Pages

Wednesday, July 31, 2013

Grumpy Cat akan segera menjadi merk sebuah produk Kopi Kaleng Siap Minum

Foto Cover Grumpy Cat Grumpuccino
Kepopuleran Grumpy Cat sepertinya masih tak kunjung surut. Setelah menginspirasi banyak sekali karya seni serta dibuatkan film dan buku, kini kucing cemberut yang mulai dikenal dunia setelah fotonya dipajang di situs reddit.com ini, akan dijadikan trade mark sebuah minuman kopi kaleng.

Grumpy Cat Grumpuccino, demikian nama minuman kaleng berbasis kopi ini akan diberi nama. Rencananya minuman ini akan hadir dalam 3 varian warna yaitu Reguler (menggunakan kopi Arabika dan susu), Mocca, dan Vanilla

Menurut kabar yang beredar, kopi kalengan ini akan mulai diluncurkan pada 7 Agustus 2013 ini. Penjualan awalnya sendiri baru akan dilakukan secara online, tetapi rencana kedepannya tetap akan tersedia di supermarket juga.

Sayangnya belum ada konfirmasi resmi dari situs resminya, drinkgrumpycat.com, mengenai harga dari 'kopi grumpy cat' ini. Hanya saja, penampakan kemasan kopi grumpy cat ini sudah dapat anda lihat sekarang.

Selain secara langsung mengunjungi situs resminya, anda juga bisa mendapatkan update informasi mengenai kopi unik ini melalui facebook fanspage "The Official Grumpy Cat", serta di Twitter via @DrinkGrumpyCat.

Referensi : detik food

Saturday, July 27, 2013

Mengenal Kucing Puppykat, kucing dengan 3 mutasi

Foto Kucing Puppykat
Kucing Puppykat merupakan jenis kucing berbadan medium hingga besar yang memiliki bentuk tubuh panjang proporsional. Kucing ini hadir dalam versi bulu panjang dan versi bulu pendek, dimana bulu-bulunya tebal dan lembut.

Kucing Puppykat merupakan spesies kucing yang unik. Kucing jenis ini hadir dengan 3 mutasi gen sekaligus dalam satu tubuh yaitu ; berdaun telinga melipat, berjari banyak (polydactyl), dan berekor pendek.

Kucing jenis ini hadir dalam semua warna dan pola bulu, seperti calico, tortie, solid, smoke, dll. Namun pola bulu "tux" yang paling banyak disukai. Sayangnya kami sendiri belum begitu paham pola warna 'tux' itu seperti apa. He... ^^

Kucing puppykat digambarkan sebagai jenis kucing yang cerdas, kalem, tetapi senang bermain. Mereka dapat beradaptasi dengan suasana baru dan orang baru dengan baik. Mereka juga dapat dengan mudah dilatih untuk berjalan di atas tali atau bermain fetch.

Telinga melipat pada puppykat merupakan turunan dari kucing Scottish Fold. Namun tidak semua anakan kucing puppykat akan bertelinga melipat. Masih ada beberapa yang memiliki daun telinga lancip, tetapi masih tetap diakui sebagai kucing puppykat.

Idealnya kucing jenis ini terlahir dengan kondisi polydactyl dengan 5 hingga 7 cakar pada kaki bagian depan dan 4 hingg 7 pada kaki bagian belakang. Meskipun demikian, kucing yang terlahir dengan jumlah cakar normal, juga tetap diakui sebagai puppykat.

Idealnya kucing jenis ini memiliki ekor yang pendek, yaitu sekitar 1,5 inch hingga 2,5 inch. Ekornya yang pendek ini diturunkan dari gen kucing Manx. Namun kemungkinan untuk lahir anak kucing dengan ekor yang normal juga masih ada. Dan itu masih diakui sebagai Puppykat.

Oleh karena ketidakstabilan bentuk kucing yang dilahirkan, maka ada sebuah kode unik yang disematkan pada kucing jenis ini. Kode tersebut berfungsi untuk menginformasikan mengenai kondisi si kucing. Contoh kodenya adalah sebagai berikut :

PPK SB 02182005 002 SH LT FE PD

Artinya :
  • PPK : merupakan kode untuk kucing Puppykat
  • SB : stud book registered, yang artinya kucing ini memiliki semua pedoman registrasi.
  • 02182005 : merupakan tanggal lahir si kucing yaitu 18 Februari 2005.
  • 001 : menunjukkan bahwa kucing ini adalah yang pertama yang didaftarkan lahir pada tanggal tersebut diatas.
  • SH : Short Hair (berbulu pendek), untuk yang berbulu panjang menggunakan kode LH (Long Hair).
  • LT : Long Tail (berekor panjang), untuk yang berekor pendek menggunakan kode ST (Short Tail).
  • FE : berdaun telinga melipat (Folded Eared), untuk yang luru menggunakan kode SE (Straight Eared).
  • PD :Polydactyl, sementara yang jumlah cakarnya normal, tidak menggunakan kode apapun atau dikosongkan pada bagian ini.

Friday, July 26, 2013

Ilmuwan telah menemukan penyebab utama alergi kucing

foto alergi kucing
Para peneliti telah mengidentifikasi bagaimana jalur reaksi alergi terhadap kucing. Hal ini memunculkan satu harapan baru untuk segera mendapatkan sebuah obat pencegahan yang lebih efeksitif dan efisien.

Dr Clare Bryant dari University of Cambridge, memimpin para peneliti untuk meneliti protein yang ditemukan pada kulit kucing, atau kita mungkin lebih mengenalnya dengan ketombe kucing, yang diperkirakan merupakan penyebab utama datangnya alergi.

Tim tersebut menemukan bahwa terdapat suatu jalur tertentu dalam tubuh kita yang akan aktif jika terkena alergen dari kucing, barulah setelah itu kita dihadapkan pada bakterial toksin. Fenomena ini memicu respon daya imun tubuh yang besar bagi penderita alergi, menyebabkan gejala-gejala seperti bersin-bersin, batuk, atau hidung meler.

Kepada BBC News, Dr Bryant mengatakan bahwa dengan memahami mekanisme dasarnya, obat yang diciptakan serta dalam uji klinis dalam kondisi yang lain dapat digunakan dalam cara yang berbeda untuk merawat dan mencegah alergi terhadap kucing.

Sebuah reaksi alergi muncul ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dalam mendeteksi ancaman kesehatan, semisal ketombe kucing atau bulu kucing, bukan karena mendeteksi adanya bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Hasil dari penelitian ini sendiri telah dipublikasikan dalam Journal of Immunology. Dan tentu saja ini adalah sebuah harapan baru bagi para penderita alergi kucing yang ingin memelihara kucing, bukan???

Referensi : zeenews india

Thursday, July 25, 2013

Cara menangani kucing yang takut petir

Cara menangani kucing yang takut petir
Tentu saja tidak semua kucing peliharaan dapat tenang ketika terdengar suara petir menyambar-nyambar di langit. Apalagi pendengaran kucing jauh lebih peka daripada kita. So, apa yang bisa kita lakukan jika kucing peliharaan kita begitu terusik dengan suara petir yang menyambar-nyambar??? Hmm, ada beberapa kita dari catster.com nih yang mau kucinggue bagikan untuk pecinta kucing Indonesia.

1. Kucing bereaksi terhadap perubahan cuaca, dan itu normal
Beberapa ilmuwan menyatakan dalam hipotesanya bahwa perubahan tekanan udara yang menandakan adanya perubahan cuaca, serta pendengaran kucing yang sangat peka, membuat kucing mampu mengetahui kedatangan petir sebelum kita tahu itu akan datang. Hal ini bisa membuat si kucing merasa nervous. Jika anda melihat kucing anda bertingkah aneh dan anda memprediksi akan segera datang hujan, anda bisa melakukan beberapa tindakan jaga-jaga sebelum cuaca semakin menggila. Menutup pintu dan jendela misalnya.

2. Pastikan kucing kesayangan anda berada di dalam rumah
Jika kucing anda berada di luar rumah, segera panggil dia sebelum hujan turun, atau seenggaknya pastikan ada jalan masuk ke dalam rumah bagi si kucing. Apalagi, bagi anda yang tinggal di daerah yang sering dilanda badai, kebersamaan kalian berdua di dalam rumah saat terjadinya badai, akan membuat anda dan kucing anda merasa lebih tenang.

3. Sikap anda adalah kuncinya
Kucing dapat merasakan perasaan manusia. Jika anda merasa gelisah saat ada badai, kucing anda dapat merasakannya juga. Sehingga dia akan dapat 'tertular' cemas, dan gelisah. Berusahalah untuk tetap tenang.

4. Obat penenang mungkin bisa membantu
Bach Rescue Remedy merupakan semacam sari bunga yang diciptakan untuk membantu tubuh dan pikiran menghadapi rasa takut atau trauma. Gosokkan pada bagian ubun-ubun si kucing. Tenang saja, essensial untuk binatang ini bebas alkohol.

5. Jika kucing anda ingin bersembunyi, biarkan saja
Merupakan sebuah insting alami bagi kucing untuk mencari perlindungan ketika terjadi badai. Biarkan kandangnya terbuka dan letakkan selimut di dalamnya. Semprotkan feliway di bagian dalam kandang sebelum si kucing masuk. Jika kucing anda merasa aman berada di bawah ranjang atau di dalam gudang di rumah anda, biarkan saja.

6. Jika kucing anda menginginkan kenyamanan, berikanlah
Beberapa orang mengatakan kalau lebih baik abaikan kucing anda yang ketakutan saat ada petir. Namun kami tidak sependapat, berikut ini alasannya ; Jika anda melihat anak kecil ketakutan dan menangis, apakah anda akan membiarkannya sendirian??? Tentu tidak bukan??? Anda pasti akan mendatanginya, memeluknya dan menenangkannya. Begitu juga yang sebaiknya anda lakukan terhadap kucing anda.

7. Gunakan baju penenang
Hmm, ini terdengar sangat aneh. Ya, kami juga baru mendengar ada benda semacam ini. Menurut laporan di Amerika sana ada sebuah produk untuk hewan yang disebut Thundershirt. Semacam baju penenang begitulah. Awalnya, thundershirt ini didesain untuk anjing pada tahun 2009, tetapi karena terbilang sukses, maka dibuatlah versi kucingnya.

Referensi : catster

Wednesday, July 24, 2013

Sari dan kucing kesayangannya [Foto Kiriman Pembaca]

Pembaca kucinggue yang kami sayangi, kali ini salah satu sahabat kucinggue yang bernama Sari ingin membagi cinta kasihnya bersama kucing kesayangannya melalui sebuah foto. Semoga menginspirasi kita untuk terus berbagi kasih dan sayang kepada sesama makhluk Tuhan... Have a Nice Day ^_^
Foto penyayang kucing

Tuesday, July 23, 2013

Shelter yang sempat diselamatkan oleh kucing berjari 26 ini akhirnya ditutup

Foto Daniel, si kucing berjari 26
Pada umumnya, seekor kucing hanya memiliki 18 cakar di keempat kakinya, tetapi kucing berbulu tabby orang-putih yang bernama Daniel ini memiliki 26 cakar akibat dari mutasi genetik yang dikenal dengan nama polydactylism.

Pemilik Milwaukee Animal Rescue Center, Amy Rowell, menemukan Daniel di sebuah pusat pengendali hewan ketika dia pergi untuk mengambil kucing lain dimusim gugur tahun 2011 lalu. Pada saat itu dari sebuah kandang kepala Amy dicolek oleh sebuah cakar imut yang tidak lain adalah cakar Daniel yang tengah terkurung di sebuah kandang.

Amy mengatakan bahwa dia tidak dapat membantu, tetapi dia bisa membawa si kucing ke shelter, meski kemungkinan si kucing bisa di-euthanasia. Sejak saat itulah Daniel menjadi maskot dari shelter tersebut, menyapa pengunjung, dan menarik perhatian publik. 

Pada tahun 2011, Milwaukee Animal Rescue Center mulai meminta sumbangan sebesar $26 kepada masyarakat untuk membangun sebuah gedung baru karena sewa tempat mereka di Greendale mall naik dua kali lipat.

Hingga akhirnya kucing bercakar 26 tersebut berhasil membantu shelter mengumpulkan sumbangan mencapai $120,000, sehingga Amy dapat membeli dan merenovasi sebuah gedung di Greenfield. Gedung ini pun secara resmi dibuka pada April 2012, tetapi setelah itu kas mulai mengering lagi dan mereka kehilangan terlalu banyak uang untuk dana perawatan gedung.
"Ini adalah 24-7 selama 8 tahun," ungkap Amy "Saya tidak berpikir banyak orang yang mengakui atau menghargai berapa banyak waktu dan tenaga yang dicurahkan untuk sebuah bisnis kecil."
Amy menambahkan, penutupan akan lebih baik, sehingga sumber daya dan tenaga yang tersedia dapat berguna bagi organisasi penyejahteraan hewan yang lebih mapan. Shelter ini pun memotong biaya adopsi hingga setengah menjadi $50 untuk memberikan 'majikan' baru bagi 24 kucing dan 4 ekor anjing yang masih tersisa hingga akhir Juli ini. Namun, sepertinya akan memakan waktu yang lebih lama karena mereka mempunyai banyak binatang yang memiliki kebutuhan khusus.

Daniel pun kini diadopsi sendiri oleh Amy yang telah menemukan pekerjaan baru yaitu sebagai Direktur pengembangan di sebuah SMA setempat. Namun dia mengatakan dia dan Daniel berencana untuk tetap menjadi sukarelawan dalam upaya penyejahteraan binatang.

Referensi : miami herald

Monday, July 22, 2013

Kucing ini "mengerjai" kru pemadam kebakaran di Inggris

Foto kucing terjebak di atas atap rumah
Yeah kita semua tahu kalau kucing adalah pemanjat yang lihai. Namun sepertinya mereka adalah penurun yang buruk. Terbukti dari banyaknya kasus kucing yang tidak bisa turun dari tempat tinggi yang sudah dia panjat. Seperti yang terjadi pada kucing yang satu ini.

Seekor kucing berbulu hitam-putih terjebak di atap rumah seorang warga di Walkden, Manchaster, Inggris, selama kurang lebih 8 jam. Sekitar pukul 7 pagi waktu setempat, sang pemilik rumah, Denise dan Raymond Haslam, untuk pertama kalinya mendengar suara mengeong di atap rumah mereka. 

Mereka pun memanggil para tetangga untuk meminta bantuan. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menelepon RSPCA setempat untuk meminta bantuan.  RSPCA pun datang dan berusaha melakukan penyelamatan. Namun tidak ada hasil. 

Akhirnya, petugas pemadam kebakaran pun dipanggil untuk menangani masalah 'pelik' tersebut. Dua orang kru pemadam kebakaran pun naik ke atap dan berusaha menangkap si kucing, tetapi mereka pun dibuat kepayahan juga. Hingga akhirnya si kucing melompat turun dengan sendirinya tanpa bantuan. Lhoh!!! Jail juga tuh kucing!!! ^_^

Referensi : this is lancashire

Sunday, July 21, 2013

Jika ada kucing yang masuk ke dalam restoran, maka akan didenda 1,4 juta rupiah

Jika ada kucing yang masuk ke dalam restoran di Dubai, maka akan didenda 1,4 juta rupiah
Ada peraturan baru bagi restoran-restoran di Dubai. Jika kedapatan ada seekor kucing yang diijinkan masuk ke dalam sebuah restoran di Dubai, maka restoran tersebut akan didenda sebesar 1,4 juta rupiah.
“Jika petugas menilai restoran membiarkan kucing berkeliaran maka mereka akan dikenai hukuman denda sebesar Rp 1,4 juta,” kata Hashim al-Awadi, Kepala Dokter Hewan Dubai kepada Gulf News seperti dikutip dari palingseru.com.
Aturan tersebut diterapkan karena banyak pengunjung restoran di negara konglomerat Arab tersebut yang merasa bahwa kucing hanya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan jika dibiarkan berada di dalam restoran.

Pihak restoran dianjurkan untuk segera melapor kepada petugas yang berwenang jika mendapati ada kucing yang masuk ke dalam restoran mereka. Petugas akan segera menangkap kucing tersebut dan 'membuangnya' di suatu tempat.

Namun, jika si kucing hanya berkeliaran di luar restoran, itu tidak masalah. Yang dipermasalahkan hanyalah jika ada kucing yang masuk dan berkeliaran di dalam restoran.

Referensi : palingseru.com

Saturday, July 20, 2013

INFORMASI KUCING HILANG DAERAH DEPOK TIMUR

Saya Chandra, tinggalnya di daerah Depok 2 Timur di Lingkungan Cipayung di antara Pasar Agung dan Pasar Musi.
Foto Kimmy

Nama : kimmy/ibing, usia 2 tahun
Ciri-ciri: kucing Jantan, kucing campuran kampung dan angora, warna bulu coklat muda keputih-putihan, warna mata coklat tua, bulu ekor panjang dan lebat. Hidung pink.
Sifat: dia sangat sulit dipegang/didekati orang asing saat di jalanan kecuali saat di rumah dia mau dipegang.
Dia kurang suka makanan kucing yang kering, lebih suka ikan.
Hilang sejak Minggu malam Jam 22 tgl 14 Juli 2013.
Walaupun dia bukan kucing ras cuma kucing biasa, kami sekeluarga sangat sayang dia. 

KALAU ADA YANG MELIHAT KUCING DENGAN CIRI-CIRI SEPERTI YANG DITAMPILKAN DI HALAMAN INI, PEMBACA KUCINGGUE YANG KAMI SAYANGI BISA MENGHUBUNGI : <alviandro@gmail.com>   



Thursday, July 18, 2013

Mengenal Kucing Pixie-bob

foto kucing pixie-bob
Kucing Pixie-bob merupakan satu ras kucing domestik yang diklaim oleh pengembangnya, Carol Ann Brewer dari Washington, sebagai keturunan alami dari persilangan kucing hutan (bobcat). Namun tes DNA menunjukkan sebaliknya. Tidak ditemukan DNA kucing hutan dari kucing Pixie-bob ini. Sehingga DNA kucing ini dianggap sepenuhnya domestik.

Kucing Pixie-bob merupakan kucing domestik yang dibiakkan dengan penampilan yang menyerupai kucing hutan Amerika Utara (North American Bobcat). Untuk kucing yang bersertifikasi TICA, salah satu dari induknya haurs memiliki garis keturunan dari StoneIsland Pixie, yang merupakan inspirasi asli dari kucing ras ini.

Kucing Pixie-bob memiliki tubuh yang besar atau bahkan lebih besar. Namun rata-rata berat mereka hanya sekitar 5 kg. Sangat sedikit sekali breeder yang membiakkan yang berukuran lebih besar dari itu. Kucing jantan cenderung berukuran lebih besar dibandingkan dengan yang betina. Masa pertumbuhan kucing Pixie-bob adalah selama 4 tahun. Bukan satu tahun seperti kebanyakan kucing domestik pada umumnya.

Kebanyakan kucing Pixie-bob memiliki kulit dan bulu berwarna hitam pada bagian ujung telinga, pangkal cakar, rambut lebat di telinga, bibir hitam, dan bulu putih di sekitar mata tetapi dengan kulit berwarna hitam. Terdapat bulu putih di bagian dagu, tetapi biasanya kulit tempat tumbuhnya bulu tersebut tetap berwarna hitam. Warna kumis mereka pada bagian dasar (sekitar 25%) berwarna hitam, sisanya hingga ujung berwarna putih.

Kucing Pixie-bob memiliki pola bulu yang menyerupai kucing bobcat, tetapi biasanya agak kemerahan. Kebanyakan dari mereka berbulu pendek, tetapi ada juga beberapa yang berbulu panjang. Bola mata mereka berwarna biru ketika masih bayi, kemudian berubah menjadi hijau atau keemasan ketika sudah berumur beberapa bulan.

Meskipun namanya "bob", kucing ini tidak semuanya memiliki ekor yang sangat pendek. Beberapa hanya sepanjang 2-4 cm, tetapi ada juga yang ekornya panjang. Belum diketahui keterkaitan kucing ini dengan ras-ras kucing berekor super pendek seperti kucing Manx, American Bobtail, atau Japanese Bobtail.

Dikatakan kucing ini memiliki kecerdasan yang tinggi, sosial, aktif tetapi tidak hiperaktif, dan senang bermain dengan binatang lain. Mereka juga dikenal jarang mengeong, bahkan ada yang tidak mengeong. Justru mereka lebih sering menggeram atau semacam mendengkur, begitu.

Kebanyakan kucing Pixie-bob benar-benar sangat ramah terhadap pemiliknya ataupun kepada orang asing. Kebanyakan kucing jenis ini sangat senang berada pada ruangan yang sama dnegan sang pemilik dan akan mengikuti pergerakan pemilknya selama di rumah.

Referensi : wikipedia

Monday, July 15, 2013

Kucing tidak selalu berbahaya bagi ibu hamil???

foto ibu hamil dan kucing
Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak kaum hawa yang begitu kepincut dengan keimutan kucing. Kaum Adam juga banyak yang merupakan pecinta kucing kok. Nah, yang jadi hot topik akhir-akhir ini adalah masalah Toksoplasma yang terdapat di tai kucing yang konon sangat berbahaya bagi ibu-ibu hamil. Apakah benar demikian???

Secara teoritis, hal itu sangat benar bahwa bakteri toksoplasma dapat membahayakan janin. Namun pada kenyataannya tidak semua wanita hamil rentan dengan bakteri tersebut. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh orang per orang itu berbeda-beda.

Seorang wanita yang sudah sejak kecil memelihara kucing, kemungkinan besar di dalam tubuhnya sudah terbentuk suatu antibodi terhadap bakteri toksoplasma. OK lah, tidak sejak kecil, tetapi paling tidak, sudah lama memelihara kucing. Tahunan lah, begitu.

Makanya tidak sedikit wanita yang buru-buru menyanggah bahaya toksoplasma pada kucing karena menurut pengalaman mereka, hal tersebut tidak ada pengaruhnya dengan kehamilan mereka.

Namun alangkah lebih baiknya jika sebelum merencanakan kehamilan, si calon ibu memeriksakan diri terlebih dahulu apakah dia memiliki daya tahan tubuh yang bagus terhadap toksoplasma atau tidak. Atau anda juga bisa memeriksakan kucing kesayangan anda apakah mengidap infeksi aktif tokso atau tidak. Jika ternyata si kucing mengidap infeksi aktif toksoplasma atau si calon ibu memiliki daya tahan tubuh lemah, ya mau bagaimana lagi, demi keselamatan si calon janin, si kucing harus dititipkan terlebih dahulu selama masa kehamilan anda.

Oleh karena alasan di atas, banyak yang mengatakan kalau memiliki hewan piaraan sejak kecil - dalam kasus kali ini adalah kucing - adalah bagus bagi anak. Selain membuat si anak belajar tentang kasih sayang sesama makhluk Tuhan, memelihara kucing sejak kecil juga dapat menciptakan kekebalan tubuh terhadap alergi dan juga bakteri toksoplasma ini. 

Referensi : female kompas

Sunday, July 14, 2013

Mengenal Kucing Pantherette

Foto Kucing Pantherette
Kucing Pantherette merupakan kucing ras baru yang saat ini masih dalam proses pembentukan. Kucing ini dibentuk dari menyilangkan beberapa jenis kucing dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah ras kucing yang memiliki penampilan menyerupai black panther. Meski tanpa mengggunakan sedikitpun gen panther.

Bisa dibilang tujuan dan hasil dari pembiakan kucing pantherette ini sama persis dengan tujuan dan hasil dari pembiakan kucing bombay yaitu sama-sama menghasilkan kucing yang memiliki penampilan menyerupai miniatur black panther.

Jika kucing bombay dibiakkan dengan menyilangkan kucing American Shorthair dengan kucing Burmese, maka kucing pantherette generasi pertama justru dihasilkan dari menyilangkan kucing Amur F1 Bengal dengan kucing Desert Lynx ekor panjang yang berbulu hitam solid. Hasilnya adalah seekor kucing yang berbadan besar, tulang yang besar, sangat berotot, berbulu hitam solid, dan sangat menyerupai miniatur dari black panther. 

Generasi kedua pun dihasilkan dengan menyilangkan hasil dari generasi pertama dengan kucing Melanistic Bengal. Dilanjutkan dengan generasi ketiga yang menyilangkan dengan kucing Melanistic Bengal yang lain untuk menghasilkan F4 jantan dan betina. Kemudian F4 jantan dan betina bisa dikawinkan. Bisa dibilang kucing pantherette ini merupakan 1/8 Desert Lynx dan 7/8 Black Amur Bengal. Karena kucing ini masih merupakan keturunan dari Desert Lynx, maka dimungkinkan, dikemudian hari akan lahir kucing pantherette yang berbulu panjang.

Menurut informasi yang kami dapatkan, kucing pantherette generasi pertama sudah dijual sejak tahun 2002. Dan saat ini kucing pantherette sudah terdaftar di International Progressive Cat Breeders Alliance (IPCBA). Namun, sepertinya program pembiakan kucing jenis baru ini masih berlangsung sampai sekarang.          
 
Referensi : tipba.8k
credit image : kucing.biz

Saturday, July 13, 2013

Ternyata kucing juga bisa jerawatan loh!!!

feline acne, jerawat pada kucing
sumber gambar : pets.webmd.com
Kalau anda pernah memperhatikan dengan sangat seksama, mungkin anda akan mendapati kucing anda memiliki bintik kecil berwarna hitam di kulitnya, kemungkinan besar di bagian dagunya. Ada kemungkinan itu bukanlah kutu atau kotoran. Bisa saja itu adalah jerawat.

Jerawat pada kucing (feline acne) sangat berbeda dengan jerawat pada manusia. Jerawat pada kucing umumnya berupa bintik hitam kecil di bagian dagu. Itu adalah pori-pori yang terseumbat. Banyak orang keliru menganggapnya sebagai kutu atau kotoran. Jika dibiarkan saja pori-pori yang tersumbat tersebut dapat membesar dan menyebabkan infeksi hingga menjadi pustula. Paling sering jerawat ini tumbuh di bagian bawah bibir dan dagu, tetapi terkadang juga tumbuh di bagian atas bibir.

Faktor yang paling utama sebagai penyebab munculnya jerawat ini adalah mangkuk makanan atau minuman yang terbuat dari plastik. Plastik dapat menjadi tempat tumbuh bakteri dan ketika si kucing makan atau minum, maka bakteri tersebut pindah ke kucing melalui dagi si kucing yang menempel di mangkuk plastik tersebut.

Sehingga, mengganti mangkuk plastik dengan mangkuk besi atau keramik dapat menjadi salah satu solusi mencegah tumbuhnya jerawat pada kucing ini. Selain itu, sebaiknya anda mencuci mangkuk tersebut menggunakan air hangat setiap hari.

Penyebab lain munculnya jerawat pada kucing adalah makanan yang buruk, parasit, alergi, dan jamur. Beberapa ras kucing tidak memiliki kemampuan yang baik dalam membersihkan diri mereka sendiri, dan tidak bisa menjaga bagian dagu mereka agar tetap bersih.  Lihat saja kucing Persia, setelah minum biasanya dagu mereka akan basah dan terkadang kotor.

Dokter hewan perlu melakukan beberapa tes terhadap kondisi kulit si kucing, seperti mengambil sample kulit untuk dilakukan tes mikroskopik, dan skin cytology untuk mengetahui infeksi jamur yang mereka derita.

Penting bagi anda untuk menjaga agar kulit dan bulu si kucing selalu bersih. Shampoo kucing sepertinya dapat sangat membantu. Dan dalam beberapa kasus, mungkin dokter hewan langganan anda akan menyarankan untuk menggunakan shampoo obat yang mengandung benzoyl peroxide

Selain menggunakan shampoo, ada juga cara lain untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu si kucing, yaitu dengan suntikan obat. Namun saya rasa cara yang paling aman, paling murah, dan paling sederhana adalah dengan selalu menjaga kebersihan si kucing. Yeah, membantu mengeringkan dagu si kucing kalau basah sehabis minum, atau menggroomingnya setiap 2 minggu sekali, saya rasa cukup berdampak baik. ^_^

Referensi : palmbeachpost

Friday, July 12, 2013

Seekor anak kucing disusui oleh seekor bulldog di Inggris

Foto seekor Bulldog bernama Harley dengan anak angkatnya, seekor kucing bernama Tigger
Jika sebelumnya kita pernah membahas tentang seekor kucing yang menyusui anak anjing pitbull, kali ini kebalikannya. Seekor anjing (kali ini dari jenis bulldog) menyusui seekor anak kucing. Hmm, unik. Unik banget malah.

Anjing bulldog baik hati tersebut bernama Harley, seekor anjing bulldog betina berusia 2 tahunan. Sementara anak kucing yang disusuinya bernama Tigger, seekor kucing yatim piatu berusia 2 mingguan.

Tigger ditemukan di sebuah gereja di Inggris. Kemudian dia dibawa ke sebuah yayasan hewan yang bernama Vets Arvonia di Cheltenham, Gloucestershire, Inggris. Di yayasan tersebut, Tigger bertemu dengan Clare Evan, yang memutuskan untuk mengadopsinya karena jatuh hati dengan kemungilannya.

Clare sendiri sebenarnya sudah memelihara seekor anjing bulldog di rumahnya yang tidak lain adalah Harley si calon ibu angkat Tigger. Tidak disangka-sangka, Harley ternyata tidak memusuhi keturunan dari musuh bebuyutannya tersebut. Harley justru datang dan menciumi Tigger.

Dan ajaibnya, Harley yang divonis tidak bisa memiliki keturunan karena menderita tumor di tulang belakangnya, ternyata mampu mengeluarkan air susu. Nah loh!!! Rasa kasih dan sayang memang sangat luar biasa bukan??!!
“Saat aku mencoba menggendong Tigger, Harley telah lebih dulu mengambil alih,” ungkap Clare seperti yang ditulis di dailymail.co.uk, Kamis, 11 Juli 2013.
Keajaiban kasih sayang ini tidak cukup sampai disitu. Yogi, seekor anjing Herder yang juga dipelihara Clare, ternyata juga sayang kepada Tigger. Yogi sering menjilati Tigger untuk menjaganya agar tetap bersih. Sayangnya seekor anjing peliharaan Clare yang lain yang bernama Kya (juga jenis Herder) tidak mengikuti jejak kedua temannya tersebut. Kya, masih tidak bisa bersahabat dengan Tigger si kucing.

Referensi : tempo.co

Thursday, July 11, 2013

Akibat krisis makanan di Homs, ulama memfatwakan boleh makan daging kucing???

Foto kucing mujahid
Menurut laporan Ugarit News, salah satu provinsi di Suriah yang bernama Homs, merupakan salah satu daerah yang paling parah mendapatkan serangan militer dari konflik berdarah yang terjadi di sana hingga saat ini. 

Entah siapa yang salah, entah siapa yang benar. Entah itu berperang demi Tuhan dan Keyakinan, atau itu hanya akal-akalan orang yang rakus akan kekuasaan yang melihat kebodohan dan fanatisme sempit orang-orang disana yang bisa dengan mudah dipanasi dan dimanfaatkan. Itu tidak penting.

Namun yang penting kita tahu adalah, rakyat di sana dipaksa untuk kelaparan. Konon, saking terbatasnya sumber makanan, sebagian ulama setempat sampai mengeluarkan fatwa "Boleh makan daging kucing", asalkan sebatas untuk menyambung nyawa.

Yang lebih mengerikan lagi, muslim setempat pun sedang menunggu fatwa "dibolehkannya membunuh anak dan istri" agar mereka bisa tenang 'berjihad', tanpa khawatir istrinya diperkosa musuh atau anaknya dicincang dan dibakar musuh.

Entah kenapa, mendengar berita tersebut, aku jadi teringat pesan Jiraiya Sensei (salah satu karakter dalam serial Naruto). Jiraiya Sensei berpesan kepada Naruto, "When people get hurt, they learn to hate." (Ketika seseorang terluka, mereka akan belajar untuk membeci). Dan sepertinya, orang-orang di daerah konflik tersebut benar-benar sudah belajar untuk 'membenci', bahkan tidak hanya membenci musuhnya, melainkan teman, sodara, keluarga juga mereka benci dengan menganggap mereka adalah beban.

Aku harap bangsa Indonesia ini tidak mengikuti jejak mereka yang sudah terlanjur pandai 'membenci'. Semoga negeri ini selalu damai dan bersatu, agar tidak sampai ada fatwa yang 'menghalalkan yang haram demi menyambung hidup'. Mereka saja sampai menghalalkan yang haram untuk menyambung hidupnya sendiri, tetapi kenapa mereka malah merenggut hidup orang lain yang tentu juga ingin menyambung hidupnya di dunia ini??? Apakah kalian tidak berpikir???

Berhentilah meributkan siapa yang benar siapa yang salah, kita itu bangsa yang toleran, kita bangsa yang beradab, kita bangsa yang saling menghormati. Semoga tidak ada lagi orang yang menghasut untuk bermusuhan di negeri ini, entah itu mengatasnamakan agama, suku, kebenaran, atau yang lain. Semoga kejadian "Daging kucing boleh dimakan" yang terjadi di Homs, Suriah, bisa menjadi renungan bagi kita semua, untuk semakin memahami akan pentingnya perdamaian.

Referensi : arrahmah

Wednesday, July 10, 2013

Hati-hati dengan toksoplasma pada tai kucing!!!

foto kucing kampung lucu
Dibalik kelucuan dan keluguan seekor kucing, ternyata ada bahaya yang cukup berbahaya yang tersimpan dibalik semuanya. Adalah bakteri Toksoplasma gondii yang disebut-sebut merupakan sebuah parasit yang lebih kompleks dibandingkan dengan virus.

Menurut penelitian yang sudah banyak dilakukan, bakteri toksoplasma ini sangat berbahaya bagi wanita hamil karena dapat mengganggu perkembangan janin, seperti pertumbuhan organ maupun mental si bayi. Konon, bakteri ini juga menyebabkan peningkatan keinginan bunuh diri seorang wanita, dan juga menjadi salah satu penyebab kebodohan pada anak. Parasit yang satu ini juga disebut-sebut terkait dengan adanya penyakit depresi, dan schizophrenia.

Parasit ini tidak hanya menyerang wanita saja, melainkan semua orang. Hanya saja, dampaknya akan lebih fatal pada wanita hamil. Tidak juga hanya orang dengan kekebalan tubuh yang buruk, bahkan orang yang sehat pun dapat terkena Toksoplasma gondii.

Sebenarnya Toksoplasma  gondii tidak hanya ditemukan pada kucing saja. Parasit ini juga dapat ditemukan pada kotoran anjing, kelinci, kambing, atau babi. Hanya saja karena kucing merupakan binatang peliharaan yang sangat populer, maka ancaman mereka jadi lebih serius.

Beberapa tips dari The American Academy of Pediatrics yang sebaiknya anda lakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan parasit ini antara lain :
  • Periksa kesehatan sebelum menikah untuk melihat apakah anda dan pasangan anda benar-benar bebas dari parasit ini. Hal ini berguna agar dapat segera diambil tindakan jika ternyata salah satu dari anda terkena gejala toksoplamosis ini.
  • Karena toksoplasma dapat menginfeksi hewan ternak melalui rumput yang terkena kotoran kucing yang mereka makan, maka pastikan daging yang anda makan telah dimasak dengan benar-benar matang.
  • Minumlah susu yang sudah dipasteurisasi atau sudah dimasak.
  • Cuci tangan dan peralatan masak dengan air sabun dan air hangat setelah digunakan untuk memeasak daging.
  • Cucilah buah dan sayur dengan bersih menggunakan air yang mengalir sebelum dimakan. Akan lebih baik jika anda mengupas terlebih dahulu buah-buahan yang akan anda makan.
  • Minum air yang bersih dan matang.
  • Hindari kontak langsung dengan kotoran kucing.
  • Dan yang terakhir yang menurut saya sangat penting adalah, jangan lupa kucing anda divaksin, dan diperiksakan kondisi kesehatannya secara rutin.
O iya, sebaiknya ibu-ibu yang sedang hamil jangan membersihkan litter box atau berurusan dengan kotak pasir si kucing terlebih dahulu. Biar itu dikerjakan oleh suami anda. Sebaiknya kotoran kucing jangan dibuang di dalam toilet, apalagi kalo anda menggunakan toilet duduk. Lebih baik dikubur saja yang dalam di tempat yang jarang dilewati. ^_^

Referensi : Kompas Health

Tuesday, July 9, 2013

Pria penyelamat kucing jalanan di Jakarta

Foto Pak Handoko dengan kucing-kucing jalanan yang dirawatnya
Seolah menutup mata akan keberadaannya, kita terkadang tanpa iba menelantarkan binatang seperti kucing di jalanan dengan beberapa alasan klasik seperti 'mereka hanyalah binatang yang mengganggu'. Namun berbeda dengan pria yang satu ini.

Handoko (64), pria baya yang tinggal di Cileduk ini, begitu menaruh perhatian terhadap kucing-kucing jalanan. Hingga saat ini, beliau telah menghidupi setidaknya 35 ekor kucing kampung di rumahnya. Selain itu sekitar 10 hingga 20 ekor kucing jalanan lainnya yang setiap hari mendatangi rumahnya, juga beliau kasih makan.

Kebanyakan kucing yang tinggal di rumah Pak Handoko berkeliaran secara bebas di area rumah. Namun ada juga yang dikandangkan yaitu kucing yang sakit, kucing yang baru dipungut, atau kucing yang sering berantem dengan kucing lainnya.

Kepedulian Pak Handoko terhadap kucing-kucing jalanan tersebut dimulai sejak tahun 2003. Awalnya Pak Handoko hanya memungut kucing-kucing jalanan yang sakit, atau anak kucing yang yatim piatu. Namun, karena pada saat itu beliau masih tinggal di kompleks, beliau tidak bisa memungut banyak kucing, akibat dari keterbatasan tempat dan juga komplain dari warga.

Pada tahun 2008, Pak Handoko pindah ke rumah baru. Di rumah barunya ini, Pak Handoko dapat menampung lebih banyak kucing jalanan. Pak Handoko pun tak segan merogoh kantongnya sendiri untuk merawat kucing-kucing tersebut. Bahkan besarnya biaya perawatan kucing tak lagi dipikirkannya.
“Tentu saja berat. Biaya merawat kucing memang tidak sedikit, apalagi di sini ada puluhan kucing. Biaya untuk memberi makan mereka sehari saja sudah berapa. Namun kalau soal itu saya tidak begitu memperhitungkan,” ungkap Pak Handoko seperti dikutip dari pesatnews.com.
Meskipun biayanya tidaklah sedikit, Pak Handoko tetap memberikan makanan yang layak bagi kucing-kucing yang dirawatnya tersebut, seperti dry food atau nasi dengan ikan untuk kucing dewasa, dan wet food untuk kucing-kucing kecil.

Referensi : pesatnews

Monday, July 8, 2013

Dalam 2 tahun, 4000 ekor kucing telah dicuri oleh sebuah geng di Vietnam

Foto kucing di jalanan
Enam orang ditangkap di Vietnam dengan tuduhan telah mencuri sekurang-kurangnya 4000 ekor kucing selama 2 tahun terakhir. Kucing-kucing tersebut dicuri untuk dijual dagingnya. Demikian menurut laporan dari media Australia.

Nguyen Duc Dung (26) yang merupakan pemimpin dari genk pencuri kucing tersebut mengatakan kepada polisi bahwa mereka menangkap kucing-kucing tersebut menggunakan perangkap yang menggunakan potongan daging atau ikan sebagai umpannya. Sasaran mereka adalah kucing-kucing yang berkeliaran di luar rumah pemiliknya. Dengan metode ini mereka dapat mencuri sekitar 4-6 ekor kucing setiap malamnya.

Sekilo daging kucing mereka jual dengan harga $US 3 (sekitar 27 ribu rupiahan). Uang hasil penjualan daging kucing tersebut mereka gunakan untuk bermain video game. Akibat dari tindakannya tersebut, mereka pun terancam hukuman maksimum 7 tahun penjara.

Meskipun pencurian anjing sudah kerap terjadi di Vietnam, kasus kali ini merupakan yang pertama kalinya sebuah kelompok pencuri kucing ditangkap untuk kasus pencurian kucing dalam jumlah yang sangat besar.

Sekedar info, daging kucing memang cukup populer sebagai daging konsumsi di beberapa wilayah di Vietnam. Mereka biasa menggunakan daging kucing sebagai daging panggang dan disajikan bersama beras anggur (rice wine).

Referensi : euronews

Thursday, July 4, 2013

Setelah 5 pekan menghilang, kucing ini ditemukan di sebuah kontainer

Foto Branwen bersama Wayne dan Lynne Price
Branwen, seekor kucing berusia 2 tahunan terjebak di dalam sebuah kontainer selama 5 pekan. Ajaibnya, meski tidak ada suplai makanan dan minuman, serta udara segar, si kucing tetap bertahan hidup hingga dipertemukan kembali dengan pemiliknya.

Kucing betina berbulu hitam-putih milik pasangan Wayne dan Lynne Price ini ditemukan minggu lalu di sebuah kontainer di Thomastown Park, tidak begitu jauh dari rumah mereka yaitu di The Parade, Merthyr Tydfil. Dan sekarang si kucing sudah berkumpul kembali dengan sang pemilik.
"Para pekerja tengah bekerja memindahkan barang di sana dan mereka melihat sepasang mata memandang mereka," ungkap Wayne (53). "Mereka mencoba mendekatinya, tetapi dia snagat ketakutan, dia sangat waspada terhadap orang. Para pekerja menelepon istri saya karena mereka tahu kita kehilangan seekor kucing, dan ketika dia pergi kesana, Branwen langsung berlari menghampirinya."
Lyne begitu bahagia bisa bertemu kembali dengan kucingnya, dan dia pun segera membawanya pulang. Kondisi Branwen sendiri sangat kurus ketika ditemukan, tetapi kini dia sedang menjalani diet untuk pemulihan berat badannya.

Referensi : walesonline

Wednesday, July 3, 2013

Perkumpulan Kucing Domestik Solo

Perkumpulan Kucing Domestik Solo
Selama ini yang kita tahu perkumpulan-perkumpulan kucing yang ada dibuat hanya untuk menampung para pencinta kucing ras yang cantik dan eksotik. Namun ternyata di Solo, ada sebuah perkumpulan kucing yang mengkhususkan diri untuk menyelamatkan kucing-kucing domestik atau kucing kampung yang selama ini begitu banyak yang ditelantarkan. 

Komunitas yang bernama "Perkumpulan Kucing Domestik Solo" atau PKDS ini didirikan karena rasa empati para pendiri yang prihatin melihat kucing-kucing jalanan yang memang tak secantik kucing ras, yang mendapatkan perlakuan yang tidak selayaknya.

Memang saat ini komunitas penyelamat kucing tersebut belum memiliki shelter resmi sendiri, kinerja mereka juga masih terbatas akan Dana, Tenaga, dan Kapasitas, tetapi langkah yang mereka ambil saya rasa sudah sangat hebat.

Saat ini dana yang mereka dapat murni berasal dari sumbangan para dermawan. Sementara para pekerjanya adalah para sukarelawan yang tentu masih harus bekerja untuk mencari nafkah bagi keluarga mereka terlebih dahulu. Dan tempat penampungan mereka masih sangat terbatas, sehingga tidak semua kucing jalanan dapat ditolong.

Jika anda tergerak hati untuk membantu mereka, anda bisa mengunjungi situs mereka dan memberikan sedikit donasi. Selengkapnya silahkan langsung berkunjung ke PKDS.