Mengapa Kucing Suka Menggosok-Gosokkan Kepalanya Kepada Kita???

Friday, May 17, 20130 comments

Mengapa Kucing Suka Menggosok-Gosokkan Kepalanya Kepada Kita???
Perilaku kucing yang suka menggosok-gosokkan kepalanya ini dalam bahasa teknisnya disebut dengan nama bunting yang menjurus pada tindakan kucing yang suka menggosokan kepalanya pada benda, atau juga disebut dengan allorubbing yang menjurus pada kebiasaan menggosokkan kepalanya kepada kucing lainnya atau kepada manusia. Mengapa kucing melakukan hal demikian???

Kucing menggosokkan kepalanya pada suatu benda (bunting) dengan tujuan untuk meninggalkan jejak aroma sebagai bagian dari komunikasi lewat aroma.

Kucing memiliki beberapa kelenjar aroma yang berbeda di seluruh tubuhnya. Kelenjar-kelenjar tersebut ada yang terletak diantara jari kaki, sehingga kucing akan meninggalkan aromanya dengan cara mencakar. Namun mereka juga memiliki kelenjar aroma di bawah dagu, pojok mulut, sepanjang ekor, dan telinga mereka. Belum diketahui apakah kelenjar-kelenjar tersebut memiliki aroma yang bebeda atau tidak, tetapi biasanya kucing akan menggosokkan seluruh bagian kepalanya kepada suatu objek.

Pada benda yang tinggi kucing akan menggosokkan bagian atas kepalanya. Pada objek yang tidak terlalu tinggi, mereka akan menggosokkan bagian telinganya, dan pada objek yang posisinya rendah mereka biasanya akan menggosokkan bagian dagu mereka.

Kucing biasanya menggosokkan kepalanya kepada kucing lain yang ukuran tubuhnya berbeda. Para ahli belum bisa memastikan secara spesifik tentang model interaksi semacam ini. Namun beberapa berspekulasi bahwa tindakan ini dilakukan untuk menunjukkan tidak adanya agresi.

Lalu, apa maksud kucing menggosok-gosokkan kepala atau pantatnya kepada kita???

Belum diketahui pasti apa maksud dari perilaku kucing yang satu ini. Namun biasanya kucing akan menandai sesuatu yang sangat penting baginya dengan aroma. Mereka melakukan allorubbing dengan teman mereka bukan dengan musuh. 

Dengan demikian bisa diambil spekulasi bahwa kucing melakukan allorubbing kepada kita tujuannya adalah untuk mengatakan kalau kita sangat penting baginya.

Referensi : cats about
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger