Persiapan sebelum memelihara kucing

Sunday, May 5, 20131comments

Apa saja yang perlu kita siapkan ketika kita ingin memelihara seekor kucing??? Hal tersebut pastilah menjadi pertanyaan classic bagi yang sama sekali belum pernah memelihara kucing sebelumnya. Untuk itu, kucinggue akan mencoba membantu anda.

Beberapa barang atau perlengkapan yang perlu anda siapkan sebelum memelihara seekor kucing antara lain :

1. Mangkuk Makan dan Minum
memilih mangkuk makanan kucing
Setidaknya anda butuh 2 buah mangkuk untuk satu ekor kucing. Satu sebagai tempat minum dan satunya sebagai tempat makan. Atau jika anda berencana memberikan 2 jenis makanan yaitu makanan kaleng dan makanan kering, anda bisa menyiapkan 3 buah mangkuk. Dan akan lebih baik lagi jika 2 mangkuk tersebut terpisah, bukan yang 2 mangkuk menjadi satu. Hal ini dimaksudkan agar air dari mangkuk air tidak masuk ke mangkuk makanan dan membuat makanan kucing jadi cepat busuk.

Mangkuk yang ideal adalah yang terbuat dari porselen atau pyrex, tapi harganya mahal. So, anda bisa menggantinya dengan mangkuk plastik atau melamin yang lebih murah. kami tidak menyarankan anda untuk menggunakan mangkuk yang terbuat dari logam. Meskipun anti karat, tetapi kebanyakan kucing tidak menyukai pantulan bayangan yang kemungkinan besar akan memantul dari mangkuk logam.

Jika anda berniat langsung memelihara lebih dari satu ekor kucing, sebaiknya setiap kucing anda siapkan 2 mangkuk tersendiri. Jangan sekali-kali berpikir kalau si kucing dapat berbagi tempat makan dengan rukun.

2. Kotak Pasir, sekop pasir, dan alat pembersih
perlengkapan memelihara kucing
Untuk perlengkapan ini, mungkin anda bisa membuatnya sendiri. Kucing tidak butuh perlengkapan mewah. Kotak pasir sederhana dengan pasir yang bersih sudah cukup bagi si kucing. Yang perlu anda lakukan hanyalah menyiapkan kotak pasir (kira-kira 30x35 cm), dengan pinggiran yang cukup tinggi agar pasir tidak meluber kemana-mana. Lalu anda rajin membersihkan kotak pasir tersebut setelah si kucing beol mengunakan sekop pasir.

Alat-alat pembersih, seperti sikat yang digunakan untuk membersihkan kotoran kucing, sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan tempat lain. Meskipun sikat yang anda gunakan sama dengan sikat kamar mandi. hal ini bertujuan agar tidak menularkan virus dan penyakit dari kotoran kucing ke manusia, atau sebaliknya.

3. Kandang kucing jinjing atau carrier
gambar pet carrier
Kandang kucing jinjing ini memang pada hakekatnya digunakan ketika kita hendak membawa kucing kita bepergian. namun meski anda tidak punya rencana jalan-jalan dengan kucing anda, sebaiknya anda tetap memilikinya. Karena ini akan sangat berguna sekali ketika anda akan membawa si kucing ke dokter hewan. Harga pet carrier beberpa waktu yang lalu saya beli Rp140.000 ukuran M.

Kami rasa itu adalah perlengkapan dasar yang paling pokok yang perlu anda siapkan. Tentunya anda juga perlu menyiapkan makanan kucing dan pasir zeolit nya juga. Semoga Tips dari kami ini bermanfaat. ^_^
Share this article :

+ comments + 1 comments

June 5, 2016 at 8:10 PM

makasih infonya kak, kebetulan baru mau adop kucing persia :)
kucing persia

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger