Agar si kucing berperilaku baik

Sunday, February 24, 20136comments

Tips melatih kucing Agar berperilaku baik
Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa perilaku kucing yang baik akan terbentuk dengan sendirinya sembari mereka tumbuh dewasa. Salah!!! Perilaku kucing dapat dibentuk sedari kucing masih kecil. Karena sama dengan anak manusia, faktor lingkungan adalah hal utama yang membentuk karakter mereka. So, apa yang harus kita lakukan agar si kucing memiliki perilaku yang baik saat mereka dewasa??? Berikut ini ada beberapa Tips Agar si kucing berperilaku baik yang mungkin bisa anda coba praktekkan!!!

Beri aturan yang jelas

Akan lebih baik jika sejak kecil anda sudah mulai menentukan apa yang si kucing tidak boleh lakukan di rumah anda, karena kucing memiliki ingatan yang tajam dan bertahan lama, so, itu akan dibawa oleh si kucing hingga dewasa. Misalnya, jika anda tidak ingin si kucing suka naik ke atas meja makan, maka saat anda melihat si anak kucing naik ke meja makan, anda bisa meneriakinya dengan suara keras "Hey Turun!!!", karena kucing mengenali intonasi suara dengan sangat baik. 
Selain itu anda juga bisa menghukum si kucing dengan mengabaikannya sementara waktu jika si kucing melakukan hal-hal yang buruk menurut anda. Itu akan mengajarinya untuk paham jika mereka berbuat kesalahan maka mereka akan kehilangan perhatian pemiliknya.

Jangan memberikan hukuman fisik

Kucing tidak akan kapok jika anda pukul atau anda tendang. Mereka malah justru bisa menjadi lebih agresif dan membenci anda, karena hukuman fisik bagi mereka adalah sebuah penghinaan. Selain itu kucing tidak mengenal apa itu "baik" atau "buruk" kucing juga tidak mengenal kata "benar" dan "salah". Mereka hanya bertindak karena kebutuhan mereka akan sesuatu. Ini seperti kita berteriak memarahi anak kecil berumur 5 tahun dengan kata "Belajar sana!!! Jangan kerjanya main-main terus!!!". Itu hal yang sangat bodoh, karena main-main bagi anak usia 5 tahun itu adalah juga belajar bagi mereka.
So, akan lebih baik menggunakan metode yang pertama tadi, yaitu berteriak dengan tegas kalau si kucing melakukan suatu hal buruk, seperti memecahkan vas, mencakar, atau tindakan buruk lainnya. Kucing lebih "terdidik" dengan suara keras daripada pukulan atau tendangan. Anda juga bisa mendiamkan si kucing untuk sementara waktu untuk menghukumnya atas kesalahan yang mereka buat, sekitar setengah hari sampai satu hari lah.

Mengarahkan perilaku buruk si kucing

Mencakar-cakar furniture mungkin merupakan cara alami kucing untuk mengasah cakarnya. Mungkin jika kebiasaan tersebut sudah terbawa sampai dewasa, akan sangat sulit untuk mengubahnya. Namun jika masih kecil, setidaknya kita bisa mengarahkannya. Kita bisa memberikan sebuah papan cakar khusus bagi si anak kucing. Sehingga dia akan selalu menggunakan papan tersebut untuk mengasah cakarnya. Jika tidak kita arahkan demikian sejak kecil, maka dia akan menggunakan apapun, termasuk pintu dan furniture untuk mereka cakar-cakar.

Ajari anak kecil di rumah anda untuk menyayangi kucing

Jika ada anak kecil di rumah anda, akan lebih baik jika mereka diajari untuk menyayangi kucing. Kasih tahu mereka kalau kucing itu makhluk hidup, bukan mainan. Namun jika anak kecil yang ada di rumah anda masih belum cukup umur untuk bisa memahami hal tersebut (masih bayi atau masih balita) mungkin anda bisa menunda dulu keinginan untuk memlihara kucing hingga anak-anak kecil di rumah anda cukup umur. Hal ini demi kebaikan kedua makhluk mungil tersebut. Anda tentu tahu persis jika kucing dikasari, maka akan mencakar bahkan menggigit bukan??? Dan anda juga tahu kalau anak kecil terkadang tanpa mereka sadari mereka sudah memperlakukan dengan kasar "mainan" mereka bukan???

Mengebiri si kucing

Ini adalah opsi terakhir. Meski bisa dibilang paling mujarab, tetapi tidak terlalu dianjurkan. Keagresifan kucing cenderung terpengaruh hormon testosteron mereka. So, dengan mengebiri si kucing, maka seiring hilangnya produksi hormon testosteron mereka, maka akan hilang juga agresifitas mereka.

O iya, fokus utama anda adalah untuk menghilangkan atau setidaknya meredam kebiasaan buruk si kucing bukan??? So, jika mereka melakukan hal buruk akan anda "hukum", maka jika mereka melakukan hal baik, sebaiknya anda puji atau mungkin anda beri hadiah seperti belaian sayang atau makanan kesukaan.
Semoga Tips Agar si kucing berperilaku baik ini dapat membantu anda semakin dekat dengan kucing anda. ^_^

Referensi : mysmelly
Share this article :

+ comments + 6 comments

August 2, 2013 at 7:23 PM

Punya info tempat penitipan kucing di sekitar ciledug ga? Yang agak murah gitu. Maklum, yg dititipin ada 6 ekor niih

August 3, 2013 at 12:24 AM

Hm..baiklah, saya akan lebih memberi kasih sayang pada kucing saya ^^

November 26, 2013 at 8:18 PM

kucing saya usia 3 bulan akhir akhir ini kalau di pegang bagian dada kok suka gigit saya kenapa ya ? gak sakit sih tapi saya suka kaget.

August 15, 2017 at 9:23 AM

Kucingku sering mencuri ayam, Dan Semua orang membencinya dan menyiksanya.

/6
___; (
\(

May 24, 2018 at 11:00 PM

Paling sebel ketika buka pintu dan langsung diserang segerombolan kucing minta jatah makan (14) ekor :) pengen marah tapi kasihan

May 24, 2018 at 11:01 PM

Paling sebel ketika buka pintu dan langsung diserang segerombolan kucing minta jatah makan (14) ekor :) pengen marah tapi kasihan

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger