Mengenal Kucing Colorpoint Shorthair

Sunday, February 3, 20130 comments

Gambar Kucing Colorpoint Shorthair
Kucing Colorpoint Shorthair memiliki penampilan yang sangat mirip dengan kucing Siam. Hal ini dikarenakan kucing colorpoint adalah sepupu pertama dari kucing Siam. Namun hanya Cat Fanciers' Association (CFA) yang mengakuinya sebagai ras tersendiri. Sementara registry lainnya menganggap kucing colorpoint sebagai bagian dari kucing Siam dan kucing Oriental.
Ada dua pendapat umum mengenai kucing colorpoint ini. Ada yang beranggapan bahwa kucing ini sebenarnya adalah kucing Siam, mengingat pola colorpoint-nya sangat mirip dengan kucing Siam. Sementara pendapat satunya lagi percaya kalau kucing Colorpoint adalah hasil dari persilangan kucing Siam. 
Namun yang sebenarnya adalah kucing ini merupakan hasil dari persilangan dari kucing Siam dengan kucing American Shorthairs, yang merupakan proses persilangan yang sama dengan yang menghasilkan kucing Oriental.
Kucing ini memiliki 16 warna "point" yang berbeda selain dari 4 warna kucing siam tradisional. Upaya untuk membiakkan kucing bergaya Siam yang memiliki warna "point" diluar 4 warna point pada Siam ini dimulai sejak tahun 1940-an di Inggris dan Amerika dengan menyilangkan kucing Siam, Abyssinian, American Shorthair, serta kucing domestik berbulu pendek yang berbulu merah.
Temperamen kucing Colorpoint Shorthair cenderung sangat cerdas, senang bermain, dan ramah dengan manusia. Kucing ini juga dikenal senang berada di luar rumah dan bermain dengan manusia, sehingga kucing ini mendapatkan sebutan sebagai kucing yang "extroverts".
Namun kucing colorpoint ini juga bisa menjadi sangat sensitif, gugup, dan susah beradaptasi dengan perubahan lingkungan, termasuk perubahan pemilik. Seperti halnya kucing Siam, kucing ini juga cenderung banyak mengeong. Namun suara meongnya sangat beragam. Ada sekitar 100 jenis variasi suara yang dimiliki kucng jenis ini. Angka yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan suara meong yang dimiliki oleh kebanyakan kucing normal.
Temperamen kucing Colorpoint Shorthair jantan dapat sangat agresif terhadap binatang lainnya. Mereka juga termasuk binatang yang mendominasi, sehingga sering berkelahi dengan kucing lain yang dianggapnya masuk mengganggu daerah kekuasaannya.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger