Cat Sìth, kucing pencuri jiwa dalam mitologi Skotlandia

Thursday, February 7, 20131comments

Gambar ilustrasi dari Cat Sìth
Cat Sìth atau Cat Sidhe merupakan makhluk gaib dari mitologi Celtic yang konon memiliki wujud seekor kucing besar berwarna hitam pekat dengan corak putih dibagian dadanya. Legenda setempat mengatakan kalau kucing ini menghantui dataran tinggi Skotlandia.
Kisah makhluk mitologi Cat Sìth ini tidak hanya ditemui di daerah Skotlandia, tetapi juga dapat ditemui di beberapa wilayah di Irlandia. Meski jumlahnya terbilang sangat sedikit. Beberapa daerah di Skotlandia percaya kalau Cat Sìth bukanlha makhluk gaib, melainkan penyihir yang dapat berubah bentuk menjadi seekor kucing sebanyak 9 kali. Yeah, mungkin ini terkait dengan sejarah kucing di Eropa pada abad pertengahan.
Orang-orang di Skotlandia percaya bahwa Cat Sìth dapat mencuri jiwa seseorang sebelum jiwa tersebut kembali ke dewa dengan cara melompati mayat orang yang mati tersebut sebelum dikuburkan. Sehingga tradisi orang sana jika ada orang yang mati, maka mereka akan terus menjaganya siang dan malam agar Cat Sìth tidak datang. Orang orang akan menaruh catnip, mainan, dan menyetel musik untuk membuat Cat Sìth jauh dari mayat. Mereka juga tidak akan menyalakan api di dekat si mayat karena mereka percaya bahwa Cat Sìth senang dengan hawa yang hangat.
Berbeda dengan Skotlandia, di Inggris juga ada mitos tentang kucing hitam dengan warna putih di dadanya. Dikisahkan bahwa pada suatu hari seorang pria pulang ke rumah dan memberitahu istrinya dan kucingnya yang bernama Old Tom, jika baru saja dia melihat 9 ekor kucing hitam dengan warna putih di dada mereka mengangkat sebuah peti mati. Salah satu dari 9 kucing tersebut titip pesan kepada si pria seperti ini "Tell Tom Tildrum that Tim Toldrum is dead." Kemudian kucing milik pria tersebut yang bernama Old Tom terhenyak dan berkata "Apa??? Old Tim mati??? Berarti sekarang aku adalah raja kucing???". Dan kemudian Old Tom pun pergi ke atas bukit dan tidak pernah terlihat lagi.
Namun tahukah anda jika ternyata pada jaman dahulu memang ada ras kucing yang memiliki ciri-ciri seperti Cat Sith ini. Seorang ahli Cryptozoologi berkebangsaan Inggris yang bernama Karl Shuker dalam bukunya yang berjudul Mystery Cats of the World (1989) menyatakan bahwa kemungkinan cerita Cat Sìth terinspirasi dari kucing Kellas yang kemungkinan merupakan hasil persilangan dari kucing liar dan kucing domestik Skotlandia yang sudah cukup lama punah. Konon kucing Kellas ini sudah ada di Skotlandia sejak berabad-abad yang lalu, bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu, dan memang memiliki tubuh besar dengan bulu hitam.
Hihi, ternyata orang-orang di Eropa pada jaman dulu juga tertipu dengan yang namanya mitos dan hal-hal gaib yang dihembuskan oleh orang-orang berpengaruh yang mengambil keuntungan dari kekhawatiran warganya yak. Hmm, dan sekarang setelah Eropa sudah tidak begitu terpengaruh dengan mitos, sepertinya Indonesia malah masih gampang-gampangnya percaya dengan mitos yang dihembuskan oleh orang-orang yang punya kepentingan. Ckckck...

Referensi : wikipedia
Share this article :

+ comments + 1 comments

January 13, 2014 at 1:42 AM

thank's infonya. mantap.

www.kiostiket.com

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger