Fosil kucing peliharaan tertua di dunia ditemukan di sebuah desa di China

Tuesday, December 17, 20130 comments

ilustrasi gambar kucing
Sebuah fosil kucing peliharaan yang diperkirakan berasal dari 5.300 tahun yang lalu ditemukan oleh arkeolog di sebuah desa di China. Diperkirakan fosil ini merupakan fosil kucing peliharaan tertua yang pernah ditemukan saat ini.

Usia fosil ini 1.300 tahun lebih awal dibandingkan dengan usia figur kucing dalam karya seni orang Mesir Kuno yang pernah ditemukan. Dengan demikian untuk saat ini bisa disimpulkan bahwa domestikasi kucing lebih dahulu dilakukan oleh orang China kuno daripada orang Mesir Kuno.

Penemuan fosil kucing ini menguatkan dugaan bahwa pada jaman dahulu kucing yang masih merupakan binatang liar datang memangsa binatang pengerat yang merusak tanaman petani. Lama-lama kucing liar tersebut menetap di desa-desa, beradaptasi dan bertahan hidup dengan memangsa binatang pengerat yang merusak tanaman petani. Pada akhirnya manusia mulai memperlakukan kucing sebagai hewan kesayangan dan mulai memeliharanya karena dianggap berguna.

Dugaan tersebut dikuatkan dengan penemuan bukti-bukti berupa jejak kimiawi yang menunjukkan bahwa pada jaman dahulu kucing memang memangsa hewan pengerat. Sehingga semakin kuat dugaan bahwa yang pertama-tama menjinakkan kucing adalah para petani.

Yang menjadi misteri saat ini adalah bagaimana transisi kucing dari binatang liar hingga menjadi binatang yang sangat dekat dengan manusia serta bagaimana kucing yang dahulu berburu mencari mangsa tetapi kini lebih senang meminta makanan dari manusia.

Referensi : kompas
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger