Mengenal Kucing Manx

Saturday, November 24, 20120 comments

Kucing Manx
Kucing Manx atau dulu disebut kucing Manks, merupakan jenis kucing domestik (Felis catus) yang berasal dari Isle of Man di kepulauan Inggris. Karena mengalami sebuah mutasi genetik secara alamiah, ekor kucing Manx menjadi lebih pendek dibandingkan dengan ukuran ekor kucing normal.
Mungkin banyak kucing Manx yang memiliki ekor yang pendek, tetapi kucing ini lebih terkenal sebagai kucing tanpa ekor. Hal ini merupakan sesuatu yang spesial yang membedakan ras ini dengan ras lainnya, selalin bentuk kaki belakang yang memanjang dan bentuk kepala yang bulat.
Kucing manx memiliki berbagai variasi warna dan corak bulu, tetapi warna putih total merupakan jenis yang paling langka. Selain itu jenis kucing manx berbulu panjang sering diklasifikasikan dalam ras lain yaitu ras Cymric.
Karakteristik kucing Manx ini adalah ramah, jinak, dan aktif. Kucing Manx juga dikenal sebagai seekor pemburu yang terampil, makanya tidak mengherankan jika dulunya kucing ini banyak dipelihara oleh pertani setempat untuk mengatasi masalah hewan pengerat.
Kucing Manx telah diikutsertakan dalam sebuah show setidaknya sejak akhir tahun 1800-an. Pada saat itu hanya sedikit show kucing yang menyediakan kategori khusus kucing Manx. Selain itu biasanya kucing ini diikutsertakan dalam naungan kucing ras lain. Sehingga kucing ras ini tidak dapat berkompetisi dengan baik.
Akhirnya, seorang breeder kelas kakap yang bernama Charles Henry Lane yang memiliki seekor kucing manx berbulu putih total yang diberi nama "Lord Luke" mempublikasikan sebuah standar resmi bagi ras kucing Manx  pada tahun 1903.
Perkembangbiakan kucing Manx terbilang cukup sulit. Ras kucing ini memiliki dua buah gen ekor pendek (homozigot) yang dapat menyebabkan kematian pada janin sebelum dilahirkan karena kelainan tulang punggung. So, anda perlu berhati-hati jika ingin mengawinkan dua ekor kucing Manx tanpa ekor.
Kucing Manx sendiri sebenarnya merupakan salah satu ras kucing tertua yang pertama kali dicatat oleh Cat Fanciers' Association (CFA) yang didirikan pada tahun 1908.


Referensi : wikipedia
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger