Beberapa Penyebab Kucing Mengalami Kegemukan

Tuesday, June 4, 20130 comments

Foto kucing kegemukan
Obisitas pada kucing sudah hampir menyamai obesitas pada manusia. Tentu saja itu tidaklah mengagetkan. Bayangkan saja majikannya saja menjaga berat badannya sendiri kagak bisa, apalagi menjaga berat badan peliharaannya??? ^_^

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kegemukan pada kucing??? Bukankah mereka makan tidak sebanyak majikannya??? Dan yang mereka makan juga tidak aneh-aneh seperti majikannya??? Nah berikut akan kami jelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan kucing mengalami kegemukan.

1. Makan terus menerus
Kucing memang memiliki porsi makan yang sedikit dalam sekali makan. Namun mereka yang cenderung bosan terkadang melampiaskan kebosanan mereka dengan makan. Apalagi jika di mangkuk makananya selalu ada makanan.
So, sebaiknya anda tidak membiarkan mangkuk makan si kucing selalu terisi. Cukup beri makan 3x sehari saja agar kucing tidak makan secara berlebihan.

2. Dry Food
Beberapa jenis dry food memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Memang sih, tubuh kucing tidak bisa memproduksi lemak sendiri, tetapi kandungan lemak yang berlebihan dalam makanannya juga tidak baik bagi tubuh si kucing.
So, saat membelikan dry food untuk si kucing, perhatikan komposisinya. Carilah yang kandungan proteinnya lumayan besar. Yeah, biasanya harganya juga akan lebih mahal karena protein lah yang paling mahal harganya. Selain itu, anda juga bisa memberikan si kucing wet food sebagai selingan.

3. Kebiri
Ternyata pengebirian terhadap kucing jantan selain berdampak pada menurunnya agresifitas, berdampak juga terhadap menurunnya metabolisme tubuh si kucing. Sehingga lemak dalam tubuh si kucing akan menjadi lebih lambat terbakar.
So, anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan anda mengenai diet yang tepat terhadap kucing anda. Atau yang paling simple ya ikuti saran pada kasus nomer 1 dan 2, serta ditambah sering diajak bermain-main.

4. Makanan yang tepat
Maksudnya adalah jika kucing anda masih kitty, berikan makanan untuk anak kucing. Jika kucing anda sudah dewasa, berikan makanan kucing dewasa. Seperti yang kita tahu, komposisi makanan anakan kucing lebih banyak mengandung gizi untuk membantu pertumbuhan si anak kucing. So jika dimakan oleh kucing dewasa yang sudah tidak tumbuh lagi, dapat menimbulkan kegemukan. 
Meskipun demikian, beberapa orang justru menyarankan agar induk kucing yang sedang hamil dan menyusui, diberi makanan anak kucing, karena si induk butuh asupan gizi ekstra yang tidak didapat dari makanan kucing dewasa.

5. Kurang olahraga
Sama halnya dengan manusia, kucing pun akan mengalami kegemukan jika tidak cukup berolahraga. Apalagi jika porsi makannya berlebihan. So, sering-seringlah mengajak kucing anda bermain-main, atau berikan mereka sesuatu yang dapat mereka mainkan.

Referensi : merdeka

Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger