Mengenal Kucing Selkirk Rex

Thursday, October 24, 20130 comments

Foto Kucing Selkirk Rex
Kucing Selkirk Rex berbeda dari semua kucing jenis Rex lainnya. Kucing ini berasal dari Montana, Amerika Serikat. Kucing jenis ini terbentuk karena mutasi genetik yang alami. Kucing jenis memiliki tubuh yang besar dan kokoh menyerupai British Shorthair.

Pada tahun 1987 seekor anak kucing lahir dari seekor kucing yang diselamatkan ke penampungan. Anak kucing yang memiliki bulu yang tidak biasanya tersebut kemudian dipelihara oleh seorang breeder yang bernama Jeri Newman dan diberi nama Miss DePesto. Kemudian, dengan menyilangkannya dengan seekor kucing persia jantan berbulu hitam lahirlah 3 ekor kucing Selkirk Rex dan 3 ekor kucing berbulu lurus. Dari sinilah keberadaan kucing Selkish Rex dimulai.

Dalam pengembangannya, digunakan beberapa jenis kucing ras lain untuk menghasilkan kucing Selkish Rex seperti yang sekarang kita lihat. Diantaranya adalah American Shorthair, Kucing Persia, Kucing Himalaya, Kucing Exotic, dan British Shorthair.

Kucing jenis ini hadir dalam dua variasi yaitu longhair dan shorthair dimana semua warna bulu diijinkan. Bulunya sangat lembut, dan terlihat seperti bulu domba dengan pola ikal yang tidak beraturan. Sayangnya, bulunya yang sangat padat memiliki kecenderungan rontok yang tinggi tidak seperti kebanyakan jenis kucing Rex lain yang hypoallergic.

Keberadaan kucing Selkirk Rex pertama kali diakui oleh The International Cat Association (TICA) pada tahun 1992. Disusul pengakuan dari American Cat Fanciers Association pada tahun 1998, dan Cat Fanciers' Association (CFA) pada tahun 2000.

Temperamen kucing Selkirk Rex cenderung santai, manja, tetapi juga senang bermain-main. Sampai saat ini belum ditemukan masalah khusus pada kondisi kesehatannya. Mereka termasuk jenis kucing yang memiliki daya tahan tubuh tinggi. Namun, seperti kebanyakan kucing jenis Rex lainnya, iritasi pada bagian dalam telinga masih mungkin terjadi, dikarenakan bulunya yang keriting.

Untuk perawatannya, dikarenakan bulunya sangat tebal, keriting, dan mudah rontok, kucing ini perlu sering-sering dimandikan. Terutama yang versi longhair.

Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger