Ciri - ciri kucing yang sehat

Thursday, December 13, 20121comments

gambar kucing galau
Memiliki kucing yang sehat merupakan sesuatu kebanggaan, ketenangan, dan kenyamanan tersendiri bagi para pemelihara kucing. Namun tak banyak pemelihara kucing yang mengetahui tanda-tanda kucing sehat. So, mari kita bahas beberapa ciri kucing sehat yang bisa ditangkap dengan mudah.
  • Nafsu makan : kucing yang sehat memiliki nafsu makan yang normal. Kata normal di sini merujuk pada pola makan harian si kucing. Misal pada hari-hari biasa kucing makan dengan lahap setiap jam-jam tertentu, tetapi tiba-tiba kucing tersebut jadi malas makan.
  • Suhu tubuh : kucing yang sehat memiliki suhu tubuh antara 37,6 hingga 39,4 derajat celcius. Jika suhu tubuh kucing tersebut diatas atau dibawah ambang tersebut, dimungkinkan kucing terserang virus. 
  • Denyut nadi kucing yang normal yaitu 76/menit hingga 148/menit. Jika denyut nadinya tidak normal, mungkin kucing anda rentan terkena kelainan pada ginjal dan jantung.
  • Frekwensi nafas kucing yang sehat berkisar antara 26 - 48 per menit. Kucing yang menderita pneumonia (radang paru-paru) biasanya nafasnya lebih cepat tetapi dangkal.
  • Kotoran kucing yang sehat biasanya padat dan tidak terlalu menyengat baunya. Jika kotoran kucing mencret, baunya sangat menyengat, atau berdarah, berarti kucing anda sedang sakit. namun untuk kotoran yang mencret, terkadang tidak berarti sakit. Bisa saja terjadi karena belum cocok dengan makanan yang baru anda berikan.
  • Kondisi kulit dan bulu kucing yang sehat cenderung tidak korengan dan tidak rontok. Untuk urusan rontok, mungkin ada masa-masa dimana bulu kucing mengalami siklus rontok tahunan. So, kenali kerontokan kucing anda lebih jeli.
  • Temperamennya tidak berubah secara tiba-tiba.  Kucing yang tiba-tiba menjadi ganas, takut cahaya, tidak tahu tuannya, kemungkinan besar terkena rabies. Perlu anda ketahui bahwa rabies juga bisa menular dari kucing ke manusia melalui gigitan. Sebaiknya anda mengikuti anjuran dokter untuk melakukan vaksin 3 kali setelah kucing berumur 3 bulan.
  • Mata tidak belekan, hidung tidak keluar cairan, telinga bersih, dan mulut tidak ngeces.
Yeah, saya rasa itu adalah sebagian besar tanda-tanda yang bisa anda lihat untuk mengetahui apakah kucing anda berada pada kondisi yang sehat atau tidak.

Referensi : penyakithewankita
Share this article :

+ comments + 1 comments

March 7, 2015 at 7:17 PM

Kucing saya nafasnya cepat, pupnya encer, gamau makan, lemas , itu kenapa ya?

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger