucing bisa membiasakan diri secara pelan-pelan di dalam kandang tersebut.
kandang jinjing untuk si kucing


3 Pilih kandang dengan ukuran yang tepat.
Anda tidak bisa membawa kandang jinjing ini dengan ukuran yang lebih besar dari 17 inch. So, jika kucing anda beratnya lebih dari 10 kg, kemungkinan besar akan bermasalah pada ukuran kandang ini.

4. Periksakan terlebih dahulu kondisi kesehatan kucing anda
Mungkin maskapai penerbangan tidak akan meminta anda menunjukkan sertifikat kesehatan si kucing. Namun saat anda melakukan penerbangan internasional, anda pasti akan membutuhkannya. So, cek kondisi kesehatan si kucing di rumah sakit hewan terpercaya dan minta sertifikat kesehatannya. Mungkin anda juga akan membutuhkan beberapa dokumen lainnya seperti bukti vaksinasi atau bukti kesehatan lainnya.

5. Faktor satpam bandara
Jika kucing anda adalah binatang yang tidak bisa diam, atau mungkin stress akibat perjalanan sehingga ribut sendiri. Mungkin anda akan mengalami masalah ketika satpam meminta anda untuk membuka tas jinjing untuk memeriksa apa isinya. Bayangkan jika kucing anda tiba-tiba mencakar satpam atau berlarian tidak tentu arah ketika kandang dibuka, anda pasti tidak akan diperkenankan utnuk membawanya masuk ke kabin.

6. Beri pil tidur untuk kucing
Mungkin ini terdengar tidak mengenakkan. Namun saya rasa ini tidak juga begitu buruk. Demi kenyamanan si kucing juga kenyamanan penumpang lain juga.
pil tidur unutk kucing


7. Beritahu pramugari dan orang yang duduk di samping anda kalau anda membawa seekor kucing.
Jangan sampai karena ketidaktahuan anda, anda membuat orang yang alergi kucing yang duduk di dekat anda mengalami masalah saat dalam perjalanan.

Demikian Tips naik pesawat bersama si kucing yang dapat saya haturkan untuk anda. Semoga perjalanan anda menyenangkan. Saya hanya menerjemahkan dari Tips yang ada di blog mancanegara. So, kalau pada kenyataannya maskapai penerbangan di Indonesia tidak mengijinkan kucing berada di dalam kabin pesawat meski sudah dikandangkan, saya tidak tahu. Soalnya Transjogja saja melarang penumpangnya membawa binatang apapun meski sudah dikandangkan. ^_^

Referensi : caroundtheworld
Share this article :

+ comments + 6 comments

August 22, 2014 at 3:22 PM

Akka pet mover membantu anda mengirim hewan kesayangan anda dari yogjakarta kehampir seluruh bandara besar indonesia cp 081381075249/pin bb 74badb87

January 9, 2015 at 11:21 PM

Mas novri. Apakah bisa akka pet mover mengirim kucing ke belitung

September 30, 2015 at 5:43 AM

Trims yaaa..infonya bermnfaat bgt..
Karena bntar lg aq mw pulang kampung n bwa kucing kesayangan Q, kucing Q it udah aq anggep anak 😁dy aja panggil Q mami n aq panggil dy abng..

March 22, 2017 at 7:12 PM

Oohh itunya okenya hehehehe....

October 26, 2017 at 1:56 AM

Compartement pesawat tidak panas, bahkan dingin. Bahkan compartement belakang ada temperature control. Mungkin yang panas saat perjalanan dari gudang menuju apron

November 30, 2017 at 10:18 AM

Sy mau bawa balik meongku dr Malaysia ke Indonesia gmna cranya ni

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger