Mengapa Kucing Sering Terlihat Makan Plastik???

Monday, May 20, 20130 comments

Mengapa kucing makan plastik?
Setiap kucing memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dan beberapa diantaranya justru terlihat unik. Umumnya kebiasaan menggigit dan mengunyah bukanlah suatu masalah untuk kucing. Para ahli perilaku binatang melihat kondisi fisik dan mental kucing, serta insting si kucing untuk mencari solusi mengenai apa yang sebaiknya mereka lakukan terkait kebiasaan kucing yang terkadang unik ini. Mereka pun menggunakan sebuah rumus tes yang disebut H.I.S.S.

H = Health (Kesehatan)

Kebiasaan kucing memakan benda yang tidak lazim disebut dengan pica. Karena suatu alasan yang belum diketahui pasti, beberapa kucing diketahui sering memakan benda yang bukan makanan seperti benang, dan plastik. Kucing yang punya kebiasaan makan seperti ini dapat mengalami Anemia, sehingga perlu dilakukan tes kesehatan (Health)

I = .Instinct

Anak kucing cenderung mencakar dan menggigit segala macam benda. Mereka juga cenderung sangat tertarik dengan gerakan dan bau. Sehingga jika dia melihat kabel listrik atau kantong plastik yang bergerak mereka akan mengejar dan menggigitnya. Mereka juga akan menyerang benda berbau 'lezat' seperti ujung dot bayi, dan akan menggigitnya juga.  Tentu saja memakan benda-benda semacam itu berbahaya bagi si kucing.

S = Stress

Kucing ternyata juga bisa stres karena bosan. Sehingga mereka akan mencakar, menggigit, atau menjilati benda-benda tertentu untuk menghilangkan kebosanan. Seperti halnya manusia yang jika bingung tidak ada kerjaan terkadang ada yang suka menggigit kuku.

S = Symptom, Signs & Solutions

Menggigit dan menjilati kantong plastik sebenarnya adalah kebiasaan yang lumrah bagi kucing. Kemungkinan hal ini terjadi karena menurut mereka plastik yang bergerak itu menarik untuk dijadikan target. Sementara itu kebanyakan plastik terbuat dari minyak bumi yang menurut kucing rasanya enak, sehingga mereka pun memutuskan untuk memakannya.
Namun, mereka tidak tahu kalau plastik tidak baik bagi kesehatan mereka. So, yang bisa kita lakukan adalah menjadi pengawas agar si kucing tidak memakan plastik. Atau bisa juga menjauhkannya dari plastik.

Referensi : cats about
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger