Hati-hati dengan toksoplasma pada tai kucing!!!

Wednesday, July 10, 20134comments

foto kucing kampung lucu
Dibalik kelucuan dan keluguan seekor kucing, ternyata ada bahaya yang cukup berbahaya yang tersimpan dibalik semuanya. Adalah bakteri Toksoplasma gondii yang disebut-sebut merupakan sebuah parasit yang lebih kompleks dibandingkan dengan virus.

Menurut penelitian yang sudah banyak dilakukan, bakteri toksoplasma ini sangat berbahaya bagi wanita hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin, seperti pertumbuhan organ maupun mental si bayi. Konon, bakteri ini juga menyebabkan peningkatan keinginan bunuh diri seorang wanita, dan juga menjadi salah satu penyebab kebodohan pada anak. Parasit yang satu ini juga disebut-sebut terkait dengan adanya penyakit depresi, dan schizophrenia.

Parasit ini tidak hanya menyerang wanita saja, melainkan semua orang. Hanya saja, dampaknya akan lebih fatal pada wanita hamil. Tidak juga hanya orang dengan kekebalan tubuh yang buruk, bahkan orang yang sehat pun dapat terkena Toksoplasma gondii.

Sebenarnya Toksoplasma  gondii tidak hanya ditemukan pada kucing saja. Parasit ini juga dapat ditemukan pada kotoran anjing, kelinci, kambing, atau babi. Hanya saja karena kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat populer, maka ancaman mereka jadi lebih serius.

Beberapa tips dari The American Academy of Pediatrics yang sebaiknya anda lakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan parasit ini antara lain :
  • Periksa kesehatan sebelum menikah untuk melihat apakah anda dan pasangan anda benar-benar bebas dari parasit ini. Hal ini berguna agar dapat segera diambil tindakan jika ternyata salah satu dari anda terkena gejala toksoplamosis ini.
  • Karena toksoplasma dapat menginfeksi hewan ternak melalui rumput yang terkena kotoran kucing yang mereka makan, maka pastikan daging yang anda makan telah dimasak dengan benar-benar matang.
  • Minumlah susu yang sudah dipasteurisasi atau sudah dimasak.
  • Cuci tangan dan peralatan masak dengan air sabun dan air hangat setelah digunakan untuk memeasak daging.
  • Cucilah buah dan sayur dengan bersih menggunakan air yang mengalir sebelum dimakan. Akan lebih baik jika anda mengupas terlebih dahulu buah-buahan yang akan anda makan.
  • Minum air yang bersih dan matang.
  • Hindari kontak langsung dengan kotoran kucing.
  • Dan yang terakhir yang menurut saya sangat penting adalah, jangan lupa kucing anda divaksin, dan diperiksakan kondisi kesehatannya secara rutin.
O iya, sebaiknya ibu-ibu yang sedang hamil jangan membersihkan litter box atau berurusan dengan kotak pasir si kucing terlebih dahulu. Biar itu dikerjakan oleh suami anda. Sebaiknya kotoran kucing jangan dibuang di dalam toilet, apalagi kalo anda menggunakan toilet duduk. Lebih baik dikubur saja yang dalam di tempat yang jarang dilewati. ^_^

Referensi : Kompas Health
Share this article :

+ comments + 4 comments

July 12, 2013 at 11:53 AM

gak sebegitunya gan,, coba ente telusuri lebih dalam dari berbagai smber.. dokter, bidan tau lbih mudahnya di google aja.. toksoplasma gak semengerikan kayak yg anda informasikan.. cz q drumah bnyak plihara kcing n istriku hamil smpai mlahirkan n ampe bsar anak q gk ada apa2,, mlahan istriq jga ikut mrawat kcing2 kami

July 12, 2013 at 4:03 PM

Hmm, mungkin anda ada benarnya juga... karena pada dasarnya kekuatan pikiran positif lebih kuat daripada obat2an terbaik ataupun virus paling mematikan... lagian kucing kan udah dipelihara dari jaman Nabi dulu, dan diagnosa buruk baru muncul ketika penelitian menemukan sesuatu yg buruk dan diketahui khalayak ramai,,, So, mending berpikiran positif aja ya!!! ... ^_^

Anonymous
March 17, 2017 at 7:54 PM

hmm iya jg betul kata kaka kaka ini. saya punya kucing banyak tapi ngga sesadis yg di informasikan. heheh maaf yaa

May 27, 2017 at 5:02 AM

Ada kucing 4 dirumah. Kadang 1 lagi datang. Jadi serem. Mau dilepas, masih kecil. Mereka datang sendiri, maknya yang bawa.

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger