Mengenal Kucing Mojave Spotted

Sunday, May 26, 20130 comments

Mengenal Kucing Mojave Spotted
Kucing Mojave Spotted atau kalau di bahasa Indonesiakan menjadi "Kucing Mojave tutul" dikembangkan dengan tujuan awal untuk menjaga kelestarian kucing gurun Mojave, sehingga diawal pengembangannya, kucing ini diberi nama kucing gurun Mojave.

Kucing gurun mojave pertama kali ditemukan pada tahun 1980 oleh April Langford. Koloni kucing ini ditemukan hidup di lubang di bawah semak di sekitaran gurun. Belum diketahui bagaimana kucing ini bisa membuat lubang semacam itu. Diperkirakan mereka hanya menghuni lubang yang dibuat oleh binatang liannya. Koloni pertama ditemukan di sebuah kota kecil di Selatan California yang bernama Hesperia.

Pada tahun 1990-an populasi kucing gurun Mojave perlahan-lahan mulai menghilang. Oleh karena itu dimulailah sebuah program pembiakan kucing gurun mojave untuk menjaga agar spesies kucing yang cantik ini tidak punah.
 
Akhirnya generasi yang dilahirkan di penangkaran semakin kedepan semakin eksotis, dan semakin dekat dengan manusia. Sekitar tahun 1996-an, kucing gurun mojave pun disilangkan dengan kucing bengal untuk menghasilkan kucing mojave yang lebih besar.

Proses persilangan tersebut pun sukses, dan menghasilkan kucing mojave yang lebih besar, corak tutulnya lebih jelas, dan berbulu lebih halus dan berkilau. Tidak hanya itu, kucing mojave pun menjadi lebih cerdas, dan bertemperamen lembut. Namun secara garis besar, penampilan kucing mojave yang asli tidaklah berubah.

Pada tahun 2007 kucing mojave spotted sudah mulai dikembangbiakkan tanpa penyilangan dengan jenis kucing lain lagi. Dan Cheshire Cats Cattery, adalah satu-satunya Caterry yang membiakkan ras kucing ini. Tidak ada breeder lainnya yang mempunyai akses kepada kucing Mojave Spotted. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kucing ini tidak disilangkan lagi, sehingga tetap terjaga sebagai "kucing gurun Mojave".

Kucing Mojave Spotted merupakan kucing berbulu pendek yang hadir dalam beberapa corak seperti tabby tutul (Spotted tabby), tutul macan (leopard), sable, silver, biru, cokelat, dan warna arang. Berat tubuh kucing Mojave Spotted sekitar 3,6 hingga 10 kg.

Kucing Mojave Spotted memiliki temperamen yang dari waktu ke waktu semakin dekat dengan manusia. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang sangat cerdas, waspada, menyenangkan, bertenaga, aktif, penuh rasa ingin tahu, sosial, senang di luar rumah, tetapi juga mandiri. Mereka juga senang bermain air dan berburu.

Referensi : dog breed info
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger