Pages

Wednesday, December 16, 2015

Kucing Ras paling kecil adalah Kucing Singapura

Berat badan kucing Singapura dewasa hanya sekitar 1,8 kg. Hal ini membuat kucing yang dikenal juga dengan nama kucing Tiriskan ini menjadi ras kucing berbadan paling kecil di dunia. Info lebih lengkapnya bisa dibaca DI SINI.

Tuesday, December 15, 2015

Menurut kepercayaan orang Inggris dan Australia kucing hitam adalah lambang keberuntungan

Jika mayoritas penduduk di belahan dunia, terutama wilayah Eropa dan Amerika Utara percaya bahwa kucing hitam adalah pertanda sial. Lain halnya dengan penduduk Inggris dan Australia yang justru menganggap kucing hitam sebagai lambang keberuntungan.

Kalian lebih percaya yang mana nih? Kalau saya sih, g percaya keduanya. Kucing ya kucing. Binatang lucu menggemaskan yang patut kita sayang seperti binatang lainnya sesama ciptaan Tuhan. ^_^

Thursday, December 10, 2015

Konon pola "M" di kening kucing tabby merujuk pada Muhammad


Seperti yang kita tahu Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi kucing. Satu kucing kesayangannya adalah Muezza.  Konon Muezza adalah seekor kucing tabby.

Diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW sering mengusap-usap kepala Muezza. Sehingga pola mirip huruf "M" pada kepala setiap kucing tabby konon merujuk pada Nabi Muhammad SAW.

Entah cerita ini berasal dari mana dan siapa yang memulainya, tetapi faktanya huruf "M" adalah huruf alfabet latin, sementara dalam huruf Arab, huruf "Mim" tidak ada mirip-miripnya dengan huruf "M" alfabet latin.

Referensi: Piven, Hanoch. 2009. What Cats Are Made Of. New York, NY: Ginee Seo Books.

Wednesday, December 9, 2015

Tahukah kalian: Kucing menggosokkan tubuhnya untuk menandai wilayah


Apakah selama ini kalian pikir jika kucing menggosok-gosokkan badannya ke diri kalian itu artinya kucing anda menyayangi anda? Itu tidak salah sih. Namun tidak juga 100% benar. 

Ternyata kucing itu lebih pintar dari yang kita sangka. Ada maksud tersembunyi dibalik kebiasaannya menggosok-gosokkan badannya ke tubuh kita. Ternyata selain itu sebagai tanda bahwa dia sayang kepada kita, itu juga bermakna bahwa si kucing sedang menandai kita sebagai salah satu "miliknya."

Setiap kucing memiliki bau khas yang dapat dibedakan oleh kucing lainnya. Dengan menggosokkan tubuhnya ke tubuh kita, maka kucing lain akan tahu kalau kita sudah "dimiliki" oleh kucing lain. Nah loh!!! Kamu kok posesif sekali sih, mpus!!! ^_^

Tuesday, December 8, 2015

Kucing mampu bertahan hidup setelah jatuh dari ketinggian 20 meter


Tidak semuanya, tetapi beberapa kucing mampu bertahan hidup meski terjatuh dari ketinggian 20 meter. Bahkan lebih. Salah satu penyebabnya adalah kucing memiliki reflek alami untuk selalu mendarat dengan keempat kakinya ketika terjatuh.

Mata dan organ keseimbangan yang berada di bagian dalam daun telinganya membantu kucing untuk menemukan ruang untuk dapat mendaratkan keempat kakinya. Tidak terkecuali bagi jenis kucing yang tidak berekor.

Dalam beberapa kasus, kucing mampu mendarat dengan keempat kakinya, tetapi karena jatuhnya terlalu tinggi dan tekanan badannya terlalu berat, kucing mengalami patah kaki saat jatuh dari tempat yang tinggi, tetapi masih hidup.

Sunday, December 6, 2015

Dalam sekali lompatan, kucing dapat melompat setinggi 5x tinggi tubuhnya

Dalam sekali lompatan, kucing dapat melompat setinggi 5x tinggi tubuhnya

Kucing memiliki otot-otot kaki yang sangat kuat. Itu sudah bukan rahasia lagi. Namun tahukah kalian, dengan kaki yang kuat tersebut seekor kucing bisa melompat setinggi 5x tinggi tubuhnya dalam sekali lompatan saja?

Referensi: Bidner, Jenni. 2006. Is My Cat a Tiger? New York, NY: Lark Books

Kucing dapat berlari hingga 49 km/jam

Kucing dapat berlari hingga 49 km/jam

Meskipun badannya kecil mungil, tetapi ternyata kucing mampu berlari hingga kecepatan maksimum sekitar 49 km/jam. Namun kecepatan maksimum tersebut tidak bisa berjalan konstan. Kecepatan tersebut hanya bertahan hingga beberapa waktu saja. Dengan kata lain, kucing adalah pelari tipe sprinter, bukan tipe maraton.

Referensi: Bidner, Jenni. 2006. Is My Cat a Tiger? New York, NY: Lark Books