Apa itu Kucing Janus???

Thursday, June 13, 20130 comments

Apa itu kucing janus?
Masih ingat dengan Deucy si kucing berwajah dua yang kita bahas kemaren??? Yup, kucing berwajah dua disebut dengan nama kucing Janus. Nah kali ini kucinggue berhasil menemukan seluk beluk mengenai apa itu kucing Janus. Simak hasil penelusuran kucinggue berikut ini.

Dalam bahasa yang simple, kucing janus bisa kita sebut dengan kucing berkepala dua. Dalam bahasa kedokteran Janus disebut dengan istilah Diprosopus. Kata 'Janus' sendiri diambil dari nama dewa Yunani yang bernama 'Janus' yang konon memiliki 2 wajah.

Dalam sudut pandang ilmiah, kucing Janus merupakan kucing yang menderita kelainan langka yang dikenal dengan craniofacial duplication atau diprosopus yaitu duplikasi pada sebagian atau seluruh bagian wajah pada satu kepala yang sama.

Tidak ada penjelasan sederhana yang pasti dapat menjelaskan tentang bagaimana kelainan ini bisa terjadi. Namun secara garis besarnya adalah ada sebuah protein yang disebut "Sonic Hedgehog homolog (SHH)”. Protein ini memiliki andil dalam pembentukan wajah. Nah jika protein ini jumlahnya berlebihan maka beresiko menimbulkan Janus tadi.

Menurut data-data yang pernah terdokumentasikan, jumlah kucing yang mengalami kelainan ini sangatlah jarang. Kejadian yang menimpa manusia dan hewan lain pun sama sangat jarangnya. Dan biasanya, kucing janus umurnya tidaklah panjang. Usia harapan hidup mereka sekitar kurang lebih satu minggu. Namun Frankie-Louie, berhasil memegang rekor dunia sebagai kucing janus yang hidup paling lama di dunia, yaitu 12 tahun.

Referensi : petside
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger