Pages

Friday, November 20, 2015

Indera pendengaran kucing lebih tajam dibandingkan anjing

Selama ini saya pikir kucing memiliki indera pendengaran yang buruk. Mengingat dia sering tidak merespon ketika dipanggil. Bahkan dalam posisi yang begitu dekat, si kucing paling cuma menengadahkan kepalanya, memandang ke arah kita, terus balik males-malesan lagi.

Padahal ternyata, menurut penelitian, kucing justru memiliki indera pendengaran yang lebih baik dibandingkan dengan anjing. Bahkan indera pendengaran kucing mampu mendengar suara dengan frekuensi 2 oktaf lebih tinggi dibanding rentang suara yang mampu di dengar oleh telinga manusia.

Terus, kenapa ya kucing tetep sering nggak respon kalau kita panggil??? Hmm, kucing itu memang seperti cewek ya, susah ditebak tingkah lakunya, ha... ^_^

Referensi: 

Wednesday, November 18, 2015

Menurut Legenda Ibrani, kucing terlahir dari Singa yang bersin

Menurut Legenda Ibrani (Hebrew) pada saat banjir bandang terjadi, Nabi Nuh berdoa kepada Tuhan untuk melindungi persediaan makanan di dalam kapal dari serangan tikus. 

Kemudian Tuhan menjawab doa Nabi Nuh dengan membuat seekor singa bersin dan keluarlah seekor kucing darinya.

Referensi: Piven, Hanoch. 2009. What Cats Are Made Of. New York, NY: Ginee Seo Books

Tuesday, November 17, 2015

Tahukah kalian: Pada masa Inkuisisi Spanyol ribuan kucing dibakar karena dianggap jelmaan iblis


Pada masa Inkuisisi Spanyol, tepatnya pada tanggal 5 Desember 1484 Paus Innocent VIII mengeluarkan papal bull yang berhubungan dengan pembasmian penyihir. Papal Bull yang dikenal dengan nama "Summis desiderantes affectibus" ini memicu penganiayaan dan pembunuhan massal dengan cara dibakar terhadap orang-orang yang dituduh sebagai penyihir.

Keyakinan bahwa penyihir memiliki hewan peliharaan membuat hewan-hewan peliharaan juga menjadi sasaran pembunuhan massal pada saat itu. Salah satu binatang yang paling banyak dibunuh adalah kucing. Ribuan kucing dibunuh dengan cara dibakar.

Populasi kucing di Eropa pun menyusut drastis. Sebaliknya populasi tikus semakin membludak tanpa adanya kucing. Hal ini semakin memperburuk keadaan Eropa pasca tragedi Black Death yang terjadi beberapa tahun sebelumnya yang menewaskan lebih dari setengah penduduk Eropa pada saat itu.

Referensi: Frith-Macdonald, Candida. 2008. Encyclopedia of Cats. New York, NY: Parragon Books Ltd., one-evil.org

Monday, November 16, 2015

Tahukah kalian: Kucing memiliki bagian otak yang mengatur emosi seperti otak manusia


Menurut penelitian, secara biologis otak kucing lebih mirip dengan otak manusia dibandingkan dengan otak anjing. Bagian yang bertanggung jawab tentang masalah emosi pada otak kucing terletak pada wilayah yang hampir sama dengan wilayah emosi pada otak manusia.

Mungkin karena itulah kucing memiliki macam-macam emosi seperti halnya manusia. Sehingga kecerdasan kucing tidak bisa diukur dari seberapa banyak dia mengikuti perintah kita. Karena kadang dia paham dengan perintah kita tetapi karena mood nya lagi buruk dia tidak mau mematuhinya dan memilih untuk cuek.

Referensi : Piven, Hanoch. 2009. What Cats Are Made Of. New York, NY: Ginee Seo Books.

Tahukah kalian: Kucing mampu memproduksi sekitar 100 jenis suara


Mungkin selama ini kita cuma tahu kalau suara kucing itu cuma "meong" dan "purrr". Namun ternyata kucing mampu menghasilkan sekitar 100 jenis suara yang berbeda. Mungkin vokalnya terdengar sama, tetapi sebenarnya tangga nadanya berbeda. 

Bandingkan dengan anjing yang hanya mampu memproduksi sekitar 10 jenis suara saja. 

Referensi : Piven, Hanoch. 2009. What Cats Are Made Of. New York, NY: Ginee Seo Books.

Sunday, November 15, 2015

Tahukah kalian: Kucing tidak bisa turun dari pohon dengan posisi menghadap bawah

Kucing tidak bisa memanjat turun dari pohon dengan posisi menghadap kebawah. Hal ini dikarenakan bentuk cakar kucing yang melengkung kedalam. Jika kucing turun dengan menghadap ke bawah maka akan terjungkal. Maka dari itu kucing akan turun dari pohon dengan cara mundur.

Kemungkian besar hal ini jugalah yang membuat kucing begitu jago memanjat pohon tetapi sering tidak bisa turun. Terlebih lagi pohon tersebut berbatang tegak lurus ke atas. 

Referensi : Piven, Hanoch. 2009. What Cats Are Made Of. New York, NY: Ginee Seo Books

Tahukah kalian: Kucing Jantan itu cenderung kidal

Menurut penelitian, kucing betina itu cenderung lebih dominan menggunakan cakar kanan. Sedangkan kucing jantan lebih memiliki kecenderungan pengguna cakar kiri (kidal).

Menariknya lagi. 90% manusia di bumi ini adalah pengguna tangan kanan, sementara 10% sisanya adalah kidal. Dan mayoritas dari 10% orang kidal tersebut adalah laki-laki.

Referensi : dailymail

Friday, November 13, 2015

Tahukah kalian: 2/3 waktu kucing dalam sehari dipakai untuk tidur

fakta tentang kucing tidur
Rata-rata kucing tidur dalam sehari selama 16 jam. Itu artinya 2/3 dari seluruh waktu kucing dalam sehari dipakai untuk tidur. Sisanya dipakai untuk membersihkan bulu dan makan. Damai sekali hidup mereka yak?

Dengan asumsi tersebut maka kucing yang berumur 9 tahun sebenarnya hanya melakukan aktifitas selama 3 tahun. Sementara 6 tahun selebihnya hanya digunakan untuk tidur.

Kucing tidur begitu lama untuk menghemat energi mereka. Di alam bebas kucing adalah binatang predator. Mereka makan dari hasil buruan. Jika tidak mendapatkan buruan, mereka tidak bisa makan dan mati. Maka kucing banyak tidur untuk menghemat energi mereka agar bisa digunakan secara optimal saat berburu. Ini adalah salah satu kebiasaan turun temurun dari nenek moyang kucing yang masih dimiliki kucing domestik hingga saat ini. 

Sebenarnya, meskipun kucing sedang tidur, mereka tetap memiliki kewaspadaan terhadap ancaman. Jika ada bunyi-bunyi yang mencurigakan kucing akan segera bereaksi. Mirip-mirip tidurnya para pendekar itu lah. Tidur tapi nggak sepenuhnya tidur. Haha...

Referensi : MNN

Tahukah kalian: Berapa banyak kucing yang diolah menjadi makanan di Asia tiap tahunnya?

Menurut data dari animalpeoplenews yang ditulis pada tahun 2003 jumlah kucing yang dimakan oleh manusia di Asia tiap tahunnya hampir mencapai 4 juta ekor.

Menurut data dari situs tersebut. Jumlah penduduk yang mengonsumsi daging kucing terbanyak berada di China. Tepatnya di provinsi Guangdong. 

Selain di China, penduduk yang mengkonsumsi daging kucing lainnya berada di India. Disebutkan bahwa orang-orang Gypsi di India merupakan orang-orang yang terbiasa menjadikan daging kucing sebagai salah satu santapan mereka.

Referensi : animalpeoplenews

Wednesday, November 11, 2015

Felicette, kucing pertama yang terbang ke luar angkasa

Felicette, kucing pertama yang terbang ke luar angkasa
Felicette pada awalnya adalah seekor kucing liar yang berkeliaran di jalanan kota Paris sekitar tahun 1960-an. Kemudian kucing betina berbulu putih hitam ini bersama dengan beberapa kucing liar lainnya ditangkap dan digunakan untuk penelitian. Setelah menjalani berbagai penelitian, akhirnya diputuskan bahwa Felicete merupakan kucing yang paling sempurna untuk menjalani misi eksplorasi luar angkasa.

Terdengar seperti sebuah cerita fiksi memang. Namun ini kenyataan. Pada tanggal 18 Oktober 1963 pusat penelitian luar angkasa Perancis CERMA (Centre d'Enseignement et de Recherches de Médecine Aéronautique) meluncurkan Felicette ke luar angkasa menggunakan roket Veronique dengan nomer penerbangan AGI47. Felicette pun tercatat sebagai kucing pertama yang terbang ke luar angkasa.

CERMA menanamkan sebuah elektroda di kepala Felicette untuk mengukur impuls syaraf ketika penerbangan berlangsung. Felicette dimasukkan ke dalam ruang di ujung kerucut roket. Setelah terbang hingga sekitar 50 mil sebelum atmosfir, kerucut roket tersebut terlepas dan kembali lagi ke Bumi dengan parasut dengan selamat.

Sayangnya proyek penerbangan keluar angkasa fase selanjutnya yang dilakukan 6 hari kemudian yang melibatkan kucing lain mengalami kegagalan. Kucing tersebut tewas. Menegaskan betapa beresikonya proyek ini.

Setelah itu hingga sekarang Perancis belum sekalipun terdengar melakukan uji coba proyek penerbangan keluar angkasa lagi. Proyek-proyek penerbangan keluar angkasa selanjutnya lebih di dominasi oleh NASA dan Rusia, serta kini ada Iran.

Nama Felicette pun menjadi kalah populer dengan Laika (anjing rusia pertama yang mengorbit ke luar angkasa dengan selamat) serta monyet luar angkasanya NASA.

Meskipun demikian, Felicette tetaplah menjadi kucing pertama yang terlibat dalam proyek perjalanan ke luar angkasa. Meski belum sampai mengorbit di luar atmosfir seperti Laika.

Referensi: Animalfair