Pages

Friday, May 31, 2013

Cat-turday : Kucing-kucing Superhero

Foto Kucing Superman
Kucing Superman by comicsalliance.com
Mulai hari Sabtu ini, kucinggue akan merayakan secara rutin setiap saturday (sabtu) menjadi catturday (plesetan sabtu untuk hari spesial kucing). Untuk Catturday edisi pertama ini kucinggue akan menampilkan beberapa foto kucing-kucing lucu dari seantero dunia yang didandani seperti layaknya superhero. Mau tau seperti apa kelucuannya??? Lihat saja foto-foto kucing superhero berikut ini!!!
Foto Kucing Batman
Kucing Batman

Foto Kucing Captain America
Kucing Captain America by tumblr.com

Foto Kucing Hulk
Kucing HULK by silentmanstudios.net

Foto Kucing Ironman
Kucing Iron Man by mikimagpoid.deviantart.com

Foto kucing robin
Kucing Robin by larci.blogspot.com

Foto Kucing Spiderman
Kucing Spiderman by aliexpress.com

foto kucing human torch fantastic 4
Kucing Human Torch F4 by forums.comicbookresources.com

Foto kucing the flash
Kucing The Flash by catmoji.com

Foto Kucing TRON
Kucing TRON Legacy by themovieblog.com

Foto kucing X-Men
Kucing X-Men by nerdcats.tumblr.com

Mengenal Kucing Napoleon

Foto Kucing Napoleon
Kucing Napoleon merupakan kucing ras baru yang mulai dibiakkan sekitar tahun 1996 oleh Joe Smith. Idenya adalah untuk menciptakan sebuah 'penyempurnaan' dari kucing Munchkin. Sehingga disilangkanlah kucing munchkin dengan kucing persia.

Kucing Napoleon memiliki kaki yang pendek seperti halnya kucing Munchkin. Namun memiliki wajah cantik menyerupai kucing persia doll face. Secara sederhanaya bisa dibilang kucing napoleon adalah "kucing persia dengan kaki pendek" atau "kucing Munchkin dengan wajah bulat".

Kucing Napoleon merupakan jenis kucing berukuran medium yang hadir dalam versi bulu panjang dan bulu pendek. Untuk warna bulunya, kucing jenis ini dapat hadir dalam segala warna yang ada pada kucing, termasuk corak tutul.

Temperamen kucing napoleon sendiri dikatakan sebagai kucing yang manis, senang jalan-jalan, dan tentu saja memiliki penampilan yang cantik dan menggemaskan.

Meskipun kucing ini termasuk kucing ras baru dan sepertinya belum diakui oleh beberapa registry besar, kucing Napoleon sudah dapat ditemukan dalam cat show dibawah status "Preliminary New Breed".


Referensi : the napoleon cat

Thursday, May 30, 2013

Sudin Jakarta Utara lakukan razia kucing liar

Sudin Jakarta Utara lakukan razia kucing liar
Guna mengantisipasi penyakit rabies dan perkembangbiakan jumlah kucing jalanan di Jakarta Utara, Suku Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Sudin P2K) Jakarta Utara dibantu oleh Himpunan Dokter Hewan Indonesia (HDHI) melakukan operasi pegebirian terhadap kucing-kucing jalanan yang banyak berkeliaran di sekitar sana.

Dalam operasi yang digelar pada hari Kamis (30/05/2013), sekitar 50 ekor kucing jalanan jantan dan betina berhasil ditangkap dan dikebiri lalu dilepaskan kembali. Menurut penuturan Kepala Seksi (Kasie) Peternakan Sudin P2K Jakut, drh.Renova, target kucing yang harus dikebiri tahun ini adalah sejumlah 100 ekor.

Renova menambahkan, dengan mengebiri 100 ekor kucing, maka setiap tahunnya akan dapat mengendalikan populasi kucing sebanyak 2000 ekor.  Dan karena ini adalah program Pemda DKI, maka semua biaya pengebirian adalah gratis.
“Sterilisasi ini dihitung dari angka populasi kelahiran kucing setiap tahun. Untuk seekor kucing betina dalam satu tahun bisa melahirkan sebanyak 4 kali. Untuk 1 kali melahirkan bisa menghasilkan 4 ekor kucing. Maka dalam satu tahun jika 50 ekor kucing tak cepat disterilisasi akan menambah populasinya mencapai 2 ribu ekor,” jelas Renova seperti dikutip dari lensaindonesia.com.
Referensi : lensa indonesia

Kucing ini beol di tengah lapangan ketika pertandingan semifinal FA Cup Malaysia berlangsung ricuh [Video]

Baru tadi pagi kita memposting video heboh kucing yang menyusui anak bebek, eh sorenya ada lagi video kucing yang bikin heboh. Siapa lagi yang disusui??? Oh ternyata video kucing kali ini tidak ada kaitannya dengan susu menyusui, melainkan terkait dengan rutinitas kucing sehari-hari yaitu beol.

Entah apa yang terjadi dengan kucing yang satu ini. Dalam kondisi ricuh antar suporter ketika siaran langsung pertandingan semifinal FA Cup Malaysia antara Pahang dengan Johor, kucing ini justru dengan santai masuk ke dalam lapangan, memilih lokasi yang PW dan mulai menggaruk tanah membuat jamban pribadi.

Kejadiannya bermula ketika kedua kesebelasan menolak bertanding karena suporter mereka berbuat onar. lapangan pun jadi kosong. Saat itulah seekor kucing berbulu putih-hitam masuk ke tengah lapangan, dan beol di sana. Dan itu disiarkan secara langsung loh!!!

Jangan-jangan kucing tersebut adalah kucing milik Raja Malaysia, sampai-sampai buang hajatnya pun disiarkan secara langsung di negara tetangga kita tersebut???

Namun, jika dilihat dari sisi lain, si kucing bisa dibilang adalah seekor penengah yang handal. Akibat tindakannya, suporter yang tadinya bentrok pun tertawa geli seolah mereka tidak pernah bentrok. Ajib, kalo gue Raja Malaysia, bakalan gue angkat jadi Duta Perdamaian Kerajaan tuh kucing. ^_^

Simak videonya di bawah ini!!!

Wednesday, May 29, 2013

Heboh, seekor kucing menyusui anak bebek di Irlandia [Video]

Selain imut dan lucu, kucing juga dikenal sebagai binatang yang penyayang (tapi menurut saya lebih tepat disebut manja ^_^). Udah pernah denger seekor kucing yang menyusui tikus di Malaysia??? Nah, itu masih belum seberapa, kali ini ada seekor kucing asal Irlandia yang menyusui anak-anak bebek. Nah loh!!!

Menurut informasi dari Raidió Teilifís Éireann (RTÉ), sebuah chanel radio di Irlandia, Hubungan yang tidak biasa ini pertama kali ditemukan oleh Ronan dan Emma Lally dari Clara, Co. yang menyadari kalo 3 ekor anak bebek mereka menghilang.

Ronan dan Lally pun menuduh kucing putih milik tetangganya telah memangsa ketiga anak bebek mereka itu. Namun alangkah terkejutnya mereka ketika menemukan ketiga anak bebek mereka itu tengah menyusu pada kucing yang dikenal dengan nama "The White Cat" itu.

Ini jelas sesuatu yang sangat sangat tidak biasa. Pertama, bebek itu bukan mamalia, seharusnya mereka tidak menyusu. Kedua, anak bebek itu kan umumnya menjadi mangsa empuk para kucing, kenapa malah disusui??? Kertiga, ketika didekati, si induk kucing justru bersikap protektif terhadap anak-anak bebek itu seolah mereka adalah darah dagingnya sendiri. Nah loh, siapa yang stress coba??? Lihat saja dah videonya di bawah ini!!!

Mengenal Kucing Mokave Jag

foto kucing mokave jag putih salju dengan tutul
Kucing Mokave Jag merupakan hasil dari persilangan beberapa jenis kucing liar seperti bobcat, junggle cat, dan blacan. Dikembangkan dengan sangat hati-hati untuk menghasilkan jenis kucing berpenampilan liar tetapi bertabiat kucing peliharaan. 

Kucing ini adalah kucing ras baru yang sampai saat ini bahkan masih dalam tahap pengembangan. Dengan demikian bisa dipastikan kucing jenis ini belumlah resmi diakui keberadaannya oleh Registry-Registry yang ada, terutama registry besar semacam TICA dan FIFe.

Kucing Mokave Jag dibiakkan dengan tujuan untuk menghasilkan miniatur dari jaguar dengan temperamen kucing rumahan. Makanya kucing ini diberi nama Mokave Jag dimana kata "jag" berasal dari kata 'jaguar'. Konon kucing ini memiliki tubuh yang lebih besar, lebih berbobot, dengna fitur tambahan berupa moncong yang lebar, cakar yang besar, dan ekor yang mengembang.

Berdasarkan informasi yang kami dapat langsung dari sumbernya (mokavecats.com), kucing yang tengah mereka kembangkan ini merupakan kucing yang cerdas, larinya sangat cepat, lincah seperti monyet, dan penuh kasih sayang.

Kebanyakan kucing Mokave Jag memiliki bulu dengan warna cokelat keemasan dengan tutul-tutul berwarna gelap. Namun ada juga yang berpola mawar dengan 2 warna (two-toned rosettes), pola marmer dengan 3 warna (tri-colored marbled), hitam dengan tutul hitam, atau putih salju dengan tutul.

Karena kucing mokave jag masih dalam tahap pengembangan, maka belum ada standarisasi khusus mengenai kucing jenis ini. So, jika anda berminat untuk mengetahui lebih dalam mengenai kucing jenis ini, atau sekedar melihat foto-foto sample dari anakan yang sudah dihasilkan, anda bisa mengunjungi situs cattery-nya melalui link referensi di bawah nanti.

Referensi : mokavecats

Tuesday, May 28, 2013

Setelah 13 tahun menghilang, kucing ini ditemukan kembali di sungai dalam kondisi sekarat

Setelah 13 tahun menghilang, kucing ini ditemukan kembali di sungai dalam kondisi sekarat
Pada tahun 2000, Jackie Sharp, warga Petaluma, kehilangan kucing kesayangannya yang bernama Dallas yang saat itu berusia 3 tahun. Karena berbagai upaya pencarian yang dilakukannya tidak membuahkan hasil, dia pun putus asa dan berpikir tidak akan pernah bertemu kembali dengan kucing kesayangannya tersebut.

Namun pekan lalu, Jackie mendapatkan telepon dari VCA Animal Care Center di Rohnert Park, yang megatakan kalau mereka telah menemukan kucingnya itu. Itu jelas sangat mengagetkan. Tiga belas tahun menghilang, tiba-tiba si kucing muncul kembali.
"Saya benar-benar syok,"ungkap Jackie (34) "sudah 13 tahun. Saya pikir dia sudah menemukan rumah baru atau sudah mati sekarang."
Kucing jantan tersebut bisa dipastikan adalah Dallas, kucing milik Jackie, karena di leher kucing tersebut tertanam microchip yang Jackie tanamkan ketika Dallas masih kitty.

Dr. Robin Schaffner, seorang dokter hewan yang merawat Dallas mengatakan saat ditemukan kucing tersebut dalam kondisi kurus dan sekarat karena dehidrasi. Jika tidak ditangani dengan sangat intensif, diperkirakan tidak lebih dari 4 jam kemudian kucing tersebut akan mati. Karena ditemukan microchip di tubuhnya, Dallas pun mendapatkan peratawan intensif yang menyelamatkan nyawanya.

Ajaibnya, Dallas ditemukan oleh seorang pria di Sungai yang sama tempat Dallas menghilang pada tahun 2000 silam. Lebih mengagumkannya lagi, menurut Jackie, Dallas masih mengenalinya.
"Dia (Dallas) menatapku, kemudian naik ke pangkuanku dan mulai mendengkur," ungkap Jackie. "Aku selalu menyukai matanya yang abu-abu. Sekali aku melihat matanya, aku tahu dia adalah Dallas. Dia adalah petarung. Jika dia dapat bertahan selama 13 tahun di sungai, dia pasti bisa melaluinya."
Referensi : dailymail

Mengenal Kucing Hutan Norwegia (Norwegian Forest Cat)

Mengenal Kucing Hutan Norwegia (Norwegian Forest Cat)
Kucing Hutan Norwegia (Norwegian Forest Cat) merupakan ras kucing domestik yang terbentuk secara alami dan hidup di daerah bagian utara Eropa. Kucing ini mampu beradaptasi dengan baik dalam iklim yang sangat dingin dengan bulunya yang panjang dan lebat.

Diperkirakan nenek moyang dari kucing ini adalah kucing berbulu pendek yang dibawa oleh bangsa Viking ke Norwegia sekitar tahun 1000-an. Namun teori ini masih sebatas teori belaka, belum dipastikan kebenarannya.

Selama Perang Dunia II, ras kucing ini hampir saja mengalami kepunahan, jika Norwegian Forest Cat Club tidak melakukan program pembiakan ditahun-tahun kritisnya.

Meski sudah ada sejak lama, tetapi kucing Hutan Norwegia baru diakui oleh European Fédération Internationale Féline pada tahun 1970-an berkat sebuah cat fancier lokal yang bernama Carl-Fredrik Nordane yang mendaftarkannya. Dan saat ini kucing Hutan Norwegia sangat populer di Norwegia, Swedia, Islandia, dan Perancis.

Kucing Hutan Norwegia memiliki perawakan yang besar, kuat, terlihat sangat mirip dengan kucing Maine Coon dengan kaki panjang, ekor yang mengembang, dan tubuh yang kokoh. Kucing jenis ini juga dikenal sangat mahir memanjat karena memiliki cakar yang kuat.

Kucing Hutan Norwegia pada dasarnya adalah kucing yang tidak banyak mengeong. Namun jika dipelihara satu rumah dengan anjing, kucing ini bisa juga mengeluarkan suara yang keras. Kucing ini adalah kucing yang bersahabat dan cerdas serta sangat baik terhadap manusia. 

Kucing ini mempunyai tenaga yang sangat banyak, sehingga butuh banyak perhatian. Pada dasarnya mereka senang berada di luar rumah, dan merupakan pemburu yang hebat. Namun pada kenyataannya mereka juga dapat beradaptasi menjadi kucing dalam rumahan.

Usia harapan hidup kucing hutan norwegia sekitar 14 - 16 tahun. Masalah kesehatan yang ditemukan pada kucing ras ini antara lain masalah ginjal, dan hati. Harga kucing hutan Norwegia di Amerika Serikat sekitar $550 - $800 pada tahun 2012-an.


Referensi : wikipedia

Monday, May 27, 2013

Tips mengatasi kucing yang malas bergerak

Foto kucing pemalas
Semakin dewasa umur si kucing, biasanya semakin malas hidup si kucing. Kerjanya tiap hari cuma tidur-tiduran terus. Kucing anda juga begitu??? Hmm, pas sekali kalau begitu. Ada tips nih dari She Knows tentang bagaimana memancing si kucing agar mau berolahraga. Berikut tips nya :

Pertama, anda bisa menggunakan laser. Coba tembakkan sinar laser ke dinding dekat si kucing yang sedang bermalas-malasan, lalu gerak-gerakkan. Si kucing pasti akan segera terpancing untuk mengejar sinar laser yang anda tembakkan.

Anda juga bisa menggunakan benang. Lempar benang ke daerah dekat si kucing, lalu gerak-gerakkan. Karakter kucing yang pada dasarnya adalah binatang yang curious, dan waspada, pasti akan segera bereaksi terhadap benda bergerak di dekatnya.

Anda juga bisa mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah. Mungkin dia bosan di dalam rumah sehingga tidak memiliki semangat hidup. Dengan menghirup udara luar, diharapkan naluri aktif si kucing akan bangkit lagi. Yah, meski akan cukup susah jika kucing yang anda pelihara adalah kucing persia. Mereka memang terkenal pemalas.

Opsi lain yang muncul di era modern ini adalah dengan aplikasi game untuk kucing. Banyak game untuk kucing yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Anda bisa memberikan game semacam " Game for Cats" yang dimainkan menggunakan PC tablet anda kepada kucing kesayangan anda.

Opsi lainnya lagi adalah membelikan mainan kucing seperti furnitur, pohon kucing, mainan tikus. Namun opsi ini adalah yang paling mahal. So, jadikan sebagai pilihan terakhir saja!!!

Demikian Tips yang sederhana ini kami haturkan, semoga bermanfaat untuk para pecinta kucing Indonesia. ^_^

10 Jenis Kucing Paling Populer di Jepang

Foto anakan kucing scotish fold lucu
Lain di dunia, lain di Indonesia, lain lagi di Jepang. Jika di Indonesia kucing Persia menjadi kucing yang paling banyak orang mengenal dan memeliharanya, apakah di negara lain sama juga? Tentu belum tentu bukan???

Nah untuk menambah wawasan kita tentang dunia kucing. Berikut ini kucinggue akan sajikan 10 jenis kucing yang paling populer di Jepang, berdasarkan sebuah survei yang dilakukan kepada 10.000 responden oleh sebuah perusahaan asuransi Jepang yang bernama Anicom. Berikut ini adalah kesepuluh jenis kucing tersebut :

Kucing yang memiliki ciri khas daun telinga melengkung ini mendapatkan suara 1.973 atau sebanyak 19,5% dari responder.

Kucing yang merupakan salah satu dari 7 jenis kucing paling populer di Amerika Serikat pada tahun 2012 lalu ini mendapatkan 1.502 suara atau sebesar 14,9 %.

3. Kucing jenis campuran
Tentu saja ini bukanlah nama sebuah ras kucing, melainkan jenis kucing yang tak jelas arahnya. Maksud saya adalah kucing yang sudah dikawinsilangkan antar ras. Nah, kucing macam ini mendapatkan 1.250 suara atau sebesar 12,4 %.

Kucing ras baru yang memiliki ciri khas berkaki pendek ini, mendapatkan 785 suara responder (7,8 %).

Kucing yang termasuk ke dalam salah satu dari 10 ras kucing termahal di dunia ini mendapatkan 562 suara responder (5,6 %).

6. Kucing Hutan Norwegia
Kucing yang diduga merupakan nenek moyang dari kucing Maine Coon ini mendapatkan 561 suara (5,6%).

Kucing yang jinak, tenang dan memiliki ciri khas mata biru serta bulu colorpoint ini mendapatkan suara sebanyak 451 (4,5%).

Jenis kucing domestik berbadan besar dan mahir berburu ini mendapatkan posisi ke-8 dengan 385 suara (3,8%).

Kucing yang begitu terkenal di Indonesia ini ternyata harus puas menduduki peringkat ke-9 di Jepang dengan 343suara (3,4%).

10. Kucing Japanese Bobtail
Salah satu kucing asli Jepang yang memiliki ciri khas ekor kelinci ini menduduki peringkat terakhir dengan 328 suara (3,2%).

Sunday, May 26, 2013

Kucing ini terjebak di dalam kap mobil selama 2 minggu

Foto Princess, kucing yang terjebak di dalam kap mobil selama 2 minggu
Pada tanggal 7 Mei 2013, Prncess, kucing hitam milik Julie Tansley (40) dari Nottingham, menghilang dari rumah. Sang pemilik pun mencarinya kemana-mana tetapi tidak juga menemukannya. Waktu pun terus berjalan hingga 2 minggu kemudian Julie menemukan si kucing berada di dalam kap mobil BMW nya.

Suatu hari, Julie yang mengendari mobil BMW nya tersebut mendapati lampu peringatan di dashbord mobilnya menyala. Menurut buku manual, lampu peringatan menyala lantaran ada masalah pada bagian pendingin. Julie pun segera membuka kap mobilnya.

Alangkah terkejutnya Julie, ketika dia membuka kap mobilnya, dia mendapati Princess, kucing kesayangannya, terjepit di sela-sela onderdil mesin mobil. Julie pun segera mencari bantuan karena tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

Dibantu oleh seorang mekanik dan juga temannya, Julie membongkar satu per satu onderdil untuk dapat mengeluarkan kucing hitam kesayangannya. Butuh waktu sekitar 48 menit hingga si kucing dapat dikeluarkan dengan selamat.

Ajaibnya, si kucing sama sekali tidak mengalami luka serius. Hanya saja badannya menjadi terlihat lebih kurus karena sudah tidak makan selama 2 minggu. 

Belum diketahui bagaimana si kucing bisa terjebak di tempat tersebut. Namun yang pasti selama berada di dalam kap mobil, si kucing sudah berkeliling kota Nottingham selama 2 minggu dan menempuh jarak sampai ratusan mil, tanpa dia sadari.. ^_^

Referensi : dailymail

Mengenal Kucing Mojave Spotted

Mengenal Kucing Mojave Spotted
Kucing Mojave Spotted atau kalau di bahasa Indonesiakan menjadi "Kucing Mojave tutul" dikembangkan dengan tujuan awal untuk menjaga kelestarian kucing gurun Mojave, sehingga diawal pengembangannya, kucing ini diberi nama kucing gurun Mojave.

Kucing gurun mojave pertama kali ditemukan pada tahun 1980 oleh April Langford. Koloni kucing ini ditemukan hidup di lubang di bawah semak di sekitaran gurun. Belum diketahui bagaimana kucing ini bisa membuat lubang semacam itu. Diperkirakan mereka hanya menghuni lubang yang dibuat oleh binatang liannya. Koloni pertama ditemukan di sebuah kota kecil di Selatan California yang bernama Hesperia.

Pada tahun 1990-an populasi kucing gurun Mojave perlahan-lahan mulai menghilang. Oleh karena itu dimulailah sebuah program pembiakan kucing gurun mojave untuk menjaga agar spesies kucing yang cantik ini tidak punah.
 
Akhirnya generasi yang dilahirkan di penangkaran semakin kedepan semakin eksotis, dan semakin dekat dengan manusia. Sekitar tahun 1996-an, kucing gurun mojave pun disilangkan dengan kucing bengal untuk menghasilkan kucing mojave yang lebih besar.

Proses persilangan tersebut pun sukses, dan menghasilkan kucing mojave yang lebih besar, corak tutulnya lebih jelas, dan berbulu lebih halus dan berkilau. Tidak hanya itu, kucing mojave pun menjadi lebih cerdas, dan bertemperamen lembut. Namun secara garis besar, penampilan kucing mojave yang asli tidaklah berubah.

Pada tahun 2007 kucing mojave spotted sudah mulai dikembangbiakkan tanpa penyilangan dengan jenis kucing lain lagi. Dan Cheshire Cats Cattery, adalah satu-satunya Caterry yang membiakkan ras kucing ini. Tidak ada breeder lainnya yang mempunyai akses kepada kucing Mojave Spotted. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kucing ini tidak disilangkan lagi, sehingga tetap terjaga sebagai "kucing gurun Mojave".

Kucing Mojave Spotted merupakan kucing berbulu pendek yang hadir dalam beberapa corak seperti tabby tutul (Spotted tabby), tutul macan (leopard), sable, silver, biru, cokelat, dan warna arang. Berat tubuh kucing Mojave Spotted sekitar 3,6 hingga 10 kg.

Kucing Mojave Spotted memiliki temperamen yang dari waktu ke waktu semakin dekat dengan manusia. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang sangat cerdas, waspada, menyenangkan, bertenaga, aktif, penuh rasa ingin tahu, sosial, senang di luar rumah, tetapi juga mandiri. Mereka juga senang bermain air dan berburu.

Referensi : dog breed info

Saturday, May 25, 2013

Dr. Karen Becker : 10 Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik kucing

foto kucing manis
Memelihara kucing adalah sebuah seni, dimana kita tidak cukup hanya dengan memberinya makan dan minum saja. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memelihara seekor kucing. Dan berikut ini adalah 10 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik kucing, menurut Dr. Karen Becker, seorang Dokter Hewan Amerika Serikat, dalam salah satu tulisannya di situs pribadinya  healthypets.mercola.com

Kesepuluh kesalahan umum tersebut adalah :
  • Menggunakan produk anjing untuk kucing kesayangan mereka. Ini adalah sebuah kesalahan fatal. Produk untuk anjing banyak yang sebenarnya tidak cocok atau bahkan tidak boleh digunakan oleh kucing.
  • Memberikan obat-obatan manusia kepada kucing kesayangan. Ini juga merupakan salah satu kesalahan fatal. Lebih baik jika anda berkonsultasi terlebh dahulu dengan dokter hewan anda.
  • Membiarkan kucingnya gemuk. Membiarkan si kucing banyak makan dan kurang berolahraga dapat membuat si kucing mudah terserang berbagai penyakit.
  • Kurang menjaga kebersihan kotak pasir. Kucing itu adalah binatang yang suka kebersihan. Membiarkan kotak pasirnya kotor, tidak pernah diganti adalah salah satu kesalahan.
  • Kurang perhatian. Kucing memang memiliki kemampuan alami untuk bertahan hidup. Namun ketika anda memutuskan untuk memeliharanya, si kucing terkadang juga butuh bantuan anda, seperti menyikat bulu, memotong kuku, dan memandikannya.
  • Jarang membawa si kucing ke dokter hewan. Meskipun si kucing tampak selalu sehat, alangkah baiknya secara rutin dibawa ke dokter hewan untuk medical checkup.
  • Memberi makan dry food. Kebanyakan dry food tidak mengandung cukup nutrisi untuk si kucing, terutama dry food merk ecek-ecek. So, anda perlu memberikan variasi menu makanan.
  • Salah menafsirkan perubahan perilaku kucing. Terkadang perilaku kucing yang tiba-tiba tidak mau beol di kotak pasir, kita anggap sebagai sebuah 'kenakalan'. Sebenarnya hal itu lebih condong pada kondisi kotak pasir yang kotor. Kucing itu binatang yang bersih, cuy! Selain itu juga masih banyak perilaku lain yang salah kita tafsirkan.
  • Sering kita pikir adalah normal jika si kucing muntah. Kucing yang muntah itu tandanya ada suatu masalah dalam dirinya, termasuk jika si kucing memuntahkan bola bulu.
  • Tidak menyikat gigi si kucing. Penyakit pada gigi merupakan salah satu yang paling sering menyebabkan si kucing harus dirujuk ke dokter hewan loh.
Hmm, sepertinya saya sendiri juga termasuk dari salah satu orang yang melakukan kesalahan ini,,, ^_^

Thursday, May 23, 2013

Mengenal Kucing Mohave Bobs

Mengenal Kucing Mohave Bobs
Kucing Mohave Bobs merupakan kucing jenis baru hasil persilangan antara kucing Desert lynx, Highland Lynx dan Selkirk Rex. Hasil persilangan ini menghasilkan kucing dengan 4 mutasi genetik yaitu berekor pendek, berjari banyak (polydactyl ), telinga melintir, dan bulu keriting.

Kucing Mohave Bobs memiliki tulang yang besar, kuat, dan berotot tetapi memiliki bentuk tubuh yang terlihat cobby, serta kaki belakangnya lebih panjang dari kaki depannya. Tubuh kucing jantan lebih besar daripada si betina, dan lebih lambat menjadi dewasanya.

Kucing Mohave Bobs hadir dalam 2 varian yaitu long hair, dan short hair. Secara resminya, mereka hadir dalam 3 pola bulu yaitu kecokelatan (ticked), tutul (spotted), dan clouded leopard. Meskipun demikian, terkadang ada juga yang terlahir dengan bulu berwarna solid, tabby classic, ataupun tabby mackerel.

Untuk variasi warnanya, kucing ini hadir dalam semua warna eumelanistic dan melanistic seperti ebony, biru, cokelat, lilac, merah, krem, silver, sepia, mink, putih salju dll. Kucing jenis ini cenderung sangat waspada, dan cerdas.

Kucing Mohave Bobs dimasukkan dalam grup Desert Linx dalam Rare & Exotic Feline Registry. Dan sepertinya kucing ini masih belum diakui secara resmi oleh registry besar semacam TICA.

Wednesday, May 22, 2013

Berapa Kali Kucing Harus Divaksin Selama Hidupnya?

Berapa Kali Kucing Harus Divaksin Selama Hidupnya?
Vaksinasi pada kucing sama tujuannya dengan vaksinasi pada manusia, yaitu untuk membuat kucing kebal akan suatu penyakit. Namun berapa kali kucing harus divaksin selama hidupnya masih banyak yang memperdebatkan. 

Ada yang bilang seekor kucing harus divaksin sebanyak jumlah penyakit yang mengancamnya, ada juga yang bilang vaksinasi itu menyakiti kucing jadi tidak diperlukan. Sehingga diambil lah jalan tengah yaitu sebuah pedoman vaksinasi dari American Association of Feline Practitioners (AAFP).

Menurut pedoman AAFP, jenis vaksinasi pada kucing dibagi menjadi 3 yaitu, wajib (core), tidak wajib (non-core), dan tidak direkomendasikan.

Vaksinasi wajib (core) ditujukan untuk mencegah kucing dari penyakit yang penyebarannya luas, dan dapat mengancam kesehatan masyarakat, seperti rabies. Vaksinasi non-core ditujukan hanya untuk kucing yang berada pada lingkungan dengan penularan penyakit yang cukup tinggi. Sedangkan Vaksinasi yang tidak direkomendasikan adalah jenis vaksinasi yang tidak jelas tujuannya.

Berikut ini adalah 3 jenis vaksinasi yang wajib diberikan kepada anak kucing anda menurut AAFP dan berlaku di Amerika Serikat :
  • Vaksin Rabies : dilakukan pertama kali ketika kucing berumur 8-12 minggu, dan diulang setahun berikutnya. Setelah itu cukup 3 tahun sekali disuntik rabies lagi (terkadang dokter tidak menyarankan disuntik lagi setelah suntikan kedua).
  • Vaksinaai Feline Panleukopenia-Herpesvirus-Calcivirus : Sering juga disebut vaksin FVRCP atau HCP. Tujuannya untuk menangkal beberapa penyakit yang sering menyerang kucing. Vaksinasi ini dilakukan setiap 3-4 minggu hingga berusia 16 minggu, setelah itu dilanjutkan lagi setahun berikutnya setelah suntikan terakhir. Kemudian vaksinasi akan diulang setiap 3 tahun sekali.
  • Vaksinasi Feline Leukemia. Vaksinasi ini termasuk non-core, tetapi direkomendasikan oleh AAFP. Jika kucing anda sering berada di luar rumah, direkomendasikan menyuntikkan vaksin ini setahun sekali. Namun jika kucing anda adalah kucing dalam rumah, anda tidak perlu melakukannya.
Catatan : SOP di atas adalah adalah menurut standar AAFP yang berlaku di Amerika Serikat. Menurut pengalaman pribadi. Dokter yang dulu saya temui hanya menyarankan 3 kali suntik vaksin dalam setahun. Setelah suntikan yang berjarak 1 tahun, katanya sudah tidak perlu divaksin lagi. So, akan lebih bijak kalau saat suntikan pertama, anda bertanya kepada Dokter anda berapa kali suntikan vaksin lagi.

Referensi : catster

Mengenal Kucing Minskin

Mengenal Kucing Minskin
Kucing Minskin merupakan salah satu kucing ras baru dan termasuk masih sangat langka saat ini. Ciri khasnya adalah berkaki pendek dan tidak berbulu. Kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing Sphynx dengan kucing Munchkin.

Minskin baru dikembangkan pada tahun 1998 oleh seorang breeder yang bernama Paul McSorley. Pada tahun 2000, barulah muncul seekor kucing Minskin yang sesuai standar yang diinginkan, dan pada tahun 2005 sudah terdapat lebih dari 50 ekor kucing Minskin di dunia ini, termasuk varian yang berkaki panjang dan berbulu. Saat ini kucing Minskin tengah berjuang untuk mendapatkan pengakuan dari TICA.

Kucing Minskin tergolong jenis kucing yang menyenangkan, senang bermain di luar rumah, ramah terhadap manusia, dan senang diperhatikan. Mereka juga dikenal senang meringkuk di pangkuan. Meski kakinya pendek, kucing ini ternyata juga sama dengan jenis kucing lainnya yaitu aktif dan menyukai tempat tinggi.

Kucing ini ramah dengan siapa pun dan dapat hidup berdampingan dengan anjing, kucing lain, dan anak-anak. Satu hal yang khusus dari kucing ini adalah, tubuhnya terasa begitu hangat, jadi nyaman untuk dipeluk saat malam yang dingin.

Dengan karakteristik yang dimiliki oleh kucing Minskin ini, beberapa orang menyimpulkan bahwa kucing Minskin sangat cocok dipelihara oleh orang yang senang kalau ada kucing di pangkuannya, orang yang tangannya sering kedinginan, manula, keluarga yang mempunyai anak-anak ataupun  keluarga yang memelihara anjing di rumahnya.
Referensi : catster

Tuesday, May 21, 2013

Seekor Kucing di Romania mengadopsi anak babi

Seekor Kucing di Romania mengadopsi anak babi
Ini adalah salah satu dari kisah keibuan seekor kucing yang cukup mencengangkan. Baru-baru ini di Romania ada seekor kucing yang mengadopsi seekor anak babi menjadi salah satu bagian dari keluarga kecilnya.

Si anak babi yang tidak disayangi oleh induknya itu, justru mendapatkan kasih sayang dari seekor kucing. Padahal si kucing sendiri saat itu juga sedang punya 4 anak. Dan jadilah sebuah keluarga yang seunik keluarga Kungfu Panda, dimana seekor babi dalam keluarga kucing.

Uniknya, meskipun ukuran tubuh si anak babi sudah sebesar atau mungkin sudah lebih besar daripada ukuran tubuh si 'mama' kucing, si babi tetap enjoy saja bergabung dengan keluarga kucing itu.

Yeah, semoga mereka bisa menjadi keluarga yang mawadah warohmah yak!!! ^_^

Referensi : skynews

Esha dengan kucing Kesayangannya, Diego dan Prety

foto esha dan kucing kesayangannya
Berikut ini adalah foto-foto kiriman saudari Esha <beauty22@yahoo.com>. Kedua kucing manis yang ada di foto ini bernama Diego dan Prety. Manis-manis banget kan kucing milik Esha??? Tapi kok Esha nggak ngasih tahu mana yang Diego dan mana yang Prety ya...  ^_^
foto kucing kesayangan esha

foto kucing kesayangan esha 01

foto kucing kesayangan esha 02

foto kucing kesayangan esha 03

Foto Esha dan Kucingnya

foto kucing kesayangan esha 04

foto kucing kesayangan esha 05

foto kucing kesayangan esha 06

foto kucing kesayangan esha 07

foto kucing kesayangan esha 08

Monday, May 20, 2013

Mengapa Kucing Sering Terlihat Makan Plastik???

Mengapa kucing makan plastik?
Setiap kucing memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dan beberapa diantaranya justru terlihat unik. Umumnya kebiasaan menggigit dan mengunyah bukanlah suatu masalah untuk kucing. Para ahli perilaku binatang melihat kondisi fisik dan mental kucing, serta insting si kucing untuk mencari solusi mengenai apa yang sebaiknya mereka lakukan terkait kebiasaan kucing yang terkadang unik ini. Mereka pun menggunakan sebuah rumus tes yang disebut H.I.S.S.

H = Health (Kesehatan)

Kebiasaan kucing memakan benda yang tidak lazim disebut dengan pica. Karena suatu alasan yang belum diketahui pasti, beberapa kucing diketahui sering memakan benda yang bukan makanan seperti benang, dan plastik. Kucing yang punya kebiasaan makan seperti ini dapat mengalami Anemia, sehingga perlu dilakukan tes kesehatan (Health)

I = .Instinct

Anak kucing cenderung mencakar dan menggigit segala macam benda. Mereka juga cenderung sangat tertarik dengan gerakan dan bau. Sehingga jika dia melihat kabel listrik atau kantong plastik yang bergerak mereka akan mengejar dan menggigitnya. Mereka juga akan menyerang benda berbau 'lezat' seperti ujung dot bayi, dan akan menggigitnya juga.  Tentu saja memakan benda-benda semacam itu berbahaya bagi si kucing.

S = Stress

Kucing ternyata juga bisa stres karena bosan. Sehingga mereka akan mencakar, menggigit, atau menjilati benda-benda tertentu untuk menghilangkan kebosanan. Seperti halnya manusia yang jika bingung tidak ada kerjaan terkadang ada yang suka menggigit kuku.

S = Symptom, Signs & Solutions

Menggigit dan menjilati kantong plastik sebenarnya adalah kebiasaan yang lumrah bagi kucing. Kemungkinan hal ini terjadi karena menurut mereka plastik yang bergerak itu menarik untuk dijadikan target. Sementara itu kebanyakan plastik terbuat dari minyak bumi yang menurut kucing rasanya enak, sehingga mereka pun memutuskan untuk memakannya.
Namun, mereka tidak tahu kalau plastik tidak baik bagi kesehatan mereka. So, yang bisa kita lakukan adalah menjadi pengawas agar si kucing tidak memakan plastik. Atau bisa juga menjauhkannya dari plastik.

Referensi : cats about

Kucing yang kemarin dikubur, keesokan harinya ditemukan tengah sarapan di dapur

kucing gue
Sungguh unik kejadian yang menimpa sebuah keluarga di Kentucky ini. Mereka merasa sudah mengubur kucing kesayangan mereka yang mati kemarin, tetapi keesokan paginya mereka menemukan kucing kesayangan mereka tersebut tengah makan sarapan paginya di dapur. Apa yang sebenarnya terjadi???

Karen Jones (48) salah satu warga kota Ashford, Kentucky  merasa hancur hatinya ketika ada yang mengabari mereka bahwa kucingnya yang bernama Norman, yang dikabarkan menghilang dari rumah, ditemukan mati tertabrak kendaraan di jalan raya. 

Ibu dua anak tersebut pun segera menuju ke tempat kucing malang tersebut. Setelah melihat warna bulu, mata, dan ukuran si kucing naas itu, dia pun yakin kalau kucing itu adalah Norman, kucing kesayangannya. Dia pun memebawa jasad si kucing pulang untuk menguburkannya.

Dibantu Harry (22), anaknya, untuk menggali kubur, Karen pun menguburkan si kucing di halaman belakang rumahnya. Disaksikan seluruh anggota keluarga, si kucing pun dikuburkan dengan mainan tikus kesayangannya. Tak lupa mereka pun meletakkan sebuah patung kucing hitam dari porselin di atas makam si kucing.

Namun, keesokan harinya, hal yang sangat mengejutkan terjadi. Keluarga Karen menemukan Norman tengah berada di dapur rumah mereka tengah memakan sarapannya. Apakah Norman hidup kembali???

Karen yang terkejut melihat Norman 'hidup kembali' segera pergi ke tempat mereka menguburkan jasad 'Norman' sehari sebelumnya untuk memastikan. Namun, ternyata kuburan tersebut masih utuh, tidak berantakan.

Keluarga Karen pun menarik kesimpulan bahwa mereka tengah menguburkan kucing lain yang mereka sangka sebagai Norman.

Referensi : the sun

Sunday, May 19, 2013

Seekor Kucing Melahirkan di Dalam Penjara

Parc Prison
Seekor induk kucing berhasil menembus pertahanan ketat sebuah penjara dan berhasil melahirkan 6 ekor anak kucing di dalamnya. Ini bukan cerita fiksi Doraemon loh!!! Ini benar-benar terjadi di Wales.

Seorang sipir penjara menemukan seekor induk kucing berada di dalam truk pengangkut tahanan. Staff pengendali hewan setempat pun datang dan berusaha untuk mengumpulkan keluarga kucing tersebut. Namun si induk kucing berhasil kabur, dan meninggalkan 6 ekor anaknya.

Selama dua jam berikutnya anak-anak kucing tersebut pun disusui menggunakan botol sebelum akhirnya si induk kucing berhasil di tangkap di dalam penjara Parc Prison, Bridgend, South Wales.
"Ini adalah pertama kalinya kita menyelamatkan seekor kcuing dari dalam dinding penjara yang dijaga ketat." ungkap Manager Cats Protection, Sue Dobbs.
Keenam anak kucing yang lahir di penjara tersebut pun diberi nama Jessica, Sherlock, Christie, Marple, Kojak, dan Morse. Sedangkan induk mereka diberi nama Agatha. Mereka akan menghabiskan sekitar 8 minggu di penampungan hewan sebelum dicarikan adopter.

Referensi : mirror

Mengapa Kucing Sering Mengedipkan Mata???

ilustrasi gambar kucing berkedip
Seringkali kita melihat kucing kesayangan kita mengedipkan mata kepada kita. Apakah itu artinya si kucing ini genit dan mencoba menggoda kita??? Hmm, mungkin iya, mungkin juga tidak.

Salah satu cara kucing berkomunikasi adalah mengan menggunakan tatapan mata mereka. Kucing yang  menatap kucing lain dengan tatapan tanpa kedip dan tajam adalah sebuah agresi untuk membuat kucing lain menjauh darinya atau wilayahnya. Lalu apa artinya jika kucing berkedip kepada kita???

Kucing berkedip merupakan lawan dari menatap tanpa kedip. Kucing berkedip untuk menunjukkan persahabatan. Kucing akan mengedipkan matanya kepada kucing lain untuk menunjukkan bahwa mereka bersahabat. Begitu juga ketika mereka mengedipkan mata kepada majikannya.

Untuk menguji teori tersebut, anda bisa mencobanya sendiri kepada kucing kesayangannya. Saat kucing anda menatap anda, cobalah anda kedipkan mata anda, kemungkinan besar kucing kesayangan anda akan membalas kedipan anda.

Terus terang, saya sendiri belum pernah mencobanya. Namun sepertinya masuk akal juga sih. ^_^

Referensi : cats about
credit image : opera kattene

Saturday, May 18, 2013

Tinker Toy, Kucing Terkecil di Dunia Menurut Guinness World Record

Foto Kuicng Terkecil Di Dunia
Tinker Toy adalah seekor kucing blue point Himalayan-Persian jantan yang memiliki tinggi hanya 7 cm, dan panjang 19 cm pada umur 2,5 tahun. Kucing yang bertubuh sangat kecil ini dimiliki oleh Katrina dan Scott Forbes dari Taylorville, Illinois,Amerika Serikat.

Dengan tubuh yang semini itu pada usia yang seharusnya sudah dewasa, tak pelak Tinker Toy pun memegang rekor sebagai Kucing terkecil di dunia dari Guinness World Record.

Tinker Toy lahir pada tanggal 25 Desember 1990 dan mati pada bulan November 1997 pada usia 6 tahun.

Gambar yang ditampilkan di atas bukanlah gambar resmi yang kami dapat dari situs resmi guinness world record, jadi kami tidak bisa memastikan apakah kucing pada foto tersebut benar-benar Tinker Toy atau bukan. Yeah, seenggaknya kami bisa bilang foto di atas hanya sebagai foto ilustrasi. ^_^

10 Jenis Kucing Terbaik Untuk Anak-Anak

Kucing dan anak-anak
Dibandingkan dengan anjing, kucing cenderung lebih cocok dan aman untuk jadi teman bermain anak-anak. Kucing tidak perlu diajak jalan-jalan di luar rumah setiap hari seperti anjing, sehingga kucing akan cocok menemani anak-anak di dalam rumah.

Namun tidak semua kucing bisa akrab dengan anak-anak. Beberapa kucing memiliki sifat pemalu yang membuatnya tidak segan untuk mencakar atau menggigit tangan asing yang hendak menyentuhnya. Namun kami memiliki daftar 10 jenis kucing yang sepertinya terbaik untuk mendampingi pertumbuhan anak anda. Berikut ini adalah daftar kesepuluh ras kucing tersebut.

Kucing jenis ini cocok bagi anak kecil yang enerjik. Kucing ini senang berada di luar rumah, sehingga anak anda tidak akan seharian ngunder di dalam rumah. Itu akan membuat anak anda lebih sehat. Namun kucing ini masih belum cocok untuk mendampingi balita yang belum bisa bermain sendiri di luar rumah.
Kucing Abyssinian tidak rewel meski tidak mendapatkan perhatian secara rutin. Mereka juga tidak takut dengan orang baru. Ketika kucing ini sudah menemukan hubungan dengan seseorang, maka dia akan sangat setia. So, memberikan anak anda seekor anakan kucing Abyssinian, kami rasa akan sangat bagus.

Kucing jenis ini memang lebih terkenal sebagai penangkap tikus yang ulung. Namun pada dasarnya kucing ini tidak terlalu aktif, meski tidak juga terlalu malas. Perawatannya pun tidak begitu banyak karena bulunya pendek. Kucing ini juga dikenal dengan kesetiaannya. So, membiarkan anak anda beranjak dewasa bersama kucing American Shorthair, kami pikir tidak buruk juga.

Karena kucing ini sempat menjadi kucing suci di Burma, dan tinggal di biara, kucing ini pun menjadi binatang yang menyenangkan untuk dipeluk sebagai teman tidur. Mereka adalah kucing yang jinak, dan akan diam dalam waktu yang lama. Sehingga kucing ini tidak begitu cocok dijadikan piaraan anak yang terlalu aktif. Kucing ini lebih cocok dipelihara oleh anak yang tenang, dan karena senang dipeluk, kucing ini juga cocok dipelihara anak-anak yang masih kecil.

Meski kucing ini memiliki penampilan pantat yang sedikit nungging seperti hendak menerkam, tetapi sebenarnya kucing ini adalah kucing yang bersahabat. Kucing ini tidak hanya akan sayang kepada pemiliknya dan keluarga pemiliknya, tetapi kepada siapa saja. Cocok kan buat anak kecil???

Kucing yang senang bermain air ini memiliki bulu lebat dan tubuh yang besar. Sudah seperti boneka bagi anak kecil. Kucing Maine Coon juga terkenal setia dan menyenangkan.

Kucing jenis ini memang terkenal sedikit gerak. Mereka tidak akan mengikuti majikannya jalan kesana kemari, tetapi mereka senang dielus. Penampilan mereka yang lucu menggemaskan dengan bulu yang halus, dan hidung pesek, membuatnya terlihat seperti sebuah boneka yang hidup. Mereka juga merupakan jenis kucing yang sangat jinak. Mereka akan mengajari anak kecil anda untuk mengerti perawatan dasar binatang peliharaan.
Mereka merupakan jenis kucing yang baik dipelihara di dalam rumah, dan senang mengikuti majikannya beraktifitas di dalam rumah. Mereka tidak hanya bisa bersahabat dengan anak kecil, bahkan mereka juga dapat bersahabat dengan anjing. Namun jika anak anda ingin kucing yang aktif, kucing Ragdoll tidak cocok baginya. Kucing ini cenderung lebih senang dipeluk.

Kucing ini adalah kucing berbulu pendek paling populer si Amerika Serikat. Mereka adalah binatang yang setia, penuh rasa ingin tahu, terkadang pemalu, tetapi akan memiliki hubungan yang sangat kuat dengan majikan dan keluarga majikannya. Kucing ini tergolong kucing yang aktif. So, akan membuat anak anda menjadi lebih banyak bergerak, dan membuat si anak lebih ceria.

Kucing ini akan membangun hubungan yang kuat baik dengan anak-anak ataupun orang dewasa. Mereka adalah kucing yang lucu, dan terkenal sangat ramah. Namun sayangnya mereka cenderung rentan terkena penyakit.

Kucing yang juga dikenal dengan nama kucing Chantilly ini merupakan jenis kucing semi-longhair. Mereka memiliki kepribadian yang berimbang, dan temperamen yang ideal. Kucing ini termasuk kucing yang aktif, tetapi juga bisa mentolerir waktu untuk bersantai. Mereka tidak agresif dan tidak punya kecenderungan merusak. Mereka dapat menjadi binatang pendamping yang baik bagi anak anda.

Referensi : animal discovery

Friday, May 17, 2013

Mengapa Kucing Suka Menggosok-Gosokkan Kepalanya Kepada Kita???

Mengapa Kucing Suka Menggosok-Gosokkan Kepalanya Kepada Kita???
Perilaku kucing yang suka menggosok-gosokkan kepalanya ini dalam bahasa teknisnya disebut dengan nama bunting yang menjurus pada tindakan kucing yang suka menggosokan kepalanya pada benda, atau juga disebut dengan allorubbing yang menjurus pada kebiasaan menggosokkan kepalanya kepada kucing lainnya atau kepada manusia. Mengapa kucing melakukan hal demikian???

Kucing menggosokkan kepalanya pada suatu benda (bunting) dengan tujuan untuk meninggalkan jejak aroma sebagai bagian dari komunikasi lewat aroma.

Kucing memiliki beberapa kelenjar aroma yang berbeda di seluruh tubuhnya. Kelenjar-kelenjar tersebut ada yang terletak diantara jari kaki, sehingga kucing akan meninggalkan aromanya dengan cara mencakar. Namun mereka juga memiliki kelenjar aroma di bawah dagu, pojok mulut, sepanjang ekor, dan telinga mereka. Belum diketahui apakah kelenjar-kelenjar tersebut memiliki aroma yang bebeda atau tidak, tetapi biasanya kucing akan menggosokkan seluruh bagian kepalanya kepada suatu objek.

Pada benda yang tinggi kucing akan menggosokkan bagian atas kepalanya. Pada objek yang tidak terlalu tinggi, mereka akan menggosokkan bagian telinganya, dan pada objek yang posisinya rendah mereka biasanya akan menggosokkan bagian dagu mereka.

Kucing biasanya menggosokkan kepalanya kepada kucing lain yang ukuran tubuhnya berbeda. Para ahli belum bisa memastikan secara spesifik tentang model interaksi semacam ini. Namun beberapa berspekulasi bahwa tindakan ini dilakukan untuk menunjukkan tidak adanya agresi.

Lalu, apa maksud kucing menggosok-gosokkan kepala atau pantatnya kepada kita???

Belum diketahui pasti apa maksud dari perilaku kucing yang satu ini. Namun biasanya kucing akan menandai sesuatu yang sangat penting baginya dengan aroma. Mereka melakukan allorubbing dengan teman mereka bukan dengan musuh. 

Dengan demikian bisa diambil spekulasi bahwa kucing melakukan allorubbing kepada kita tujuannya adalah untuk mengatakan kalau kita sangat penting baginya.

Referensi : cats about

7 Ras Kucing Domestik Terbesar di Dunia

Kucing Domestik (Felidae) memang tidaklah sebesar kucing besar (Panthera). Dan karena ini adalah situs yang khusus membahas kucing domestik, maka membicarakan kucing terbesar di sini adalah membicarakan kucing domestik terbesar. So, kita tidak akan membawa-bawa harimau atau Singa.

Berikut ini adalah beberapa ras kucing yang terbilang memiliki ukuran tubuh terbesar. Daftar ini ditulis secara acak dan tidak diurutkan berdasarkan dari yang terbesar atau yang terkecil. Dan yang dimaksud terbesar di sini adalah bukan kucing kegemukan, tetapi memang ras kucing yang memiliki ukuran tubuh besar meski pada kondisi tubuh yang normal. Berikut adalah beberapa jenis kucing domestik berbadan terbesar.

1. Kucing Maine Coon
Foto Kucing Maine Coon
Kucing ini adalah ras kucing domestik terbesar. Ras kucing ini sudah ada sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Berat tubuh kucing maine coon jantan dewasa berkisar antara 6,5-9 kg, sedangkan betinanya sekitar 4,5-7,5 kg. Selengkapnya anda bisa baca di Mengenal Kucing Maine Coon>>

2. Kucing Ragdoll
Foto Kucing Ragdoll
Kucing ini baru dibiakkan sekitar tahun 1960-an. Berat tubuh kucing ragdoll jantan dewasa rata-rata sekitar 7,5 - 10 kg, sedangkan betinanya sekitar 5-7,5 kg. Selengkapnya bisa dibaca di Mengenal Kucing Ragdoll>>

3. Kucing Ragamuffin
Foto Kucing Ragamuffin
Penampilan kucing ini sangat mirip dengan kucing Ragdoll, dan juga teramasuk salah satu ras kucing domestik terbesar. Kucing jantan dewasa beratnya sekitar 5 - 9 kg, sedangkan betina dewasa 4,5 - 9 kg.

4. Kucing American Bobtail
Foto kucing american bobtail
Kucing yang punya ciri khas ekor pendek ini menjadi salah satu kucing domestik berbadan besar berikutnya. Berat kucing jantan dewasa sekitar 6-8 kg, sedangkan yang betina sekitar 3,5 - 5,5 kg. Selengkapnya bisa anda baca di Mengenal Kucing American Bobtail>>

5. Kucing Chausie
Foto Kucing Chausie
Ukuran tubuhnya sekitar 2 kali ukuran tubuh kucing domestik yang umum. TICA mengkategorikan kucing ras ini sebagai kucing ras baru. Pertama kali dikenalkan di dunia sekitar akhir tahun 1960-an atau awal tahun 1970-an. Kucing ini adalah kucing yang sangat aktif, yang senang berlari dan melompat. Selengkapnya bisa anda baca di Mengenal Kucing Chausie>>

6. Kucing Siberian
Foto Kucing Siberian
Kucing ras ini sudah mendapatkan satus "championship" oleh TICA sejak 1996. Mereka masih kerabat dekat kucing Maine Coon, sehingga tidak mengherankan kalau tubuh merkea adalah salah satu yang terbesar. Selengkapnya bisa anda baca di Mengenal Kucing Siberian>>

7. Kucing Savannah
Foto Kucing Savannah
Kucing yang memiliki penampilan mirip macan tutul ini ukurannya hampir setara dengan ukuran anjing. Yeah, mereka juga memiliki kepribadian yang mirip dengan anjing. Mereka memiliki badan yang tinggi dan ramping. Selengkapnya bisa anda baca sendiri di Mengenal Kucing Savannah>>

Referensi : cat breed info