Istilah-istilah dasar dalam penyebutan warna dan pola bulu kucing

Tuesday, March 5, 20130 comments

Gambar kucing calico
Banyak sekali istilah-istilah dasar dalam penyebutan warna dan pola bulu kucing yang jika akan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia tidak ditemukan padanannya. Maka dari itu, banyak penyebutan istilah-istilah tersebut sesuai bahasa aslinya yaitu bahasa Inggris. Namun dengan penyebutan yang semacam itu, terasa cukup sulit dipahami, terutama oleh orang yang masih awam.
Nah, untuk mempermudah anda dalam mengenal dan memahami istilah-istilah dasar dalam penyebutan warna dan pola bulu kucing tersebut kami akan coba bantu dengan menerangkannya sedikit demi sedikit. Simak keterangan berikut ini!!!

Bi-color (magpie) merupakan sebutan untuk kucing yang memiliki 2 warna bulu, dimana salah satu warna bulunya adalah putih. Untuk kucing show, warna-warna tersebut haruslah terbagi secara merata.

Brindled, digunakan untuk menyebut kucing yang memiliki warna bulu tortoiseshell yang tercampur. Tentang apa itu tortoiseshell, anda bisa membacanya di sini!!!

Calico, adalah sebutan untuk kucing belangtiga, dimana warna dominannya adalah putih dan batas-batas antara warna yang satu dengan yang lainnya jelas. Lebih jelasnya anda bisa membacanya di sini!!!



Calamanco atau calimanco, merupakan istilah yang digunakan oleh orang Amerika Utara kuno untuk menyebut kucing tortoiseshell berbulu pendek.

Van/Van Bicolor, merupakan sebutan untuk kucing yang memiliki warna dominan putih dengan sedikit warna lain di ekor diantara telinganya.

Harlequin, merupakan kucing dengan pola Van + sedikit bercak (kalau bisa sedikit mungkin bercaknya) yang warnanya sama dengan warna selain putih yang ada di tubuh dan kaki.

Maltese yaitu sebutan untuk kucing yang memiliki warna dilusi (warna bayangan). Misalnya dilusi untuk warna hitam adalah biru, dilusi untuk warna merah adalah krem atau abu-abu.

Pointed merupakan pola warna kucing siam atau terkadang disebut juga pola warna kucing himalayan, yaitu warna pada kaki, ekor, dan telinga lebih gelap daripada warna bulu tubuhnya.

Solid yaitu sebutan untuk kucing yang hanya memiliki satu warna bulu saja.

Tabby yaitu sebutan untuk kucing dengan bulu loreng yang tidak beraturan (seenggaknya yang saya pahami dari pola warna ini adalah demikian). Lebih jelasnya silahkan baca Apa itu kucing Tabby?

Torbico yaitu sebutan untuk kucing yang memiliki pola warna tabby-tortoiseshell ditambah putih.

Pied merupakan pola warna bulu kucing yang tersebar tidak merata seperti seolah-oleh tersiram cat.

Parti-colour, biasanya digunakan untuk menyebut kucing calico dengan pola warna bercak-bercak pada 1/3 tubuhnya.

Nah, sepertinya hanya sebatas itu yang bisa kami terangkan. Jika anda bingung mencernanya, lebih baik cukup anda ketahui saja, sebaiknya tidak usah anda bayangkan apalagi anda hafalkan. Nggak ada faedahnya. ^_^
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger