Tahukah kalian: Pada masa Inkuisisi Spanyol ribuan kucing dibakar karena dianggap jelmaan iblis

Tuesday, November 17, 20150 comments


Pada masa Inkuisisi Spanyol, tepatnya pada tanggal 5 Desember 1484 Paus Innocent VIII mengeluarkan papal bull yang berhubungan dengan pembasmian penyihir. Papal Bull yang dikenal dengan nama "Summis desiderantes affectibus" ini memicu penganiayaan dan pembunuhan massal dengan cara dibakar terhadap orang-orang yang dituduh sebagai penyihir.

Keyakinan bahwa penyihir memiliki hewan peliharaan membuat hewan-hewan peliharaan juga menjadi sasaran pembunuhan massal pada saat itu. Salah satu binatang yang paling banyak dibunuh adalah kucing. Ribuan kucing dibunuh dengan cara dibakar.

Populasi kucing di Eropa pun menyusut drastis. Sebaliknya populasi tikus semakin membludak tanpa adanya kucing. Hal ini semakin memperburuk keadaan Eropa pasca tragedi Black Death yang terjadi beberapa tahun sebelumnya yang menewaskan lebih dari setengah penduduk Eropa pada saat itu.

Referensi: Frith-Macdonald, Candida. 2008. Encyclopedia of Cats. New York, NY: Parragon Books Ltd., one-evil.org
Share this article :

Post a Comment

Komentar anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami. Berikan komentar anda untuk membantu kami menjadi lebih baik. Mari budayakan berkomentar yang membangun. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kucing gue - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger