Kucing Anda Berpikir Anda Adalah Kucing Berukuran Besar

Monday, January 13, 20140 comments

ilustrasi hubungan kucing dan manusia
Bagi yang sudah atau pernah memelihara kucing, kebanyakan menganggap diri mereka sebagai orang tua angkat dari si kucing, setelah memberikan tempat tinggal, makanan, dan kasih sayang. Namun apakah si kucing juga berpikir demikian???

Menurut penelitian Bradshaw, seorang ahli biologi di University of Bristol, Inggris, yang sudah melakukan penelitian sekitar 30 tahun terhadap perilaku kucing, kucing tidaklah menganggap manusia yang merawatnya sebagai orang tua angkat mereka. Kucing menganggap kita sebagai kucing yang berukuran lebih besar tetapi bukan musuh.

Teori tersebut diungkapkan berdasarkan fakta bahwa pada dasarnya kucing adalah binatang liar. Kucing dekat dengan manusia dan menjadi peliharaan manusia karena kemauan mereka sendiri, berbeda dengan anjing yang dekat dengan manusia karena memang didomistikasi oleh manusia untuk tujuan tertentu.

Seperti yang kita tahu, pada mulanya kucing adalah binatang liar. Karena memangsa tikus dan binatang pengerat yang merusak tanaman petani, kucing pun dibiarkan berkeliaran di sekitar manusia hingga akhirnya mereka 'dipelihara' oleh manusia karena dianggap berguna. Dengan kata lain, kucing dekat dengan manusia bukan karena sesuatu yang diajarkan kepada mereka seperti anjing yang patuh kepada majikannya, tetapi lebih kepada insting alami kucing untuk bertahan hidup. 

Menurut Bradshaw, kucing datang dan meringkuk di pangkuan kita itu memiliki satu maksud tertentu, yaitu agar diberi makan. Kucing membawa pulang hasil buruannya bukanlah untuk hadiah bagi anda, tetapi untuk menunjukkan bahwa makanan yang anda berikan kepada si kucing rasanya jauh lebih enak, sehingga dia tidak memakan hasil buruannya. 

Kucing menyambut kita dengan ekor tegak dengan maksud untuk memberitahu bahwa kita bukanlah kucing yang bermusuhan dengannya. Mungkin ini adalah perilaku kucing terhadap manusia yang paling tulus, yaitu untuk bersahabat, dan kita sebut sebagai kasih sayang.

Jadi jika anda pikir anda adalah orang tua angkat bagi si kucing setelah semua yang anda lakukan, tidak sama halnya dengan mereka. Kucing menganggap kita sebagai kucing berukuran besar, yang sangat bersahabat yang mau memberikan makanan enak untuk mereka setiap hari.

Referensi : mnn.com
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger