Pages

Sunday, October 28, 2012

Blacan peliharaanku suka makan jangkrik...


Blacan peliharaanku suka makan jangkrik
Beberapa hari yang lalu saya sempat dibuat khawatir oleh blacan peliharaan saya. Pasalnya seharian dia tidak mau makan lele yang sebelumnya menjadi satu-satunya makanan yang mau dia makan. Blacan saya baru berumur 2,5 bulan, sehingga belum banyak jenis makanan yang dia mau makan.
Nah, seharian nggak makan, blacan saya yang tadinya aktif sekali, lompat kesana kemari, menjadi tiduran terus kerjanya. Badannya menjadi sangat lemah. Bahkan untuk berdiri dan berjalan saja jalannya goyah. Namun, tetap saja dia tidak mau makan daging lele yang saya kasih. 
Hingga akhirnya disuatu malam seekor anak jangkrik lewat melintas di depannya. Dengan penuh semangat si blacan mengejarnya dan memakannya dengan lahap. Sebenarnya saya sedikit khawatir jika blacan saya asal makan, karena sebelumnya anakan kucing persiaku mati karena makan kecoa. Namun saya biarkan saja si blacan makan jangkrik. Saya cuma mengamati apa yang terjadi hingga beberapa jam kemudian. Ternyata tidak terjadi apa-apa.
Lalu saya teringat akan sebuah artikel yang pernah saya baca di internet jika serangga merupakan salah satu makanan kucing hutan / blacan. Akhirnya saya putuskan untuk membelikan kucing blacan saya jangkrik yang biasa buat makanan burung. Tadinya saya ragu, apakah jangkrik sebanyak 2000 rupiah yang saya beli akan dimakan oleh blacan saya yang saya kasih nama "Aya" karena betina. Ternyata jangkrik yang saya beli habis seketika.
Kucing blacan saya sangat senang makan jangkrik. Dia terlihat sangat senang ketika mengejar jangkrik dan melahapnya dengan rakus, seolah dia merasa kalau dirinya sudah menjadi seekor kucing hutan pemburu sejati. Dan akhirnya sampai saat ini, jangkrik saya jadikan sebagai salah satu menu makan favorit blacan kesayangan saya. Semakin hari dia semakin sehat dan "nakal" kembali. Rasanya lega sekarang. ^_^

Wednesday, October 17, 2012

Kucing Siam

Kucing Siam
Kucing Siam atau kucing siamese merupakan salah satu kucing ras murni di dunia yang berasal dari Thailand (dahulu disebut Siam). Bersama dengan Kucing Persia, Manx, dan Spinx, kucing ini merupakan ras murni yang tidak mengalami persilangan dengan ras kucing lainnya.
Kucing Siam termasuk kucing berbulu pendek, dengan badan ramping, ekor panjang, serta mata yang berwarna biru. Biasanya kucing ini memiliki warna dominan putih atau abu-abu agak kemerahan dengan warna yang berbeda pada bagian kaki, wajah, dan ekor.Warna-warna tersebut bisa ungu, biru, lynx, merah, ataupun cokelat. Semakin umurnya bertambah, warna bulu kucing siam juga cenderung akan semakin gelap.
Siamese jantan memiliki berat badan sekitar 4 hingga 7 kg dengan tinggi rata-rata 60 cm. Sedangkan kucing betina beratnya hanya sekitar 5 kiloan dengan tinggi badan sekitar 53 cm.
Kucing Siamese dikenal sebagai kucing yang ramah, lincah, serba ingin tahu dan memiliki tingkat kecerdasan yang lumayan tinggi. Bahkan konon katanya kucing ini dapat hidup berdampingan dengan anjing jika disosialisasikan dengan baik sejak kecil. Namun sepertinya anda juga perlu melihat jenis anjing macam apa dulu yang akan hidup serumah dengannya. Selain itu, kabarnya kucing ini juga cocok untuk berdampingan dengan anak-anak hingga orang tua.
Usia rata-rata kucing siam sekitar 13 tahun. Namun masih tidak menutup kemungkinan untuk hidup hingga usia 17 tahun jika perawatan dan makannya baik. Bahkan sudah ada juga kucing Siamese yang hidup hingga usia lebih dari 20 tahun.
Kucing Siam merupakan jenis kucing yang tergolong memiliki kondisi kesehatan yang baik. Kucing ini cenderung jarang mengalami masalah kesehatan yang serius. Namun ada beberapa kasus yang mengidap gangguan ginjal, jantung, ekor tertekuk, hernia ataupun mata juling.
Karena kucing ini termasuk jenis shorthair atau berbulu pendek, maka perawatan bulunya cenderung lebih mudah. Mungkin anda hanya perlu memandikannya sebulan sekali atau hanya jika bulunya terlihat kotor saja. Namun sebaiknya minimal 2 kali sebulan bulu kucing ini perlu disikat.
Sebagai tambahan, karena kucing ini termasuk kucing yang lincah dan aktif, serta senang berada di dekat manusia (terutama majikannya) mungkin penjagaan kucing Siam perlu sedikit lebih. Maksud saya, jika anda termasuk orang yang jarang berada di rumah, menginginkan hewan yang tenang, maka kucing siam saya rasa bukan peliharaan yang cocok buat anda.
Harga kucing Siam sekitar 1 jutaan. Namun saya kurang tahu itu kualitas yang bagus atau biasa. Yang pasti ada yang jual anakan kucing Siam murah hanya 500 ribuan. Artinya harga 1 jutaan menurut saya sudah lumayan cukup bagus lah untuk harga kucing Siam saat ini.

Referensi : id.berita.yahoo

Tuesday, October 16, 2012

Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian
Kucing Abyssinian adalah salah satu ras kucing berbulu pendek paling populer di Amerika Serikat. Banyak orang mengatakan bahwa kucing ini berasal dari Ethiopia. Namun pada kenyataannya, teori tersebut masih diragukan kebenarannya, karena belum ditemukan bukti yang valid..
Teori lain mengatakan bahwa kucing ini berasal dari Mesir yang dibawa ke Alexandria oleh tentara Inggris kemudian dibawa ke Inggris pada tahun 1868. Namun teori ini masih diragukan juga, karena tidak ditemukan keterkaitannya dengan kucing Abyssinian yang terdaftar pada tahun 1882. Namun teori ini mungkin benar, karena penampilan kucing ini terlihat mirip dengan patung kucing yang ditemukan di banyak kesenian Mesir Kuno.
Karakteristik kucing Abyssinian adalah memiliki tubuh berotot, memiliki lengkungan bahu dan bentuk leher yang indah, mata berbentuk almond, ekor yang cukup panjang, telinga besar dan runcing, serta tubuh yang lentur dengan kaki panjang. Yeah, seperti apa yang anda lihat pada gambar di atas. 
Kucing Abyssinian memiliki kecerdasan yang tinggi. Kucing ini senang berada di sekitar manusia, selalu ingin tahu apa yang majikan mereka lakukan, aktif, lucu dan ramah. Kucing Abyssinian juga mudah dilatih untuk melakukan sesuatu. Kucing ini juga tergolong jarang mengeong, penurut dan tidak suka merusak.
Beberapa penyakit yang sering menyerang kucing ini antara lain sakit pada gusi. Gejalanya adalah mulutnya menjadi bau, kemudian terjadi infeksi pada gusi yang dapat membuat giginya rontok. Jika gejala ini tampak, sebaiknya anda segera membawanya ke dokter hewan terdekat.
Kucing Abyssinian pertama kali diimpor ke Amerika Utara pada 1900-an. Namun kualitasnya tidak begitu baik pada waktu itu. Kemudian pada tahun 1930 kucing ini diimpor lagi ke Amerika dengan kualitas yang lebih baik.
Kabarnya kucing ini termasuk salah satu dari sepuluh ras kucing termahal di dunia. Harga kucing Abyssinian berkisar antara $700 - $1500 atau sekitar 7 juta hingga 15 jutaan rupiah. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada yang jual anakan kucing Abyssinian murah.
Referensi : mybelovedcat

Monday, October 15, 2012

Kucing Tiffany

Kucing Tiffany
Kucing Tiffany atau Chantilly sempat dinyatan punah hingga pada tahun 1967 seorang pemilik Neotype Cattery di New York, Amerika Serikat yang bernama Jennie Robinson membeli sebuah rumah dan menemukan sepasang kucing ini.
Tanpa mereka sadari sebelumnya, di rumah itu keluarganya menemukan 2 ekor kucing yang penampilannya cukup indah. Jennie sama sekali tidak mengetahui jenis kucing apa itu. Namun yang pasti kucing tersebut memiliki warna coklat, dan bulunya semi-longhair.. Kemudian kucing tersebut diberi nama Thomas dan Shirley.
Akhirnya, sepasang kucing tersebut melahirkan enam anak kucing. Anehnya semua anak kucing memiliki bulu coklat padat yang mirip dengan induknya. Kemudian, Jennie Robinson membuat program penangkaran untuk kucing milik mereka itu. Tepatnya tahun 1970 Jennie mendaftarkan Thomas dan shirley dengan anak kucing mereka ke  American Cats Association (ACA).
Beberapa ahli menduga bahwa kucing tersbut hanyalah keturunan dari kucing Birman. Namun mereka tidak memiliki warna sepia yang merupakan karakteristik dari kucing Birman. Kemudian beberapa keturunan kucing tersebut dijual kepada Sigyn Lund (Breeder kucing Birman). Kemudian Sigyn Lund memperkenalkan kucing itu sebagai kucing Tiffany.
Karena jumlah kucing Tiffany sangat sedikit, ACA sempat menghapus kucing Tiffany dari daftar. Namun beberapa tahun kemudian, di Kanada terdapat banyak pecinta kucing yang menemukan ras ini dan memutuskan untuk melestarikannya..
Kucing ini memiliki bentuk tubuh yang sedikit asing yang diselimuti bulu semi-panjang. Bulunya lembut dan halus. Kucing hanya memiliki satu lapisan bulu, sehingga lebih mudah dalam perawatannya dibandingkan dnegan kucing yang memiliki dua lapisan bulu.
Kucing Tiffany tergolong jenis kucing yang pertumbuhannya lambat. Biasanya pertumbuhan mereka cenderung belum sempurna hingga mereka menginjak usia 2 tahun. Untuk standarisasinya kucing ini harus memiliki hidung yang tidak mancung tidak juga pesek, serta moncong yang kuat, luas, pendek,dan lembut.
Pada mulanya kucing Tiffany hanya memiliki bulu berwarna cokelat. Namun saat ini sudah ada warna lain seperti biru, cinamon, ungu, dan cokelat kekuningan. Selain itu, warna bulu kucing ini juga tidak hanya solid saja, saat ini sudah ada berbagai macam corak seperti tutul, mackerel, dan ticked.
Referensi : mybelovedcat dan wikipedia

Sunday, October 14, 2012

Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll
Kucing Ragdoll merupakan ras kucing besar dan berotot dengan bulu semi-longhair dan bermata biru. Kucing ini dibiakkan oleh seorang breeder Amerika kontroversial yang bernama Ann Baker. Nama "Ragdoll" sendiri berasal dari kecenderungan setiap individu untuk membiakkan hewan yang tenang dan santai saat dipegang dan diangkat.
Kisah terbentuknya ras kucing Ragdool dimulai pada tahun 1960-an ketika seekor kucing berbulu panjang berwarna putih yang bernama Josephine mengalami kecelakaan mobil dan membuatnya dibawa ke rumah sakit di University of California.
Diketahui bahwa Josephine merupakan ras kucing Persia/Anggora yang pernah melahirkan kitty hasil perkawinan dengan kucing Birman jantan, dimana salah satunya memiliki warna menyerupai kucing Siam. Baker percaya bahwa Josephine dijadikan subjek rahasia ujicoba genetik pemerintah selama pemulihan di lab. Dia mengklaim, proyek tersebutlah yang membuat Josephine menjadi tenang saat diangkat dan kebal terhadap rasa sakit.
Setelah josephine sembuh, dia melahirkan anak kucing yang memiliki temperamen yang sama dengannya. Anak kucing yang lahir berikutnya pun memiliki sifat yang sama juga. Menyadari hal itu, Ann Baker meminta beberapa anak kucing tersebut dari pemiliknya. Nah, kucing tersebutlah yang kemudian digunakan untuk mengembangkan ras kucing yang kita kenal sekarang sebagai kucing Rahdoll.
Kucing Ragdoll merupakan jenis kucing yang memiliki ukuran tubuh besar, dan memiliki sifat santai dan ramah. Kucing Ragdoll memiliki rambut tebal dan memiliki kesamaan dengan kucing Siam. Itulah sebabnya banyak orang yang salah mengenalinya.
Karakteristik khas kucing Ragdoll adalah, postur tubuh yang biasanya gempal dengan kaki pendek, dan memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar daripada ras kucing lainnya. Kucing Ragdoll juga memiliki warna bulu yang sangat unik seperti, seal, biru, coklat, ungu, merah, dan krem​​.
Jika kucing Savannah terdaftar dalam buku Guinness sebagai kucing terpanjang di dunia, maka kucing Ragdoll terdaftar sebagai kucing terbesar di dunia, dengan berat sekitar 12 - 20 pound untuk kucing laki-laki dan sekitar 10 - 15 pound untuk kucing betina.
Perawatan kucing Ragdoll tidak terlalu sulit karena kucing ini dapat membersihkan diri mereka sendiri. dengan sangat baik. Namun tetap jangan lupa untuk menyisir rambut mereka agar tidak kusut. Harga kucing Ragdoll sekitar $375 - $1800  atau sekitar 3,5 juta - 10 juta lebih tergantung pada kualitas dan usia. 

Referensi : mybelovedcat  dan wikipedia

Saturday, October 13, 2012

Kucing Savanah

Kucing Savannah
Kucing Savanah merupakan hasil beberapa kali persilangan dari kucing jenis Siamese dengan kucing liar serval Afrika, Bengal dan kucing Egyptian. Ukuran tubuh kucing ini mungkin merupakan yang paling besar diantara kucing rumahan lainnya. Bahkan seekor kucing savannah tercatat sebagai kucing terpanjang di dunia oleh Guiness Book of Record dengan panjang sekitar 44 cm.
Seorang breeder kucing Bengal yang bernama Judee Frank mengawinkan seekor kucing serval jantan dengan kucing siamese dan melahirkan seekor kucing yang diberi nama "Savannah" pada 7 April 1986. Kemudian kucing tersebut membuat seorang yang bernama Patrick Kelley tertarik dan mengambil seekor anakannya pada tahun 1989.
Kelley merupakan orang pertama yang tertarik untuk menyilangkan kucing serval dengan ras kucing lainnya. Dia mendekati breeder kucing serval yang lain untuk membantunya menciptakan sebuah ras kucing baru. Hingga akhirnya dia bekerjasama dengan Joyce Sroufe untuk menciptakan sebuah ras baru yang diakui.
Pada tahun 1996, Patrick Kelley dan Joyce Sroufe menulis versi asli dari standar kucing Savanah dan mendaftarkannya ke International Cat Association. DAn pada tahun 2001 ras baru inipun diakui dengan nama kucing Savannah.
Selain cantik dan terlihat "buas" kucing Savannah juga merupakan kucing yang cerdas dan setia. Bahkan disebut-sebut kesetiaan kucing ini sama dengan kesetiaan seekor anjing. Anda pun bisa melatihnya untuk  berjalan di atas tali ataupun mengambilkan barang. Mereka juga senang  mengikuti kemanapun pemiliknya pergi.
Karakteristik kucing ini tidak agresif, tetapi tidak juga pemalu. Beberapa pemilik kucing Savannah juga melaporkan bahwa kucing savannah mereka memiliki sifat yang sangat ramah terhadap kucing atau anjing lain di rumah serta orang yang baru dia kenal..
Savannah memiliki lompatan yang cukup sangat tinggi. Dia dapat melompat hingga setinggi 2,5 m dari posisinya berdiri. Kucing ini juga dikenal sangat ingin tahu. Mereka sering belajar bagaimana membuka pintu, lemari, dan lainnya. Sehingga pemilik kucing Savannah perlu melakukan sesuatu yang khusus terhadap interior rumahnya untuk menjaga kucing ini dari hal-hal yang tidak diharapkan.
Kucing Savannah juga sama dengan kucing Bengal yang tidak takut terhadap air. Bahkan beberapa pemiliknya terkadang mengajak savannah mereka berendam bersama. Yang unik lainnya dari kucing ini adalah, ketika dia merasa gembira dia akan mengibas-ngibaskan ekornya. Selain itu, kucing ini juga dapat mengeong seperti kucing domestik, tetapi juga dapat mendesis seperti kucing serval.
Kucing Savannah termasuk salah satu dari sepuluh ras kucing termahal di dunia. Harga kucing Savannah sekitar  $4.000 hingga $10.000 atau setara dengan 36 - 90 juta rupiah.

Referensi : inori-to-shigoto dan wikipedia

Friday, October 12, 2012

Kucing Bengal

Kucing Bengal
Kucing Bengal merupakan hasil persilangan dari kucing American Shorthair dengan Asian leopard cat (ALC) atau mungkin kita lebih sering menyebutnya Blacan. Sebelumnya saya juga sempat bingung kenapa kucing ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Blacan yang saya punya. Ternyata memang kucing Bengal merupakan keturunan dari Blacan juga.
Kucing ini merupakan keturunan ketiga dari program persilangan yang dilakukan. Sehingga Bengal mendapatkan perawakan yang liar dengan badan berotot, dan pola tutul mirip macan tutul dari Blacan dan darah kucing domestik yang mengalir di tubuhnya membuat sifatnya menjadi jauh lebih jinak dari ALC.
Nama "bengal" diambil dari nama ilmiah Asian Leopard Cat yang disebut sebagai Bengal Tiger. Namun belum jelas Asian Leopard Cat yang mana yang menjadi nenek moyang kucing ini. Mengingat yang saya tahu Blacan bukanlah kucing yang berukuran besar, sedangkan kucing Bengal merupakan kucing yang berukuran besar. 
Namun setelah saya cari-cari tahu, akhirnya saya menemukan jawabannya. Dimungkinkan ukuran tubuhnya ini merupakan warisan dari kucing American Shorthair yang berbadan besar yang menjadi akar mula ras bengal ini. Setelah persilangan pertama, kemudian anakan yang dihasilkan disilangkan kembali dengan bapaknya. Sehingga sifat liarnya benar-benar hilang.
Pada tahun 1973 program persilangan tersebut dilanjutkan lagi oleh  Dr. Centerwall dari California University untuk mendapatkan Asian Leopard Cat yang tahan terhadap penyakit Feline Leukemia. Tidak mengherankan jika harga kucing Bengal sangat mahal karena kualitasnya benar-benar sudah teruji.
Pada tahun 1998 seekor kucing Bengal yang bernama Cato memecahkan rekor sebagai kucing termahal di dunia dengan harga $41.435 atau sekitar Rp 372,6 Juta saat ini. Pembelinya adalah seorang yang bernama Cindy Jackson yang tinggal di London, Inggris. Rekor kucing termahal di dunia ini baru terpecahkan pada tahun 2005.
Pada tahun 1983 ras kucing ini didaftarkan ke asosiasi/federasi TICA, sedangkan federasi FiFe baru belakangan ini mengakuinya. Kemudian pada tahun 1991 kucing Bengal untuk pertama kalinya diperkenalkan di Perancis.
Kucing bengal memiliki karakteristik yang aktif dan cerdas. Dan yang unik dari kucing ini adalah kesukaannya terhadap air. Mereka akan senang ketika tubuhnya basah terkena air. Sangat berbeda dengan kebanyakan jenis kucing yang ada.
Yang jual kucing bengal murah di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak. Hanya saja yang diklasifikasikan murah itu berbeda-beda. Beberapa waktu lalu saya cek di sebuah situs jual beli online Indonesia, ada yang jual anak kucing bengal dengan harga paling murah Rp6.000.000.

Referensi : kucing.biz

Thursday, October 11, 2012

Kucing Hutan / Blacan

Kucing Hutan / Blacan
Blacan atau dikenal juga dengan berbagai nama daerah seperti meong congkok, macan akar, macan rembah, macan rembang, atau mungkin masih ada yang lainnya merupakan ras kucing hutan yang saat ini termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia.
Dalam bahasa Inggris, kucing liar ini disebut Asian Leopard Cats atau biasa di singkat ALC karena corak bulunya yang menyerupai macan tutul. Kucing hutan ini masuk dalam genus Prionailurus dan spesies Prionailurus Bengalensis (P.B). Terdapat 3 jenis kucing hutan yang hidup di Indonesia yaitu sub spesies P.B Javanensis penyebarannya di jawa-Bali, P.B Sumatranus di Sumatra, dan P.B Borneoensis di Kalimantan.
Kucing ini termasuk hewan yang aktif di malam hari (nocturnal) untuk mencari buruan. Makanan kucing hutan ini berupa hewan-hewan kecil seperti tikus, kelinci, burung, serangga, dan amphibi. Kucing ini memiliki kemampuan memanjat yang sangat hebat. Selain itu, kucing ini juga dapat berenang.
Ukuran tubuh kucing hutan kurang lebih sama dengan ukuran kucing domestik. Yang membedakan kucing hutan dengan kucing domestik dalam penampilannya adalah corak bulu dan warnanya. Untuk blacan yang berkembang di Indonesia cenderung berwarna dasar kuning kecokelatan dengan belang-belang hitam dari kepala hingga tengkuk. Sedangkan corak bulu pada bagian tubuh biasanya tutul tutul kayak macan tutul..
Oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora), Blacan dimasukan ke dalam Apendiks II kecuali untuk Blacan/kucing hutan yang berkembang di Bangladesh, India dan Thailand yang dimasukkan dalam daftar Apendiks I. 
Dan oleh IUCN ( International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources.) Red List, Blacan dimasukan ke dalam status konservasi Least Concern (Resiko Rendah) kecuali untuk subspesies P. b. iriomotensis yang berstatuskan Endangered (Terancam).
Meskipun kucing ini merupakan hewan yang dilindungi, ternyata di sebuah situs online saya dapati orang yang jual kucing hutan. Harga kucing hutan yang dibanderol adalah 300 ribuan.


Referensi : blacan-ibk.forumq.net dan flora-faunaindonesia.blogspot.com

Wednesday, October 10, 2012

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon diduga merupakan hasil persilangan antara kucing Angora yang dibawa ke Amerika oleh para pedagang Inggris dengan kucing hutan Norwegia yang dibawa oleh bangsa Viking. Dugaan ini diambil karena ciri ciri kucing Maine Coon yang terlihat mirip dengan kucing hutan Norwegia.
Nama "Maine Coon" sendiri merujuk pada dua kata yaitu "Maine" yang merupakan daerah asal kucing ini yaitu, negara bagian Maine, Amerika Serikat dan "Coon" yang diambil dari kata Raccoon (musang), karena bentuk ekor kucing ini menyerupai ekor musang.
Ada sebuah cerita yang menarik tentang asal-usul kucing ini. Dikisahkan bahwa dahulu kala pada saat Revolusi Perancis ada orang yang bernama Marie Antoinette yang melarikan diri dari Perancis menuju Amerika dengan menggunakan kapal. Kapal tersebut mengalami kecelakaan sehingga tidak sampai tujuan, tetapi enam ekor kucing yang dibawa oleh kapal tersebut berhasil sampai di Wiscasset (Maine) dan berkembangbiak di sana sebagai nenek moyang kucing Maine Coon.
Pada mulanya ras kucing Maine Coon memiliki kecenderungan kelainan genetik yang unik yang membedakannya dengan ras kucing lain yaitu  memiliki jari kaki yang lebih banyak dibandingkan jenis jenis kucing lainnya. Kelainan genetik ini disebut polidactyl dan bersifat genetik dominan. 
Namun pada keturunan modern, kelainan ini sudah sangat jarang ditemui. Salah satu penyebabnya adalah karena kucing yang memiliki polidactyl tidak diperbolehkan untuk diikutsertakan dalam kontes. Makanya Maine Coon yang masih membawa polidactyl tidak lagi dikembangkan.
Kucing ini memiliki bulu yang mengkilap, tebal dan tahan air. Pada bagian leher, perut, dan kaki, bulu tumbuh lebih lebat untuk menghangatkan tubuh dari suhu yang dingin. Bulu juga tumbuh lebat pada bagian ekor yang akan dilingkarkan pada saat tidur untuk menghangatkan tubuh. Saat musim dingin, bulu kucing Maine Coon dapat tumbuh hingga sepanjang 7 cm.
Kucing ini memiliki mata dan telinga yang besar sehingga kemampuan penglihatan dan pendengarannya sangat baik. Selain itu, kucing ini juga berotot dan bertulang besar. Maine Coon jantan dewasa panjangnya bisa mencapai 1 meter lebih dengan berat badan 6 hingga 9 kg. Sedangkan betinanya cenderung berukuran lebih kecil.
Pertumbuhan kucing Maine Coon cenderung lambat. Kucing ini baru akan mencapai bentuk "sempurna" pada usia 3 - 5 tahun. Hal iin lumrah terjadi pada jenis-jenis kucing berbadan besar seperti kucing Birman dan beberapa kucing besar lainnya..
Seperti yang kita tahu, kebanyakan kucing memiliki pola pikir yang independen, tetapi kucing ini tidaklah sepenuhnya demikian. Mereka dapat dekat dengan manusia. Meskipun tidak se-caper anjing. Kucing ini juga termasuk kucing yang aktif, tidak "pemalas" seperti kucing Persia yang lebih senang tiduran dipangkuan pemiliknya.
Meskipun sebenarnya kucing ini lebih cocok hidup di daerah yang dingin, tetapi di Indonesia ternyata sudah ada beberapa pembiak ras kucing ini. Beberapa juga sudah menyediakan kucing Maine Coon untuk dijual. Jika anda beruntung anda bisa menemukan orang yang jual kucing Maine Coon murah di internet. 
Harga paling murah sekitar 1, 5 jutaan, tetapi setau saya kucing ini baru berani dijual ketika umurnya minimal 3 bulan. Atau biasanya kalo ada yang mau beli umur dibawah 3 bulan, maka penjualnya akan menawarkan diri untuk merawatkannya hingga umur 3 bulan atau lebih. Baru setelah itu kucing Maine Coon tersebut akan diserahkan kepada si pembeli..
Referensi : kucingkita.com

Tuesday, October 9, 2012

Kucing Birman

Kucing Birman
Kucing Birman merupakan jenis kucing semi longhair yang berukuran besar, dan panjang. Memiliki bulu bertekstur halus dan agak panjang dengan pola warna bulu yang menyerupai kucing Siam. Meskipun dalam satu dekade ini penggemarnya semakin banyak, tetapi mungkin akan sedikit susah untuk mencari yang jual kucing Birman.
Karakteristik kucing Birman cenderung lebih aktif dibandingkan kucing Persia, tetapi tidak seaktif kucing Siam. Sifatnya penyayang, setia, penuh rasa ingin tahu, senang berada di dekat majikannya dan relatif cerdas. Selain itu beberapa pemelihara kucing Birman juga mengatakan bahwa ikatan batin antara mereka dengan kucing Birman piaraan mereka cenderung kuat. Misalnya saja kucing ini sering didapati menunggu majikannya pulang ke rumah.
Seperti yang disampaikan di atas tadi, pola warna kucing ini cenderung menyerupai kucing Siam atau biasa disebut dengan istilah "Colour point" yaitu terdapatnya warna gelap pada telinga, wajah, ekor, dan keempat kakinya. Warna yang paling sering ditemukan pada kucing ini adalah seal point dan blue point. Namun saat ini ada juga pola warna baru yang masih berupa eksperimen yaitu caramel point, tortie point (gabungan coklat dan merah) serta lynx point (berpola seperti macan, loreng-loreng). Namun hanya ada satu varian warna matanya yaitu biru.
Seperti kebanyakan kucing besar lainnya, pertumbuhan kucing ini terbilang lambat. Saat usianya menginjak 18 bulan, masa pertumbuhan kucing ini masih belum maksimal. Mereka akan terus berkembang hingga usia 3 tahun. Saat baru lahir, bulunya akan berwarna putih solid. Setelah dua atau tiga hari kemudian baru akan muncul warna lain dengan pola tertentu pada bulunya hingga hari ke-14.
Cara merawat kucing Birman yang direkomendasikan antara lain : anda perlu menyikat bulunya sekitar 15 menit sekali dalam seminggu untuk membantu pertumbuhan bulunya. Jika di negara-negara yang beriklim subtropis kucing ini perlu dimandikan paling sedikit enam bulan sekali, maka di negara Tropis seperti Indonesia setidaknya sebulan sekali kucing ini perlu dimandikan. Namun tenang saja, karena kucing Birman senang disentuh, maka memandikannya tidaklah sesulit memandikan kucing ras lainnya. . .
Pola makan kucing Birman cukup unik. Kucing ini butuh lemak yang lebih banyak untuk menunjang pertumbuhan bulunya. So, anda perlu memberinya makanan lain selain cats food. Setidaknya 2x seminggu mungkin akan babik jika anda memberi daging mentah pada kucing Birman yang berusia 12 minggu hingga 6 bulan. Namun jangan pernah anda memberinya susu sapi.
Kucing ini akan senang berada di ruangan yang sejuk. Namun tidak baik jika memeliharanya di ruangan yang ber-AC, karena itu akan membuatnya lebih lembab. Lebih baik anda menggunakan kipas angin jika suhu udara di kota anda terlalu panas.
Untuk yang jual kucing Birman murah, saya menemukan di internet ada yang jual anak kucing Birman umur  8 - 10 bulan dengan harga Rp. 800.000,00 sampai Rp. 1.250.000,00. Usia 10 - 20 bulan Rp. 1.250.000,00 sampai Rp. 2.000.000,00.


Referensi : kucingkita.com
Credit image : catpetshop.blogspot.com

Monday, October 8, 2012

Kucing Siberian

Kucing Siberian
Kucing Siberian (Siberian Cat) masih merupakan kerabat dekat dari kucing Maine Coon dan Kucing Hutan Norwegia yang juga merupakan kucing nasional negara Rusia. Kucing ini memiliki sebuah kebiasaan unik yang menyerupai kebiasaan anjing yaitu mereka akan menyambut majikannya dengan suara khas mereka. 
Kucing ini juga memiliki kebiasaan yang sedikit aneh yaitu selain mereka suka bermain air, mereka juga gemar menjatuhkan mainan ke dalam air. Namun terlepas dari semua itu, kucing ini sebenarnya adalah kucing yang ramah, energik, dan cerdas.
Kucing Siberian merupakan jenis kucing langka yang aslinya berasal dari Siberia. Kucing ini merupakan jenis kucing hypoallergenic. Sehingga sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki elergi terhadap bulu kucing.  Kucing ini terkenal sebagai jenis kucing yang kuat. Dengan kaki belakang yang sangat kuat, kucing ini dapat melompat dengan sangat lincah.
Ciri fisik kucing Siberian adalah memiliki daun telinga yang ujungnya meruncing dengan ukuran mata yang relatif kecil jika dibandingkan dengan ukuran kepalanya. Warna bulu kucing ini bermacam-macam, tetapi biasanya cenderung berpola belang-belang.
Beberapa orang percaya bahwa kucing ini adalah ras baru karena jumlahnya yang terhitung masih sangat sedikit. Namun pada kenyataannya ras kucing ini sudah da sejak 1000 tahun sebelum Masehi dan sudah pernah diikutsertakan dalam sebuah kontes di Inggris pada tahun 1871.
Cara merawat kucing Siberian tidaklah jauh berbeda dengan merawat kucing lainnya. Untuk masalah makanannya, anda perlu sedikit selektif dalam memilih makanan kucing Siberian. Pastikan anda selalu melihat komposisinya, karena kebanyakan makanan kucing yang dijual dipasaran mengandung karbohidrat yang cukup besar. Padahal makanan seperti itu tidaklah baik untuk kucing ini. Yeah, sebenarnya hal ini juga berlaku untuk semua jenis kucing peliharaan.
Karakteristik kucing Siberian yang senang bermain, membuatnya senang berjalan-jalan di luar rumah. Dan tidak ada masalah jika anda ingin mengikatkan tali pada kucing ini saat anda ajak jalan-jalan keluar agar tidak lari kemana-mana..
Harga kucing Siberian berkisar antara $850 - $1250 atau setara dengan 8 - 12 jutaan rupiah.  Saya sendiri tidak tahu apakah ada yang jual anakan kucing Siberian murah di Indonesia. Namun anda bisa mencarinya sendiri di internet.

Referensi : mybelovedcat

Sunday, October 7, 2012

Kucing Anggora

Kucing Anggora
Kucing Anggora (Angora / Angola), salah satu kucing ras tertua yang berasal dari Angora (sejak 1930 disebut Ankara), Turki. Kucing ini terlihat mirip dengan kucing Persia. Namun jika anda lihat lebih detail, anda akan mengetahui jika bentuk hidung kucing anggora terlihat berbeda. Jika kucing Persia memiliki hidung pesek dan terlihat lucu, kucing anggora memiliki hidung yang sedikit lebih mancung dan terlihat elegan.
Kucing Anggora yang saat ini kita kenal disebut juga Turkish Angora atau Kucing Kedisi Ankara. Sebenarnya kucing Turkish Angora yang asli hanyalah memiliki warna bulu putih dengan mata biru atau kuning. Namun saat ini terdapat berbagai variasi warna seperti putih, hitam, cokelat, blangtelon (tiga warna), kucing, dan lain sebagainya.
Layaknya kucing Persia, kucing Angora juga merupakan salah satu jenis kucing yang paling terkenal di dunia. Mereka dikenal cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan pemilik baru. Kucing ini tidak agresif dan senang bermain-main. Seperti kebanyakan kucing, mereka akan senang mengejar sesuatu. Jenis kucing Anggora juga dikenal lebih suka berada di dalam ruangan daripada di luar ruangan.
Kucing ini memiliki penampilan yang terlihat anggun dan elegan dengan ukuran tubuhnya yang relatif cukup besar, panjang, ramping dengan kaki dan ekor yang panjang. Ekor kucing ini berbulu lebat dan mengembang seperti ekor rubah. Hidungnya mancung dengan bentuk kepala yang menyerupai segitiga, telinga yang lancip dan lebar, serta mata lebar yang menyerupai almond. Tidak mengherankan jika beberapa artis memilih memelihara kucing jenis ini. Seperti Tya Ariestya dan kucing anggora miliknya yang bernama Bubu.
Pada tahun 1954 untuk pertama kalinya kucing Angora dijual ke Amerika Serikat. Pada tahun 1968 seekor kucing Anggora berbulu putih untuk pertama kalinya diakui oleh CFA (Cat fanciers Association). Sejak 1970 diselenggarakanlah sebuah kompetisi tahunan kucing Angora. Dan untuk pertama kalinya juga pada tahun 1976 kucing Angora mendapatkan CFA grand champion.
Harga kucing Anggora yang berkualitas biasanya sekitar  1,5 juta untuk kucing dewasa. Harga anakan kucing anggora yang berkualitas sekitar 3,5 jutaan, untuk anakan yang akan diikutkan show sekitar 6 jutaan atau lebih, dan bisa mencapai 10 jutaan lebih untuk anakan berbulu putih dengan mata biru, tanpa masalah pendengaran dan berkualitas kucing show.
Namun yang jual kucing anggora murah dibawah satu jutaan juga banyak kok. Bahkan yang jual anak kucing anggora murah sekitar 400 ribuan. Anda bisa mencarinya di internet atau langsung berburu ke pet shop terdekat. Untuk cara merawat kucing Anggora, menurut saya pribadi masih lumayan lebih mudah dibandingkan merawat Persia. Kucing ini cenderung lebih sehat, aktif, dan karena bulunya tidak sepanjang Persia maka bisa sedikit lebih jarang dimandikan.
Anda juga bisa berkunjung ke Galery Foto Kucing Anggora untuk melihat beberapa koleksi foto-foto kucing anggora yang anggun dan cantik.


Referensi : mybelovedcat

Saturday, October 6, 2012

Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair
Kucing British Shorthair merupakan salah satu jenis kucing yang cukup populer dalam banyak cat show. Kucing ini menjadi kucing paling populer yang diakui oleh Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) di Inggris sejak 2001 dan mengalahkan kepopuleran kucing Persia.
British Shorthair merupakan keturunan dari kucing yang dibawa ke dataran Inggris oleh bangsa Romawi yang melakukan kawin silang dengan kucing lokal setempat. Kucing hasil kawin silang tersebut kemudian disilangkan lagi dengan kucing Persia untuk mendapatkan bulu yang lebih lebat.
Kucing jenis ini mulai dikenal sejak abad ke-19 dan mengikuti show untuk pertama kalinya pada tahun 1871 yang bertajuk Crystal Palace cat show. Kepopuleran jenis kucing ini menurun pada tahun 1940-an. Namun sejak Perang Dunia II berakhir, program pembiakan kucing British Shorthair dilakukan lagi secara intensif sehingga kepopulerannya perlahan mulai meroket kembali.
Kucing jenis ini memiliki mantel bulu yang padat, mantel mewah yang sering digambarkan sebagai bulu yang tipis dan “crisp”. Matanya besar, bulat, lebar serta memiliki berbagai variasi warna meskipun warna kuning tembaga atau emas pada “British blue” merupakan yang terbaik yang pernah ada.
Menurut standar yang sudah disepakati, kepala kucing British Shorthair berbentuk bulat dengan pipi yang tembem. Tubuhnya besar, kokoh, dan berotot. Memiliki dada, pundak, dan pinggang yang lebar dengan kaki-kaki yang pendek, bentuk cakar membulat, dan ekor yang tidak terlalu berbulu tetapi indah yang ujungnya tumpul.
Ukuran tubuh kucing jantan lebih besar daripada kucing betina. Rata-rata berat kucing jantan adalah 5 – 10 kg, sedangkan betinanya berkisar antara 5 – 7 kg. Sama denagn kucing ras lainnya, kucing British Shorthair jantan yang sudah dewasa biasanya akan memiliki rahang pipi yang lebih menonjol yang membedakannya dengan kucing betina. Rata-rata harapan hidup kucing ini adalah sekitar 14 hingga 20 tahun.
Kucing ras British Shorthair hadir dalam berbagai variasi warna dan corak. Dalam waktu yang lama, varian “Blue” lebih popular dibandingkan dengan varian yang lain. Bahkan varian tersebut memiliki namanya sendiri yaitu “British Blue”. Sampai sekarang pun warna tersebut tetap menjadi yang paling populer meskipun saat ini telah hadir banyak sekali varian lain.
Kucing jenis ini merupakan kucing yang santai, cukup aman jika dekat dengan anak-anak, dan jarang mencakar. Kucing ini memiliki karakter yang stabil dan lebih baik hidup di dalam ruangan. Sehingga sangat cocok dipelihara di apartemen.
Mungkin kucing ini sering tidak menurut saat dipanggil, tetapi kucing ini terkenal suka bermain. Mereka suka mainan seperti tikus-tikusan atau mainan berbentuk batangan. Bukan termasuk kucing yang hiperaktif dan lebih senang tiduran di dekat majikannya dari pada berkumpul dengan kucing lain. 
Referensi : wikipedia

Friday, October 5, 2012

Kucing Persia (Persian Longhair)

Kucing Persia (Persian Longhair)
Kucing Persia (Persian Longhair) merupakan salah satu ras kucing tertua yang berasal dari Persia (sekarang Iran), dari catatan sejarah tertulis kucing ini ditemukan sekitar tahun 1600 SM. Selain menjadi salah satu yang tertua, kucing Persia juga merupakan salah satu kucing paling terkenal di dunia. Hal ini terbukti dari banyak orang yang ketika diminta untuk menyebutkan jenis kucing, kebanyakan dari mereka akan hampir selalu menyebutkan kucing Persia.
Kucing Persia dikenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan sangat ramah dengan manusia. Kucing ini dikenal dekat dengan anak-anak serta sangat manja. Kucing Persia juga dikenal tenang, tidak berisik, dan lebih suka berada di dalam rumah. Selain itu, Kucing Persia juga termasuk hewan yang dapat dengan mudah bergaul dengan kucing serta hewan lain di rumah. Sebagian besar pemilik kucing Persia merasa sangat senang dan beruntung telah memeliharanya.
Namun perlu anda ingat, bagaimanapun caranya usahakan agar kucing Persia anda jangan sampai memakan kecoa. Karena kucing Persia saya mati setelah memakan kecoa.
Di Australia ada beberapa breeder yang memberikan nama khusus untuk kucing Persia yang memiliki bulu berwarna mink-pointed, mereka disebut kucing Iranese, tapi nama ras ini bukan nama resmi dan belum terdaftar. Kucing Persia juga sempat disilangkan dengan beberapa kucing ras lain. Hasilnya, anda bisa membacanya di daftar ras hasil persilangan kucing Persia dengan kucing ras lain.
Kucing Persia merupakan kucing yang sangat cantik dan lucu. Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan kepala yang terlihat bundar, serta hidung pesek dan lebar. Rahangnya kuat dan besar sehingga membuatnya tampak tembem dan menggemaskan. Kucing Persia memiliki bentuk daun telinga yang membulat dengan bagian pangkal yang lebar, posisinya tidak terlalu tinggi dan bersandar ke depan. Mata bulat dan terbuka lebar dan terlihat sangat serasi dengan warna bulunya.
Kucing ini merupakan ras kucing berbulu panjang. Bulunya tumbuh lebat di seluruh tubuhnya, mulai dari bagian kepala, badan, kaki hingga ekor. Lebatnya bulu Persia menurut saya menjadi hal yang paling menarik dari kucing ini. Dia akan terlihat seperti boneka yang dapat bergerak dengan bokong yang menggeol lucu saat berjalan.
Jika anda tertarik unruk memelihara kucing persia, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu Tips merawat kucing Persia. Dan jika akses internet di tempat anda tidak begitu cepat untuk melihat video YouTube di bawah ini, mungkin anda akan berminat untuk mengunjungi Galeri Foto Kucing Persia.
Referensi : mybelovedcat